Roboguru

What can we learn from the story above?

Pertanyaan

What can we learn from the story above?

  1. Don't cry over the spilt milk.

  2. Don't cry before you are hurt.

  3. Don't dream when you sleep.

  4. Don't count your chickens before they are hatched.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan pelajaran yang bisa dipetik dari cerita tersebut.

Dalam wacana bisa dilihat bahwa gadis tersebut sangat kegirangan karena hasil perahannya. Dia sudah memikirkan dan menghitung-hitung apa yang akan didapatkannya dan akan dilakukannya kemudian bahkan sebelum satu pun dari hal tersebut terjadi.

Hal ini sama dengan arti perumpamaan dalam bahasa Inggris, yaitu: counting someone's chicken before they hatch. Dari cerita tersebut kita diajarkan untuk tidak mengharapkan/bergantung pada sesuatu sebelum hal itu pasti terlaksana atau terjadi.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

The text is for question.     There was once a poor boy named Dick Whittington who lived in a village without parents. He had heard stories about a big city called London where everybody was rich; L...

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan isi cerita.

Teks tersebut menceritakan atau mengisahkan tentang seorang anak laki-laki miskin bernama Dick Whittington atau A poor boy named Dick Whittington yang karena kerja kerasnya dan kesabarannya akhirnya dia mendapat kebaikan di akhir cerita. Dalam kalimat pertama, jelas dikatakan bahwa ia adalah anak laki-laki yang miskin.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

What can we learn from the story?

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan nilai moral yang dapat dipelajari dari teks.

Dari cerita tersebut diketahui bahwa Kucing berhasil lolos dari kejaran anjing karena dia menerapkan satu-satunya trik yang dia punya, sedangkan Rubah harus menjadi mangsa anjing karena dia terlalu lama berpikir trik mana yang akan dia pakai, yang bahkan tidak diketahui apakah Rubah benar-benar memiliki trik untuk kabur dari kejaran anjing.

Dari kisah tersebut dapat diambil pelajaran, bahwa memiliki satu trik lebih baik daripada tidak ada sama sekali.

Jadi, jawaban yang paling mendekati adalah A. One trick is better than nothing.

0

Roboguru

What can we learn from the story?

Pembahasan Soal:

Untuk menemukan pesan dari sebuah teks, kita harus membaca isi teks tersebut.

Kisah di atas menceritakan tentang seorang petani miskin yang menemukan sebuah kotak misterius. Ketika sampai di rumah, istri petani tidak sengaja menjatuhkan sebuah apel ke dalam kotak tersebut. Ternyata, apel yang terjatuh menjadi berlipat ganda. Sang petani pun dengan sengaja menjatuhkan koin ke dalam kotak. Koin pun bertambah menjadi berlipat ganda. 

Suatu hari, kakek petani datang ke rumah mereka. Sang kakek pun dipekerjakan untuk mengumpulkan koin dari dalam kotak. Kakek pun merasa kelelahan karena terus menerus bekerja. Ia pun beristirahat sejenak namun petani menjadi geram dan membentaknya. 

Akibat rasa lelah yang tak tertahankan, kakek pun jatuh ke dalam kotak misterius dan meninggal. Kakek yang terjatuh pun berkembang biak menjadi berkali-kali lipat. Sang petani merasa menyesal karena ia kehilangan kakeknya dan harus menghabiskan seluruh koinnya untuk memakamkan jenazah kakek.

Dari kisah di atas, bisa disimpulkan bahwa sifat serakah lah yang menjadikan petani kembali sengsara.  

Jadi, jawaban paling tepat adalah opsi B. undefined

0

Roboguru

What can we learn from the story?

Pembahasan Soal:

Untuk menemukan pesan dari suatu teks, kita perlu membaca keseuruhan isi dari teks tersebut.

Teks naratif di atas bercerita Tukkebi yang mengeluh atas nasib buruknya kepada Tori. Setelah itu Tori memberikan solusi yaitu dengan cara mencuri segel kerajaan dan menguburnya di bawah pohon, kemudian Tukkebi memberitahu Raja bahwa ia mengetahui keberadaan segel kerajaan yang hilang. Raja pun mengapresiasinya dengan memberikan banyak uang.
    
Beberapa hari kemudian, Tukkebi dipanggil oleh Raja untuk diminta mencari perhiasan Ratu yang dicuri. Tukkebi kebingungan karena sebelumnya ia berhasil mengetahui keberadaan segel kerajaan yang hilang karena Tori si pencuri segel kerajaan memberitahunya dimana ia mengubur benda tersebut. Ini di luar rencananya dan ia menyesal mengikuti ide Tori.  Namun, kemudian ia didatangi ruh pencuri perhiasan Ratu dan diberitahu dimana keberadaan perhiasaan tersebut. Raja dan Ratu merasa bahagia dan memberi banyak uang kepada Tukkebi. Tukkebi pun dikenal oleh banyak orang karena dianggap memiliki kelebihan untuk mengetahui keberadaan barang yang hilang ataupun tersembunyi.
    
Suatu ketika, Kaisar Cina sengaja mengundang Tukkebi dan berniat mengujinya dengan memintanya menebak benda yang ia sembunyikan dibalik gundukan tanah. Tukkebi kembali kebingungan Ia berpikir keras lalu dengan marah berteriak, "Tukkebi (seekor katak) mati karenamu, Tori (sebuah batu)!". Kaisar dan para pembantunya pun berteriak gembira karena benar yang disembunyikan Kaisar di balik gundukan tanah adalah katak. Kaisar pun semakin mengagumi kemampuan Tukkebi dan memberinya banyak uang. Tukkebi semakin terkenal tapi ia tidak melanjutkan apa yang ia lakukan karena ia tidak ingin menyurangi lebih banyak orang.

Dari kisah Tukkebi, bisa disimpulkan bahwa memiliki uang banyak dengan cara yang curang tidak bisa memberikan kebahagiaan. Justru, Tukkebi selalu merasa takut dan kebingungan.

Jadi, jawaban yang paling telat adalah opsi A. space

0

Roboguru

In ancient times, the king placed a boulder on a roadway. Then, he hid and watched to see if anyone would remove the huge rock. Some of the king’s wealthiest merchants and courtiers came by and simply...

Pembahasan Soal:

Jawaban "many people liked the peasant" tidak tepat karena pernyataan tersebut tidak ada dalam teks. Jawaban  "the boulder was really small" dan "the king was very stingy" salah karena berlawanan dengan isi bacaan yaitu pada pilihan jawaban "the boulder was really small" kalimat kedua paragraf pertama “…removed the huge rock” (memindahkan batu besar) dan pada jawaban "the king was very stingy" tepatnya pada kalimat pertama paragraph terakhir “The purse contained a lot of gold coin and a note indicating the gold was for the person who removed the boulder from the roadway” (Dompet itu berisikan banyak koin emas dan surat yang menyatakan emas tersebut untuk orang yang memindahkan batu dari jalanan)

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved