Putu K

03 April 2024 01:07

Iklan

Iklan

Putu K

03 April 2024 01:07

Pertanyaan

apa bedanya gurindam, syair, dan mantra?

apa bedanya gurindam, syair, dan mantra?


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

03 April 2024 06:55

Jawaban terverifikasi

<ul><li><strong>Mantra</strong> yaitu puisi atau ucapan yang memiliki fungsi khusus, seperti keagamaan, penyembuhan, atau perlindungan. Biasanya mantra terikat dengan tradisi spiritual atau kepercayaan mistik.</li><li><strong>Syair</strong> yaitu jenis puisi panjang yang biasanya terdiri dari beberapa bait. Biasanya berisi cerita atau kisah epik, sering kali dengan pesan moral atau pendidikan.</li><li><strong>Gurindam </strong>yaitu bentuk puisi yang menggunakan kalimat-kalimat pendek untuk menyampaikan ajaran moral atau nasihat. gurindam masuk ke dalam sastra Melayu dan sering digunakan untuk pendidikan.</li></ul>

  • Mantra yaitu puisi atau ucapan yang memiliki fungsi khusus, seperti keagamaan, penyembuhan, atau perlindungan. Biasanya mantra terikat dengan tradisi spiritual atau kepercayaan mistik.
  • Syair yaitu jenis puisi panjang yang biasanya terdiri dari beberapa bait. Biasanya berisi cerita atau kisah epik, sering kali dengan pesan moral atau pendidikan.
  • Gurindam yaitu bentuk puisi yang menggunakan kalimat-kalimat pendek untuk menyampaikan ajaran moral atau nasihat. gurindam masuk ke dalam sastra Melayu dan sering digunakan untuk pendidikan.

Putu K

03 April 2024 06:57

thankyou 😁

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 April 2024 14:43

Jawaban terverifikasi

<p>Gurindam, syair, dan mantra adalah bentuk sastra yang berbeda-beda dengan karakteristik dan fungsi masing-masing:</p><p><strong>Gurindam</strong>: Gurindam adalah bentuk sastra Melayu yang terdiri dari dua larik dalam setiap baitnya. Biasanya digunakan untuk menyampaikan nasihat, ajaran moral, atau kebijaksanaan dalam kehidupan sehari-hari. Gurindam sering kali digunakan sebagai sarana pendidikan moral dan etika.</p><p><strong>Syair</strong>: Syair adalah bentuk puisi yang terdiri dari baris-baris berima. Syair sering kali digunakan untuk menyampaikan cerita, perasaan, atau pengalaman seseorang. Syair juga dapat berisi nasihat, pengajaran, atau kritik sosial. Syair sering ditemukan dalam sastra Melayu dan Arab.</p><p><strong>Mantra</strong>: Mantra adalah serangkaian kata-kata atau kalimat yang diucapkan atau diulang-ulang dengan tujuan tertentu, seperti keagamaan, penyembuhan, atau perlindungan. Mantra sering diasosiasikan dengan praktik keagamaan atau spiritual, di mana mereka diyakini memiliki kekuatan atau efek tertentu ketika diucapkan dengan benar. Mantra juga dapat digunakan dalam praktik meditasi atau ritual tertentu.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Gurindam, syair, dan mantra adalah bentuk sastra yang berbeda-beda dengan karakteristik dan fungsi masing-masing:

Gurindam: Gurindam adalah bentuk sastra Melayu yang terdiri dari dua larik dalam setiap baitnya. Biasanya digunakan untuk menyampaikan nasihat, ajaran moral, atau kebijaksanaan dalam kehidupan sehari-hari. Gurindam sering kali digunakan sebagai sarana pendidikan moral dan etika.

Syair: Syair adalah bentuk puisi yang terdiri dari baris-baris berima. Syair sering kali digunakan untuk menyampaikan cerita, perasaan, atau pengalaman seseorang. Syair juga dapat berisi nasihat, pengajaran, atau kritik sosial. Syair sering ditemukan dalam sastra Melayu dan Arab.

Mantra: Mantra adalah serangkaian kata-kata atau kalimat yang diucapkan atau diulang-ulang dengan tujuan tertentu, seperti keagamaan, penyembuhan, atau perlindungan. Mantra sering diasosiasikan dengan praktik keagamaan atau spiritual, di mana mereka diyakini memiliki kekuatan atau efek tertentu ketika diucapkan dengan benar. Mantra juga dapat digunakan dalam praktik meditasi atau ritual tertentu.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimanakah perkembangan industri di kawasan asia? Apa saja negara di Asia yang menjadi negara industri beserta hasil industrinya

0

5.0

Jawaban terverifikasi