Adzka A

30 Oktober 2024 07:36

Iklan

Adzka A

30 Oktober 2024 07:36

Pertanyaan

Sahabat yang Tergadai Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Namun, suatu hari segalanya berubah. Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya. Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina. Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak. Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya. Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan. Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya. Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku." Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup." Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi. Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan. Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

Sahabat yang Tergadai

Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi.

Namun, suatu hari segalanya berubah.

Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya.

Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina.

Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak.

Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya.

Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya."

Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan.

Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya.

Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku."

Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup."

Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi.

Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan.

 

Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

02

:

01

:

54

Klaim

7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanas N

31 Oktober 2024 22:19

Jawaban terverifikasi

Adegan 1: Kenangan Manis Persahabatan Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di sekolah yang sama, dan berbagi mimpi untuk terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan penuh dengan canda tawa serta rasa kekeluargaan. Maya selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Adegan 2: Kehidupan Maya Berubah Suatu hari, kehidupan Maya berubah drastis. Ayahnya mengalami kebangkrutan dan usahanya terpaksa tutup. Keluarga Maya harus menjual rumah mereka dan pindah ke rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Kini, Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru, pakaian yang dikenakannya tampak kusam, dan sepatunya mulai berlubang. Adegan 3: Rina Menjaga Jarak Meskipun awalnya Rina tetap berteman seperti biasa, ia mulai mendengar bisikan-bisikan negatif dari teman-temannya yang mengejek kondisi Maya. Rina merasa tertekan dan mulai menjaga jarak dari Maya. Suatu sore, Maya datang dengan penuh harap, bertanya kenapa Rina menjauh. Namun, Rina hanya mengatakan, "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya pun terdiam, menyadari perubahan sikap Rina. Adegan 4: Pertemuan Kembali di Reuni Bertahun-tahun kemudian, saat reuni sekolah, Rina dan Maya bertemu kembali. Maya datang dengan percaya diri, tampak telah menemukan jalannya sendiri. Rina, dengan perasaan bersalah, mendekatinya dan meminta maaf. Maya hanya tersenyum tenang dan berkata, "Aku sudah memaafkanmu sejak lama. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa." Rina menyadari bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi yang pernah dimilikinya.


