Pertanyaan

Teks berikut untuk menjawab soal di bawah ini. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E). [...] Misi penyelidikan Matahari yang dilakukan dengan wahana penjelajah bernama Parker berhasil mengumpulkan sejumlah data penting. Wahana yang dikirim NASA pada Agustus 2018 tersebut mengumpulkan sejumlah data dengan instrumen ilmiah ¹mutahir dari jarak 15 juta mil ke matahari. Hal itu membuat Parker tercatat sebagai teknologi buatan manusia yang berada sangat dekat dengan Matahari. Kini, para ilmuwan NASA mulai ²merilis hasiltemuannya dalam jurnal Nature . Salah satu temuan menyebutkan bahwa Matahari menghasilkan angin Matahari yang terus-menerus membombardir medan magnet Bumi. Terkadang, angin tersebut mengakibatkan gangguan ³kepada sistem satelit dan komunikasi. Temuan tersebut memberikan pemahaman lebih baik terkait cara dihasilkannya angin Matahari. Selain itu,temuan tersebut juga diharapkan dapat membantu para peneliti menemukan cara untuk melindungi bumi dari badai Matahari pada masa depan. Pengamatan menunjukkan ⁴kalau angin Matahari berasal dari lubang besar di korona. Namun, para ahli pun belum mengetahui proses ⁵pembentukkannya sehingga diperlukan studi lebih lanjut. Selain itu, Justin Kasper, peneliti dari University of Michigan mengungkap bahwa angin Matahari berputar mengelilingi Matahari dengan kecepatan hampir sepuluh kali lebih besar dari yang diperkirakan. Temuan lain yang mengejutkandan membuat ⁶was-was adalah adanya perilaku aneh pada medan magnet yang memancar dari Matahari. Medan magnet itu tiba-tiba berputar bolak-balik. Novena, Monika. 2019. " Misi NASA Sentuh Matahari, Ungkap Perilaku Rumit yang Mengejutkan " . Kompas.com . Diakses dan diadaptasi 19 Agustus 2021.https://sains.kompas.com/read/2019/12/06/183200723/misi-nasa-sentuh-matahari-ungkap-perilaku-rumit-yang-mengejutkan?page=all Apakah kata bernomor (4) perlu diperbaiki? Jika perlu, kata apa yang paling tepat untuk menggantikan kata tersebut?

Teks berikut untuk menjawab soal di bawah ini. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E).
 

[...]

    Misi penyelidikan Matahari yang dilakukan dengan wahana penjelajah bernama Parker berhasil mengumpulkan sejumlah data penting. Wahana yang dikirim NASA pada Agustus 2018 tersebut mengumpulkan sejumlah data dengan instrumen ilmiah ¹mutahir dari jarak 15 juta mil ke matahari. Hal itu membuat Parker tercatat sebagai teknologi buatan manusia yang berada sangat dekat dengan Matahari. Kini, para ilmuwan NASA mulai ²merilis hasil temuannya dalam jurnal Nature.

    Salah satu temuan menyebutkan bahwa Matahari menghasilkan angin Matahari yang terus-menerus membombardir medan magnet Bumi. Terkadang, angin tersebut mengakibatkan gangguan ³kepada sistem satelit dan komunikasi. Temuan tersebut memberikan pemahaman lebih baik terkait cara dihasilkannya angin Matahari. Selain itu, temuan tersebut juga diharapkan dapat membantu para peneliti menemukan cara untuk melindungi bumi dari badai Matahari pada masa depan.

    Pengamatan menunjukkan ⁴kalau angin Matahari berasal dari lubang besar di korona. Namun, para ahli pun belum mengetahui proses ⁵pembentukkannya sehingga diperlukan studi lebih lanjut. Selain itu, Justin Kasper, peneliti dari University of Michigan mengungkap bahwa angin Matahari berputar mengelilingi Matahari dengan kecepatan hampir sepuluh kali lebih besar dari yang diperkirakan. Temuan lain yang mengejutkan dan membuat ⁶was-was adalah adanya perilaku aneh pada medan magnet yang memancar dari Matahari. Medan magnet itu tiba-tiba berputar bolak-balik.

Novena, Monika. 2019. "Misi NASA Sentuh Matahari, Ungkap Perilaku Rumit yang Mengejutkan". Kompas.com. Diakses dan diadaptasi 19 Agustus 2021. https://sains.kompas.com/read/2019/12/06/183200723/misi-nasa-sentuh-matahari-ungkap-perilaku-rumit-yang-mengejutkan?page=all

 

Apakah kata bernomor (4) perlu diperbaiki? Jika perlu, kata apa yang paling tepat untuk menggantikan kata tersebut?  

  1. TIDAK PERLU DIPERBAIKIundefined 

  2. jikaundefined 

  3. bilaundefined 

  4. apabilaundefined 

  5. bahwaundefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Pembahasan

Kata bernomor (4) adalah kata kalau yang terdapat dalam kalimat Pengamatan menunjukkan ⁴kalau angin matahari berasal dari lubang besar di korona . Dalam kalimat tersebut, kata kalau memiliki makna 'bahwa'. Sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata kalau yang bermakna 'bahwa' termasuk bentuk cakapan atau bentuk tidak baku. Oleh karena itu, kata kalau dalam kalimat tersebut perlu diubah menjadi kata bahwa . Pilihan jawaban B dan D tidak tepat. Kata jika dan apabila merupakan kata penghubung untuk menandai syarat. Dalam kalimat tersebut, tidak ada syarat yang disebutkan. Pilihan jawaban C tidak tepat. Kata bila merupakan kata tanya untuk menanyakan waktu. Selain itu, kata bila dapat pula bermakna sama dengan kata jika dan apabila . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Kata bernomor (4) adalah kata kalau yang terdapat dalam kalimat Pengamatan menunjukkan ⁴kalau angin matahari berasal dari lubang besar di korona. Dalam kalimat tersebut, kata kalau memiliki makna 'bahwa'. Sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata kalau yang bermakna 'bahwa' termasuk bentuk cakapan atau bentuk tidak baku. Oleh karena itu, kata kalau dalam kalimat tersebut perlu diubah menjadi kata bahwa.

  • Pilihan jawaban B dan D tidak tepat. Kata jika dan apabila merupakan kata penghubung untuk menandai syarat. Dalam kalimat tersebut, tidak ada syarat yang disebutkan.
  • Pilihan jawaban C tidak tepat. Kata bila merupakan kata tanya untuk menanyakan waktu. Selain itu, kata bila dapat pula bermakna sama dengan kata jika dan apabila.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

154

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut! Kemajuan teknologi membuai siapa saja yang memanfaatkannya. Tak jarang kemajuan teknologi membuat orang kecanduan dan tidak bisa lepas dari perangkat digital dalam hubungan sos...

189

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia