Kinara R

13 Maret 2024 13:26

Iklan

Kinara R

13 Maret 2024 13:26

Pertanyaan

mengapa teori kulit atom, spin, dan lain-lain bisa ada sedangkan kita baru saja melihat foto atom yang difoto oleh peneliti pada akhir-akhir ini? dan apakah teori itu bisa dibuktikan secara nyata?

mengapa teori kulit atom, spin, dan lain-lain bisa ada sedangkan kita baru saja melihat foto atom yang difoto oleh peneliti pada akhir-akhir ini? dan apakah teori itu bisa dibuktikan secara nyata?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

23

:

27

:

35

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Simeon N

16 Maret 2024 03:04

Jawaban terverifikasi

<p>Atom memiliki perjalanan sejarah perkembangan yang panjang dan di mulai dari Model Atom Democritus hingga model atom sekarang yang kita kenal sebagai model atom mekanika kuantum.&nbsp;</p><p>Sebelumnya kita harus mengenal terlebih apa yang dimaksud dengan teori dan postulat.&nbsp;<br>Teori adalah sebuah pernyataan yang dapat dibuktikan dan diterima kebenarannya. Postulat adalah asumsi yang tidak dapat dibuktikan tetapi dapat diterima kebenarannya.&nbsp;</p><p>Sebagai contoh kita ambil salah satu teori atom yaitu teori atom J.J Thomson. Saat itu manusia hanya mengetahui bahwa atom adalah partikle terkecil yang ada. Ternyata ini semua dipatahkan oleh Thomson dengan percobaan sinar katoda. Hasil Analisisnya adalah, saat diberi 2 plat di atas dan bawah, di atas plat negatif dan di bawah plat positif. Ternyata sinar katoda tersebut dibelokkan ke arah plat positif. Mengapa demikian ? Karena adanya elektron. Artinya Bukanlah atom lagi yang menjadi unit paling kecil, ternyata ada yang lebih kecil dari atom tersebut. Ini diterima, kita tidak pernah melihat elektron dengan mata kita, tetapi kita dapat membuktikan kebenaran bahwa elektron itu nyata.</p><p><br>Begitu pula demikian dengan spin, dan lain-lain.&nbsp;</p><p>Salah satu contohnya adalah tingkatan energi atau subkulit penyusun atom, kulit KLMN dst. Ini dibuktikan dengan adanya percobaan spektrum hidrogen. Artinya terjadi selang karena adanya perbedaan tingkat energi dari sinar yang datang. Kita tidak dapat melihat subkulit atom seperti kita melihat kulit pisang. Tetapi ini semua diterima karena bisa dibuktikan. Begitu pula dengan teori yang lainnya.<br><br>Contoh lainnya yaitu postulat Bohr. Saat itu ada kelemahan dari teori atom Rutherford yaitu kenapa elektron tidak jatuh ke pusat atom. Nah, Bohr menyatakan bahwa sebenarnya elektron bergerak dalam lintasan eder berbentuk lingkaran akan mengalami gaya sentripetal dan gaya coulomb. Artinya ada keseimbangan antara gaya Coulomb dan Gaya sentripetal sehingga elektron tidak jatuh ke inti atom. Nah, apakah ada pembuktiannya ? Tidak ada. Apakah diterima ? Diterima. Inilah yang disebut sebagai Postulat.&nbsp;<br><br>Semoga membantu</p>

Atom memiliki perjalanan sejarah perkembangan yang panjang dan di mulai dari Model Atom Democritus hingga model atom sekarang yang kita kenal sebagai model atom mekanika kuantum. 

Sebelumnya kita harus mengenal terlebih apa yang dimaksud dengan teori dan postulat. 
Teori adalah sebuah pernyataan yang dapat dibuktikan dan diterima kebenarannya. Postulat adalah asumsi yang tidak dapat dibuktikan tetapi dapat diterima kebenarannya. 

Sebagai contoh kita ambil salah satu teori atom yaitu teori atom J.J Thomson. Saat itu manusia hanya mengetahui bahwa atom adalah partikle terkecil yang ada. Ternyata ini semua dipatahkan oleh Thomson dengan percobaan sinar katoda. Hasil Analisisnya adalah, saat diberi 2 plat di atas dan bawah, di atas plat negatif dan di bawah plat positif. Ternyata sinar katoda tersebut dibelokkan ke arah plat positif. Mengapa demikian ? Karena adanya elektron. Artinya Bukanlah atom lagi yang menjadi unit paling kecil, ternyata ada yang lebih kecil dari atom tersebut. Ini diterima, kita tidak pernah melihat elektron dengan mata kita, tetapi kita dapat membuktikan kebenaran bahwa elektron itu nyata.


Begitu pula demikian dengan spin, dan lain-lain. 

Salah satu contohnya adalah tingkatan energi atau subkulit penyusun atom, kulit KLMN dst. Ini dibuktikan dengan adanya percobaan spektrum hidrogen. Artinya terjadi selang karena adanya perbedaan tingkat energi dari sinar yang datang. Kita tidak dapat melihat subkulit atom seperti kita melihat kulit pisang. Tetapi ini semua diterima karena bisa dibuktikan. Begitu pula dengan teori yang lainnya.

Contoh lainnya yaitu postulat Bohr. Saat itu ada kelemahan dari teori atom Rutherford yaitu kenapa elektron tidak jatuh ke pusat atom. Nah, Bohr menyatakan bahwa sebenarnya elektron bergerak dalam lintasan eder berbentuk lingkaran akan mengalami gaya sentripetal dan gaya coulomb. Artinya ada keseimbangan antara gaya Coulomb dan Gaya sentripetal sehingga elektron tidak jatuh ke inti atom. Nah, apakah ada pembuktiannya ? Tidak ada. Apakah diterima ? Diterima. Inilah yang disebut sebagai Postulat. 

Semoga membantu


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pohon-pohon makin banyak yang ditebang. Gunung-gunung makin hari makin gundul akibat penebangan liar. Lalu, mau sampai kapan lingkungan dan bumi ini bisa bertahan? Jika semua sudah rusak, bencanalah yang akan datang. Tidak akan ada air bersih yang bisa diminum. Tidak ada pohon yang menghasilkan oksigen. Tidak ada pohon yang menyerap air dalam tanah. Apakah masih belum cukup ulah kita pada lingkungan ini? Oleh karena itu, kita semua harus bersatu dan bergerak untuk lebih mencintai lingkungan. Kita harus bisa menjaga satu-satunya planet tempat kita tinggal ini. Lalu, apa saja yang bisa kita terapkan untuk menjaga bumi? Ternyata, cara-cara kecil pun sudah cukup. Kita harus mulai melakukannya dari lingkungan terkecil kita, yaitu keluarga. 3. Teks pidato tersebut memanfaatkan cara persuasi emosi. Tunjukkan buktinya! Jawab: 4. Apa informasi dan pesan yang terdapat pada kutipan teks pidato tersebut! Jawab: 5. Identifikasilah kalimat saran pada teks pidato tersebut! Jawab:

1

0.0

Jawaban terverifikasi

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : • Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : • Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! • Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? • Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! • Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? • Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : • Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) • Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? • Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) • Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? • Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

4

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sahabat yang Tergadai Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Namun, suatu hari segalanya berubah. Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya. Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina. Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak. Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya. Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan. Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya. Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku." Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup." Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi. Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan. Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

27

0.0

Jawaban terverifikasi

Soal Essay nomor 1-5! Hadiah : 5.000 poin 1) Apa perbedaan antara kejujuran dan kebohongan? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 2) Apa perbedaan antara sisi terang💡dan sisi gelap? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 3) Negara kita menempatkan peringkat kedua, sebagai negara paling tidak jujur dalam akademik di dunia. Selama ketidakjujuran masih ada, kita tidak dapat memberi harapan untuk bisa jadi negara maju di tahun 2035-2045 mendatang. Padahal kita mempunyai sebuah aplikasi Ruangguru untuk membantu belajar dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Sayangnya jumlah unduhan siswa hanya sekitar 25 juta orang dari 278 juta orang di seluruh Indonesia. Alasan tidak semua orang download apk adalah sebagian besar orang sudah pada kerja, sebagian pada penganggur, dan sebagian kecil pelajar belum mencoba apk ini. Bahkan orang menengah kebawah tidak bisa main apk Ruangguru, kalau tidak punya HP. Akibatnya, negara bangsa kita jadi tercemar, gara-gara manusia tidak jujur dan lemah hukum dari pemerintah otonomi daerah. Berdasarkan keburukan diatas, mengapa apk ruangguru tidak seramai di FYP medosos dan apa saja pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sisi gelap NKRI tersebut? Jelaskan harapan dan kesempatan! (Jika perlu) 4) Perhatikan Ilustrasi berikut! (berdasarkan nomor 2 atas) Sebagian orang yang melihat berita ini merasa, kalau negara kita sudah tidak ada harapan lagi untuk bisa memajukan negara. Karena negara kita semakin tertinggal dari negara lain. Tidak heran kalau suatu saat nanti ada negara menyerang NKRI, maka hancurlah semua harapan kehidupan dan mengambil ahli semua tanah kita dari negara asing. Akhirnya beberapa kelompok orang seluruh daerah menulis surat untuk mengakhiri hidupnya dengan cara b*n*h diri. Cara ini sebagai bentuk pasrah bagi sebagian rakyat negara, sampai dunia internasional jadi kaget. Berdasarkan ilustrasi tadi, mengapa rakyat begitu cemas sama situasi ketidakjujuran dan apa jadinya kalau 278 juta jiwa mengakhiri hidup barengan? Jelaskan dampaknya! 5) Setelah membaca nomor 3 dan 4, kita semakin paham betapa kejamnya manusia sebagai ketidakpedulian sesamanya. Walaupun begitu, bukan berarti kita langsung mengakhiri hidup. Perlu di ingat, bahwa tidak semua penduduk Indonesia antara penjabat atau rakyat itu jahat lho. Masih banyak orang yang peduli mengenai sosial postif dan kerjasama. Kalau sosial tidak ada, maka teknologi, makanan cepat saji, dan kendaraan gak bakalan ada sampai saat ini. Bandingkan sama negara lain, yang paling bahaya itu justru perang senjata yang bisa memakan banyak korban di timur tengah. Solusinya hanya satu, yaitu memperkuat hukum dalam UU tentang masalah kejujuran. Hukuman ini akan diberatkan, tergantung tingkat keparahan suatu negara. Berdasarkan diatas, bagaimana tanggapanmu?

16

5.0

Jawaban terverifikasi