Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks di bawah ini!


"Sudah lama Dobby ingin bertemu Anda, Sir ... Sungguh kehormatan besar .... "

"Te-te rima kasih," kata Harry, merayap sepanjang dinding dan terenyak di kursinya, di sebelah Hedwig,
yang sedang tidur di dalam sangkarnya yang besar. Dia ingin bertanya, "Kau ini apa?" tetapi rasanya tidak sopan, maka sebagai gantinya dia bertanya, "Kau siapa?"

"Dobby, Sir. Cukup Dobby saja. Dobby si peri rumah," jawab makhluk itu.

"Oh, begitu?" kata Harry. "Eh-bukannya aku mengusir atau apa, tapi ini bukan saat yang baik bagiku untuk menerima peri rumah di kamarku."

Tawa Bibi Petunia yang melengking dibuat-buat terdengar dari ruang tamu. Peri itu menunduk lesu.

"Bukannya aku tidak senang bertemu kau," kata Harry cepat-cepat, "Tetapi eh, apakah ada alasan khusus kenapa kau di sini?"

"Oh ya, Sir," kata Dobby bersemangat. "Dobby datang untuk memberi tahu Anda, Sir ... susah, Sir ... enaknya Dobby dari mana, ya .... "

"Silakan duduk," kata Harry sopan, menunjuk tempat tidurnya. Betapa kagetnya dia, air mata si peri langsung bercucuran-dia tersedu-sedu.

"Silakan duduk!" dia merenung. "Belum pernah sekali pun belum pernah .... "

Harry mendengar suara-suara di bawah terhenti.

"Maaf," dia berbisik. "Aku tak bermaksud menghinamu."

"Menghina Dobby! " si peri tersedak. "Belum pernah Dobby dipersilakan duduk oleh seorang penyihir-seakan kita sederajat .... "

Dikutip dari: J.K. Rawling, Harry Potter and The Chamber of Secrets: Harry Potter dan Kamar Rahasia, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2000space 

Watak tokoh Harry dalam kutipan tersebut adalah ....

Watak tokoh Harry dalam kutipan tersebut adalah ....space 

  1. rajinspace 

  2. cakapspace 

  3. ramahspace 

  4. cerdikspace 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Teks Cerita Fantasi merupakan teks yang berisi cerita fiksi yang bersifat imajinatif. Pada teks cerita fantasi peristiwa yang tidak mungkin terjadi bisa terjadi karena imajinasi yang diciptakan oleh penulis.Tokoh dan latar yang diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau merupakan modifikasi dari dunia nyata. Tema fiksi fantasi adalah gaib, supranatural, dan futuristik. Unsur intrinsik teks cerita fantasi antara lain tema, alur, tokoh dan penokohan, latar atau setting, sudut pandang, dan amanat. Tema merupakan pokok pikiran yang mengembangkan sebuah cerita. Alur merupakan rangkaian peristiwa yang terjadi dalam sebuah cerita. Tokoh dan penokohan merupakan pelaku dan watak atau karakternya dalam cerita. Latar merupakan tempat, waktu, maupun suasana pada cerita. Sudut pandang merupakan penempatan posisi penulis pada cerita. Amanat merupakan pesan atau nasehat yang disampaikan oleh penulis dalam cerita. Pada teks cerita fantasi di atas, watak tokoh Harry adalah ramah. Berikut kutipan yang memperlihatkan watah Harry yang ramah: "Silakan duduk," kata Harry sopan, menunjuk tempat tidurnya. Betapa kagetnya dia, air mata si peri langsung bercucuran-dia tersedu-sedu. "Menghina Dobby! " si peri tersedak. "Belum pernah Dobby dipersilakan duduk oleh seorang penyihir-seakan kita sederajat .... " Kutipan tersebut menggambarkan watakHarry yang ramah karenaHarry memperlakukan Dobby dengan baik meskipun Dobby adalah tamu yang tidak diundang. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Teks Cerita Fantasi merupakan teks yang berisi cerita fiksi yang bersifat imajinatif. Pada teks cerita fantasi peristiwa yang tidak mungkin terjadi bisa terjadi karena imajinasi yang diciptakan oleh penulis.Tokoh dan latar yang diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau merupakan modifikasi dari dunia nyata. Tema fiksi fantasi adalah gaib, supranatural, dan futuristik.

Unsur intrinsik teks cerita fantasi antara lain tema, alur, tokoh dan penokohan, latar atau setting, sudut pandang, dan amanat.

  1. Tema merupakan pokok pikiran yang mengembangkan sebuah cerita.
  2. Alur merupakan rangkaian peristiwa yang terjadi dalam sebuah cerita.
  3. Tokoh dan penokohan merupakan pelaku dan watak atau karakternya dalam cerita.
  4. Latar merupakan tempat, waktu, maupun suasana pada cerita.
  5. Sudut pandang merupakan penempatan posisi penulis pada cerita.
  6. Amanat merupakan pesan atau nasehat yang disampaikan oleh penulis dalam cerita. 

Pada teks cerita fantasi di atas, watak tokoh Harry adalah ramah. Berikut kutipan yang memperlihatkan watah Harry yang ramah:

"Silakan duduk," kata Harry sopan, menunjuk tempat tidurnya. Betapa kagetnya dia, air mata si peri langsung bercucuran-dia tersedu-sedu.

"Menghina Dobby! " si peri tersedak. "Belum pernah Dobby dipersilakan duduk oleh seorang penyihir-seakan kita sederajat .... "

Kutipan tersebut menggambarkan watak Harry yang ramah karena Harry memperlakukan Dobby dengan baik meskipun Dobby adalah tamu yang tidak diundang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Cerita Fantasi

Kebahasaan Teks Cerita Fantasi

Menganalisis Teks Cerita Fantasi

Menyusun Teks Cerita Fantasi

73

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Watak tokoh pada kutipan cerita di atas adalah ....

726

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia