Nabilla M

09 Mei 2024 10:30

Iklan

Iklan

Nabilla M

09 Mei 2024 10:30

Pertanyaan

Mengapa bank dan lembaga keuangan itu harus di awasi?


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

10 Mei 2024 01:30

Jawaban terverifikasi

<p>Bank dan lembaga keuangan harus diawasi karena mereka memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara dan kepercayaan publik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengawasan terhadap bank dan lembaga keuangan diperlukan:</p><p><strong>Menghindari Risiko Sistemik</strong>: Bank dan lembaga keuangan memiliki keterkaitan yang kompleks dalam sistem keuangan. Kegagalan satu institusi keuangan bisa menyebabkan efek domino yang merusak, yang dikenal sebagai risiko sistemik. Pengawasan yang ketat dapat membantu mengidentifikasi dan mencegah potensi risiko sistemik ini.</p><p><strong>Perlindungan Konsumen</strong>: Bank dan lembaga keuangan merupakan tempat di mana individu dan perusahaan menaruh uang mereka. Pengawasan diperlukan untuk memastikan bahwa uang nasabah aman dan bahwa institusi tersebut beroperasi dengan integritas dan transparansi, sehingga melindungi kepentingan konsumen.</p><p><strong>Menghindari Praktik yang Tidak Etis atau Kriminal</strong>: Tanpa pengawasan yang memadai, bank dan lembaga keuangan dapat terlibat dalam praktik yang tidak etis atau kriminal, seperti pencucian uang, penipuan, atau manipulasi pasar. Pengawasan bertujuan untuk mengidentifikasi dan mencegah praktik-praktik semacam itu.</p><p><strong>Menjaga Stabilitas Keuangan</strong>: Stabilitas keuangan suatu negara sangat bergantung pada kesehatan sektor keuangan. Pengawasan yang efektif dapat membantu mencegah krisis keuangan dan menjaga stabilitas sistem keuangan secara keseluruhan.</p><p><strong>Peningkatan Kepatuhan dan Etika Bisnis</strong>: Pengawasan yang ketat mendorong bank dan lembaga keuangan untuk mematuhi aturan dan standar yang ditetapkan, serta mendorong praktik bisnis yang etis dan bertanggung jawab.</p>

Bank dan lembaga keuangan harus diawasi karena mereka memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara dan kepercayaan publik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengawasan terhadap bank dan lembaga keuangan diperlukan:

Menghindari Risiko Sistemik: Bank dan lembaga keuangan memiliki keterkaitan yang kompleks dalam sistem keuangan. Kegagalan satu institusi keuangan bisa menyebabkan efek domino yang merusak, yang dikenal sebagai risiko sistemik. Pengawasan yang ketat dapat membantu mengidentifikasi dan mencegah potensi risiko sistemik ini.

Perlindungan Konsumen: Bank dan lembaga keuangan merupakan tempat di mana individu dan perusahaan menaruh uang mereka. Pengawasan diperlukan untuk memastikan bahwa uang nasabah aman dan bahwa institusi tersebut beroperasi dengan integritas dan transparansi, sehingga melindungi kepentingan konsumen.

Menghindari Praktik yang Tidak Etis atau Kriminal: Tanpa pengawasan yang memadai, bank dan lembaga keuangan dapat terlibat dalam praktik yang tidak etis atau kriminal, seperti pencucian uang, penipuan, atau manipulasi pasar. Pengawasan bertujuan untuk mengidentifikasi dan mencegah praktik-praktik semacam itu.

Menjaga Stabilitas Keuangan: Stabilitas keuangan suatu negara sangat bergantung pada kesehatan sektor keuangan. Pengawasan yang efektif dapat membantu mencegah krisis keuangan dan menjaga stabilitas sistem keuangan secara keseluruhan.

Peningkatan Kepatuhan dan Etika Bisnis: Pengawasan yang ketat mendorong bank dan lembaga keuangan untuk mematuhi aturan dan standar yang ditetapkan, serta mendorong praktik bisnis yang etis dan bertanggung jawab.


Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

10 Mei 2024 08:40

Jawaban terverifikasi

<p>Oleh karena itu, <strong>bank</strong> sebagai sektor usaha yang rawan terhadap penyimpangan dan kejahatan, serta rentan terhadap potensi kegagalan yang bersifat sistemik perlu diawasi untuk memastikan pengelolaanya dilakukan secara sehat dan berhati-hati sesuai dengan prinsisp manajemen risiko dan tata kelola yang baik.</p>

Oleh karena itu, bank sebagai sektor usaha yang rawan terhadap penyimpangan dan kejahatan, serta rentan terhadap potensi kegagalan yang bersifat sistemik perlu diawasi untuk memastikan pengelolaanya dilakukan secara sehat dan berhati-hati sesuai dengan prinsisp manajemen risiko dan tata kelola yang baik.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan kedua kutipan berikut! Kutipan 1 Pada tahun 1942 Asrul Sani pindah ke SMP Taman Siswa, Jakarta. Di sekolah ini Asrul berkenalan dengan Pramoedya Ananta Toer dan bersama-sama menjadi anggota kelompok “Penggemar Sastra”. Setelah tamat SMP, Asrul masuk ke Sekolah Kedokteran Hewan, Bogor dan melanjukan ke Perguruan Tinggi Kedokteran. Kutipan 2 S. Sinansari Ecip merupakan nama samaran dari Sution yang terkenal sebagai pengarang novel, puisi, cerpen dan cerita anak. Dia pernah memimpin redaksi majalah Almamater yang diterbitkan oleh Dewan Mahasiswa UI. Dia juga aktif menulis dalam Harian Kami edisi Jakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Dia bekerja sebagai penulis dan dosen. Seabagai seorang penulis, ia beberapa kali memperoleh penghargaan atas hasil karyanya. Perbedaan penggunaan kaidah kebahasaan kedua kutipan tersebut adalah ..... * Kutipan 1 : Menggunakan keterangan waktu Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti orang/pronomina persona Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi antarkalimat Kutipan 2 : Menggunakan keterangan waktu Kutipan 1 : Mengguanakan kata ganti orang/pronomina Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi antar kalimat Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi koordinatif Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti pronomina penunjuk Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi subordinatif Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi korelatif

10

5.0

Jawaban terverifikasi