Iklan

Rendi R

Community

03 November 2024 22:52

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah pembagian cerita "Langit Merah di Ujung Jalan" menjadi empat adegan:</p><p><strong>Adegan 1: Perkenalan Tokoh dan Impian</strong></p><p><strong>Lokasi</strong>: Lapangan terbuka di desa kecil yang dikelilingi pohon-pohon tinggi.</p><ul><li><strong>Deskripsi</strong>: Mira, Andi, Lila, dan Budi adalah sekelompok sahabat yang sering berkumpul di lapangan setiap sore sepulang sekolah.</li><li><strong>Dialog</strong>:<ul><li>Mira berbagi impiannya untuk menjadi seorang penulis.</li><li>Andi mengungkapkan keinginannya untuk menjadi pemain sepak bola terkenal.</li><li>Lila bercita-cita ingin belajar ke luar negeri.</li><li>Budi yang pemalu mengutarakan impiannya untuk menjadi seniman, meski masih merasa ragu dengan kemampuannya.</li></ul></li><li><strong>Aksi</strong>: Mira mengusulkan ide untuk membuat film pendek tentang impian mereka masing-masing.</li><li><strong>Reaksi</strong>: Andi, Lila, dan Budi merespons dengan semangat, meskipun Budi sedikit ragu karena kurang percaya diri dengan kemampuannya menggambar.</li></ul><p><strong>Adegan 2: Persiapan Proyek Film</strong></p><p><strong>Lokasi</strong>: Lapangan terbuka, rumah masing-masing karakter (untuk persiapan individu).</p><ul><li><strong>Deskripsi</strong>: Mereka mulai merencanakan proyek film pendek dengan membagi tugas masing-masing.</li><li><strong>Dialog</strong>:<ul><li>Mira, Lila, Andi, dan Budi berdiskusi tentang naskah, adegan, dan latar belakang film.</li><li>Mira mengisi buku catatannya dengan ide-ide kreatif.</li><li>Lila menulis naskah, Andi berlatih adegan aksi, dan Budi menggambar latar belakang.</li></ul></li><li><strong>Aksi</strong>: Proses persiapan dan latihan untuk film pendek berjalan dengan baik, tetapi mulai muncul kesulitan bagi masing-masing karakter.</li><li><strong>Reaksi</strong>: Andi merasa kewalahan karena harus membagi waktu antara latihan sepak bola dan proyek film. Lila merasa tertekan dengan naskahnya, dan Budi mulai meragukan hasil karyanya.</li></ul><p><strong>Adegan 3: Konflik dan Kebimbangan</strong></p><p><strong>Lokasi</strong>: Lapangan terbuka di sore hari.</p><ul><li><strong>Deskripsi</strong>: Konflik mulai muncul ketika masing-masing karakter merasa terbebani dengan proyek ini.</li><li><strong>Dialog</strong>:<ul><li>Andi mengungkapkan keraguannya untuk melanjutkan proyek karena ia merasa waktu latihannya terganggu.</li><li>Lila mengutarakan ketakutannya bahwa naskahnya tidak cukup bagus.</li><li>Mira mencoba menyemangati teman-temannya, mengingatkan mereka tentang arti dari mimpi dan dukungan sahabat.</li><li>Budi, yang biasanya pendiam, mengakui bahwa dia juga merasa takut tapi tetap ingin mencoba.</li></ul></li><li><strong>Aksi</strong>: Mereka berdiskusi untuk saling mendukung dan mencari cara agar proyek ini tetap bisa berjalan.</li><li><strong>Reaksi</strong>: Keempat sahabat sepakat untuk terus melanjutkan proyek dengan membagi waktu dan tugas lebih baik.</li></ul><p><strong>Adegan 4: Pemutaran Perdana dan Refleksi</strong></p><p><strong>Lokasi</strong>: Lapangan terbuka yang sudah diatur untuk pemutaran film.</p><ul><li><strong>Deskripsi</strong>: Setelah beberapa minggu bekerja keras, film mereka akhirnya selesai dan diputar di depan teman-teman dan keluarga.</li><li><strong>Dialog</strong>:<ul><li>Para penonton memberikan pujian dan dukungan untuk keempat sahabat.</li><li>Masing-masing sahabat mengungkapkan perasaan bangga mereka akan hasil kerja keras dan proses belajar mereka.</li><li>Mira menyampaikan pesan kepada teman-temannya tentang pentingnya kerja sama dan keberanian untuk mengejar mimpi.</li></ul></li><li><strong>Aksi</strong>: Mereka saling berpelukan dan merayakan hasil karya bersama.</li><li><strong>Reaksi</strong>: Mereka merasa lebih percaya diri dan berjanji untuk terus mengejar mimpi masing-masing.</li></ul><p>Itulah pembagian ceritanya ke dalam empat adegan. Setiap adegan menggambarkan perjalanan persahabatan, kerja keras, konflik, dan pencapaian mereka dalam menggapai impian.</p>

Berikut adalah pembagian cerita "Langit Merah di Ujung Jalan" menjadi empat adegan:

Adegan 1: Perkenalan Tokoh dan Impian

Lokasi: Lapangan terbuka di desa kecil yang dikelilingi pohon-pohon tinggi.

  • Deskripsi: Mira, Andi, Lila, dan Budi adalah sekelompok sahabat yang sering berkumpul di lapangan setiap sore sepulang sekolah.
  • Dialog:
    • Mira berbagi impiannya untuk menjadi seorang penulis.
    • Andi mengungkapkan keinginannya untuk menjadi pemain sepak bola terkenal.
    • Lila bercita-cita ingin belajar ke luar negeri.
    • Budi yang pemalu mengutarakan impiannya untuk menjadi seniman, meski masih merasa ragu dengan kemampuannya.
  • Aksi: Mira mengusulkan ide untuk membuat film pendek tentang impian mereka masing-masing.
  • Reaksi: Andi, Lila, dan Budi merespons dengan semangat, meskipun Budi sedikit ragu karena kurang percaya diri dengan kemampuannya menggambar.

Adegan 2: Persiapan Proyek Film

Lokasi: Lapangan terbuka, rumah masing-masing karakter (untuk persiapan individu).

  • Deskripsi: Mereka mulai merencanakan proyek film pendek dengan membagi tugas masing-masing.
  • Dialog:
    • Mira, Lila, Andi, dan Budi berdiskusi tentang naskah, adegan, dan latar belakang film.
    • Mira mengisi buku catatannya dengan ide-ide kreatif.
    • Lila menulis naskah, Andi berlatih adegan aksi, dan Budi menggambar latar belakang.
  • Aksi: Proses persiapan dan latihan untuk film pendek berjalan dengan baik, tetapi mulai muncul kesulitan bagi masing-masing karakter.
  • Reaksi: Andi merasa kewalahan karena harus membagi waktu antara latihan sepak bola dan proyek film. Lila merasa tertekan dengan naskahnya, dan Budi mulai meragukan hasil karyanya.

Adegan 3: Konflik dan Kebimbangan

Lokasi: Lapangan terbuka di sore hari.

  • Deskripsi: Konflik mulai muncul ketika masing-masing karakter merasa terbebani dengan proyek ini.
  • Dialog:
    • Andi mengungkapkan keraguannya untuk melanjutkan proyek karena ia merasa waktu latihannya terganggu.
    • Lila mengutarakan ketakutannya bahwa naskahnya tidak cukup bagus.
    • Mira mencoba menyemangati teman-temannya, mengingatkan mereka tentang arti dari mimpi dan dukungan sahabat.
    • Budi, yang biasanya pendiam, mengakui bahwa dia juga merasa takut tapi tetap ingin mencoba.
  • Aksi: Mereka berdiskusi untuk saling mendukung dan mencari cara agar proyek ini tetap bisa berjalan.
  • Reaksi: Keempat sahabat sepakat untuk terus melanjutkan proyek dengan membagi waktu dan tugas lebih baik.

Adegan 4: Pemutaran Perdana dan Refleksi

Lokasi: Lapangan terbuka yang sudah diatur untuk pemutaran film.

  • Deskripsi: Setelah beberapa minggu bekerja keras, film mereka akhirnya selesai dan diputar di depan teman-teman dan keluarga.
  • Dialog:
    • Para penonton memberikan pujian dan dukungan untuk keempat sahabat.
    • Masing-masing sahabat mengungkapkan perasaan bangga mereka akan hasil kerja keras dan proses belajar mereka.
    • Mira menyampaikan pesan kepada teman-temannya tentang pentingnya kerja sama dan keberanian untuk mengejar mimpi.
  • Aksi: Mereka saling berpelukan dan merayakan hasil karya bersama.
  • Reaksi: Mereka merasa lebih percaya diri dan berjanji untuk terus mengejar mimpi masing-masing.

Itulah pembagian ceritanya ke dalam empat adegan. Setiap adegan menggambarkan perjalanan persahabatan, kerja keras, konflik, dan pencapaian mereka dalam menggapai impian.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sumber lisan merupakan keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami p sejarah. Selain diperoleh dari orang-orang yang mengalami persitiwa secara la sumber lisan juga dapat diperoleh dari orang-orang yang mengetahui suatu peristiw secara rinci. Dengan kata lain sumber sejarah lisan dapat digunakan untuk sumba dan sekunder. Bagaimana cara mendapatkan sumber sejarah secara lisan denga tepat? Sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang mengandung informasi tenta peristiwa sejarah. Informasi yang dijadikan sumber sejarah harus berasal dari aktivi pada masa lampau. Sumber sejarah berfungsi sebagai sarana penyampaian inform ristiwa sejarah di masa lampau. Bagaimana cara membuktikan keaslian suatu sumber sejarah? Sumber sejarah berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber benda. Sumber tertulis merupakan sumber sejarah yang memberikan informasi melalui tulisan. Sumber lisan merupakan sumber sejarah yang disampaikan secara lisan oleh orang yang menyaksikan, mendengar, atau mengalami langsung suatu peristiwa sejarah. Sumber benda merupakan sumber sejarah yang diperoleh dari benda-benda peninggalan sejarah. Mengapa sumber sejarah sangat penting dalam sejarah? Sumber sejarah lisan sangat bermanfaat agar sejarah dapat terus diingat oleh masyarakat sebagai bagian dari identitas dari sebuah negara. Sumber sejarah lisan dapat berupa keterangan langsung dari pelaku, tradisi lisan yang berkembang di masyarakat, dan topomini. Mengapa sumber lisan memiliki keterbatasan dibandingkan sumber tertulis? Kritik sumber sering juga disebut proses verifikasi. Sering dilakukan peneliti untuk menguji keabsahan serta keaslian suatu dokumen atau sumber sejarah. Kritik sumber merupakan salah satu tahapan dalam penelitian sejarah. Apa yang dimaksud kritik sumber?

12

0.0

Jawaban terverifikasi

1.Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai.... a. dasar negara b. idelogi negara c. pandangan hidup bangsa d. cita-cita nasional 2.Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Wakil ketua BPUPKI ketika itu dijabat oleh .... a. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo b. K.R.T Radjiman Wediodiningrat c. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta d. Ichibangase Yosio dan Radern Pandji Soeroso 3.Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal .... a. 4 Juni 1945 b. 3 Juni 1945 c. 2 Juni 1945 d. 1 Juni 1945 4."Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Pernyataan tersebut tercantum di dalam UUD 1945 .... a. Pasal 1 Ayat 1 b. Pasal 1 Ayat 2 c. Pasal 1 Ayat 3 d. Pasal 18 5.Pemilu pada 15 Desember 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota.... a.MPRS b.KNIP c.DPR d.konstitusi 6.Pemilihan umum (pemilu) merupakan proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu mulai dari presiden, wakil rakyat dari tingkat pusat sampai daerah. Di Indonesia pemilu dilaksanakan tiap .... a. 3 tahun sekali b. 4 tahun sekali c. 5 tahun sekali d. 6 tahun sekali 7.Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang .... a. bersih b. terbuka c. transparan d. demokratis 8.Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara (2) Menyuarakan pemilu (3) Menyampaikan informasi kegiatan pemilu kepada masyarakat (4) Melaporkan penyelenggaraan pemilu Pernyataan-pernyataan di atas merupakan tugas .... a. KPU b. rakyat c. presiden d. PPS 9.Pemilu tahun 2004 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pemilu tersebut adalah untuk memilih .... a. anggota DPR dan DPRD b. anggota KPU c. persaingan calon presiden dan wakil presiden d. partai politik 10.Indonesia merupakan negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu eksekutif legislatif, dan yudikatif. Pemegang kekuasaan legislatif pada tingkat pemerintah desa ialah .... a. BPD b. kepala desa c. Sekretaris desa d. perangkat desa 11.Munurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh .... a. presiden b. DPR c. MPR d. MK 12.Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Perlindungan konstitusional (2) Kebebasan menyatakan pendapat (3) Kebebasan untuk berserikat (4) Jaminan hak asasi manusia (5) Badan peradilan dikendalikan pemerintah Prinsip-prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (1), dan (2) 13.Tiap negara memiliki sistem untuk menjalankan kehidupan pemerintahannya. Sistem tersebut adalah sistem pemerintahan. Ada beberapa macam sistem pemerintahan si dunia ini. Saat ini, Indonesia menganut sistem pemerintahan .... a. sosialisasi b. komunis c. Presidensial d. parlementer 14.Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, khusus nya pemerintahan daerah, sangat berhubungan erat dengan beberapa asas dalam pemerintahan suatu negara. Asas-asas yang dimaksud adalah .... a. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan b. desentralisasi, konsentrasi, dan tugas pembantuan c. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas utama d. desentralisasi, dekonsentrasi, dan sentralisasi 15.Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini ! (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa (4) Menciptakan masyarakat yang jujur dan adil (5) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum pada nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), dan (3) 16.Anggota komisi Yudisial di angkat diberhentikan oleh .... a. presiden dan para menteri b. presiden dengan persetujuan DPR RI c. DPR RI dan MPR d. Mahkamah Agung 17.Lembaga tinggi negeri ini menurut UUD 45 sebelum diamandemen memiliki fungsi memberi masukan atau pertimbangan kepada presiden. Lembaga tinggi negara ini juga berkewajiban memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak mengajukan usul kepada pemerintah. Namun sekarang, lembaga tinggi negara ini sudah dihapuskan. Lembaga yang dimaksudkan adalah .... a. Dewan Pertimbangan Daerah b. Dewan Pertimbangan Agung c. Mahkamah Konstitusi d. Mahkamah Agung 18.Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan atau kota bagi kepala daerah atau provinsi. Pernyataan ini merupakan tugas dan wewenang .... a. presiden b. kepala daerah c. wakil presiden d. wakil kepala daerah 19.Fungsi anggaran yang dijalankan oleh DPR ditunjukkan oleh .... a. Kekuasaan dalam membentuk UU b. mengesahkan rancangan APBN yang telah diajukan oleh presiden c. mengawasi jalannya pemerintahan d. menindak pelaku kejahatan 20.Basis daerah pemilihan anggota DPD adalah provinsi. Tiap provinsi diwakili oleh perwakilan DPD, yang terdiri dari .... a. 2 anggota b. 3 anggota c. 5 anggota d. 4 anggota

30

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan