Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut! Kemajuan teknologi membuai siapa saja yang memanfaatkannya. Tak jarang kemajuan teknologi membuat orang kecanduan dan tidak bisa lepas dari perangkat digital dalam hubungan sosial. Ada sindrom yang membuat orang-orang takut dan gelisah jika berjauhan dengan perangkat teknologi dan kehidupan di media sosial, yaitu Fear of Missing Out (FOMO). FOMO disebut-sebut sebagai pemicu terjadinya nomophobia atau ketakutan jika berjauhan dengan telepon genggam. FOMO telah diteliti secara mendalam dan dipublikasikan di jurnal Computers in Human Behavior pada tahun 2013 silam. Faktor yang membuat FOMO semakin fenomenal adalah tingkat pengguna media sosial yang sangat tinggi saat ini, terutama di tanah air. Hasil penelitian tentang FOMO menunjukkan, sampel objek di bawah usia 30 tahun memiliki kecenderungan tertinggi mengalami FOMO. Selain itu, uniknya, perempuan disebut lebih banyak mengalami FOMO daripada laki-laki. (Dikutip dari Kartini, hlm. 68padaSeptember 2015) Konjungsi yang dapat digunakan untuk menggantikan tanda koma (,) pada kalimat kedua paragraf ketiga adalah ....

Bacalah teks berikut!
   Kemajuan teknologi membuai siapa saja yang memanfaatkannya. Tak jarang kemajuan teknologi membuat orang kecanduan dan tidak bisa lepas dari perangkat digital dalam hubungan sosial. Ada sindrom yang membuat orang-orang takut dan gelisah jika berjauhan dengan perangkat teknologi dan kehidupan di media sosial, yaitu Fear of Missing Out (FOMO). 

    FOMO disebut-sebut sebagai pemicu terjadinya nomophobia atau ketakutan jika berjauhan dengan telepon genggam. FOMO telah diteliti secara mendalam dan dipublikasikan di jurnal Computers in Human Behavior pada tahun 2013 silam.

    Faktor yang membuat FOMO semakin fenomenal adalah tingkat pengguna media sosial yang sangat tinggi saat ini, terutama di tanah air. Hasil penelitian tentang FOMO menunjukkan, sampel objek di bawah usia 30 tahun memiliki kecenderungan tertinggi mengalami FOMO. Selain itu, uniknya, perempuan disebut lebih banyak mengalami FOMO daripada laki-laki.

(Dikutip dari Kartini, hlm. 68 pada September 2015)


Konjungsi yang dapat digunakan untuk menggantikan tanda koma (,) pada kalimat kedua paragraf ketiga adalah .... 

  1. yaituundefined 

  2. adalahundefined 

  3. sepertiundefined 

  4. bahwaundefined 

  5. kalauundefined 

Iklan

M. Irfan

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Konjungsi atau kata penghubung merupakan kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, dan antarklausa. Setiap konjungsi memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Perhatikan struktur kalimat kedua paragraf ketiga sebagai berikut! Hasil penelitian tentang FOMO --> subjek menunjukkan, --> predikat sampel objek di bawah usia 30 tahun --> subjek memiliki --> predikat kecenderungan tertinggi mengalami FOMO --> objek Dari analisis struktur tersebut, diketahui bahwa kalimat kedua paragraf ketigatermasuk kalimat majemuk bertingkat yang memiliki dua klausa. Klausa pertama adalah hasil penelitian tentang FOMO menunjukkan, sedangkan klausa kedua adalah sampel objek di bawah usia 30 tahun memiliki kecenderungan tertinggi mengalami FOMO. Setiap klausa dalam kalimat majemuk harus dihubungkan oleh konjungsi. Tidak adanya konjungsi membuat kalimat tersebut menjadi rancu. Selain itu, unsur predikat dalam klausa kedua ( menunjukkan ) berjenis verba aktif transitif yang harus diikuti oleh objek. Untuk memunculkan objek,seharusnya,kedua klausa tersebut dihubungkan dengan konjungsi bahwa sehingga perbaikan struktur kalimatnya menjadi seperti berikut. Hasil penelitian tentang FOMO --> subjek menunjukkan--> predikat bahwa sampel objek di bawah usia 30 tahun memilikikecenderungan tertinggi mengalami FOMO --> objek Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Konjungsi atau kata penghubung merupakan kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, dan antarklausa. Setiap konjungsi memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Perhatikan struktur kalimat kedua paragraf ketiga sebagai berikut!

Hasil penelitian tentang FOMO --> subjek

menunjukkan, --> predikat

sampel objek di bawah usia 30 tahun --> subjek

memiliki --> predikat

kecenderungan tertinggi mengalami FOMO --> objek

Dari analisis struktur tersebut, diketahui bahwa kalimat kedua paragraf ketiga termasuk kalimat majemuk bertingkat yang memiliki dua klausa. Klausa pertama adalah hasil penelitian tentang FOMO menunjukkan, sedangkan klausa kedua adalah sampel objek di bawah usia 30 tahun memiliki kecenderungan tertinggi mengalami FOMO. Setiap klausa dalam kalimat majemuk harus dihubungkan oleh konjungsi. Tidak adanya konjungsi membuat kalimat tersebut menjadi rancu. Selain itu, unsur predikat dalam klausa kedua (menunjukkan) berjenis verba aktif transitif yang harus diikuti oleh objek. Untuk memunculkan objek, seharusnya, kedua klausa tersebut dihubungkan dengan konjungsi bahwa sehingga perbaikan struktur kalimatnya menjadi seperti berikut.

Hasil penelitian tentang FOMO --> subjek

menunjukkan --> predikat

bahwa sampel objek di bawah usia 30 tahun memiliki kecenderungan tertinggi mengalami FOMO --> objek

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Konsep Kilat Pembentukan Kata, Frasa, dan Makna (NEW!)

Bedah Tipe Soal Pembentukan Kata, Frasa, dan Makna (NEW!)

Konsep Kilat Konjungsi (NEW!)

Bedah Tipe Soal Konjungsi (NEW!)

Latihan Bab

235

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal di bawah ini. (1) Saat ini, sebanyak 300 juta anak di dunia hidup di wilayah dengan polusi udara yang ekstrem. (2) Hal itu dibuktikan dalam penelitian t...

498

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia