Pertanyaan

.......... Rinawati ......... Pujiwati tidak pernah bersatu, meskipun keduanya bersaudara kembar. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....

.......... Rinawati ......... Pujiwati tidak pernah bersatu, meskipun keduanya bersaudara kembar.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....space

  1. baik, atauspace

  2. padahal, baikspace

  3. maupun, baikspace

  4. baik, maupunspace

  5. baik, padahalspace

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan D.

jawaban yang benar adalah pilihan D.space

Pembahasan

Kata penghubung adalah sebuah kata tugas yang berfungsi untuk menggabungkan klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat dan paragraf dengan paragraf. Setelah di analisis kata hubung pada setiap pilihan jawabannya ada kata "baik", maupun, "atau", padahal" , dapat simpulkan bahwa kata-kata tersebut termasuk kata penghubung korelatif. Kata penghubung korelatif itu sendiri adalah kata hubung yang bertujuan untuk menghubungkan dua kalimat yang masih memiliki hubungan sehingga bagian yang satu langsung mempengaruhi bagian yang lain atau kalimat yang satu melengkapi kalimat yang lain. Contoh kata hubung ini adalah tidak hanya … tetapi juga , sedemikian rupa … sehingga, dan baik … maupun. Berdasarkan penjelasan di atas, maka kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah kata " baik " dan " maupun ". Sehingga kalimatnya menjadi " Baik Rinawati maupun Pujiwati tidak pernah bersatu, meskipun keduanya bersaudara kembar". Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.

Kata penghubung adalah sebuah kata tugas yang berfungsi untuk menggabungkan klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat dan paragraf dengan paragraf.

Setelah di analisis kata hubung pada setiap pilihan jawabannya ada kata "baik", maupun, "atau", padahal", dapat simpulkan bahwa kata-kata tersebut termasuk kata penghubung korelatif.

Kata penghubung korelatif itu sendiri adalah kata hubung yang bertujuan untuk menghubungkan dua kalimat yang masih memiliki hubungan sehingga bagian yang satu langsung mempengaruhi bagian yang lain atau kalimat yang satu melengkapi kalimat yang lain. Contoh kata hubung ini adalah tidak hanya … tetapi juga, sedemikian rupa … sehingga, dan baik … maupun.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah kata "baik" dan "maupun". Sehingga kalimatnya menjadi "Baik Rinawati maupun Pujiwati tidak pernah bersatu, meskipun keduanya bersaudara kembar".


Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space

105

Iklan

Pertanyaan serupa

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal di bawah ini. (1) Saat ini, sebanyak 300 juta anak di dunia hidup di wilayah dengan polusi udara yang ekstrem. (2) Hal itu dibuktikan dalam penelitian t...

440

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia