Siapa sajakah tokoh-tokoh dalam cerita fantasi tersebut? Sebutkan dan jelaskan hubungan antartokoh!

Pertanyaan

Baca berita fantasi lainnya berikut ini dengan saksama!
 

Musuh Bebuyutan Si Kancil

    Di suatu siang yang terik, ada seekor kancil yang sedang menyelinap ke kebun Pak Tani. Ketika si Kancil menyelinap semakin dalam ke kebun, ia menemukan sebuah wortel raksasa (mungkin dikarenakan si Kancil telah bosan dengan ketimun). Timbulah hasratnya untuk mencuri wortel tersebut. Kemudian, ia segera berlari menuju wortel itu dan memakannya.

    Setengah jam berlalu, si Kancil masih tetap asyik dengan wortelnya. Tak lama berselang, datanglah Pak Tani menghampiri si Kancil yang tengah asik makan. Si Kancil pun tak sempat menghabiskan sisa wortel tersebut. Ingin membawa wortel itu pergi, tidak bisa! Sangat berat!

    Dengan cepat, kancil itu mengambil langkah seribu. Pak Tani pun juga tak ingin kalah! Diambilah senapan canggih nya, AK-47. Karena dia tidak mungkin mengulangi kesalahannya di saat dia hanya memakai celurit ketika cerita "Si Kancil Mencuri Ketimun".

    Di saat Pak Tani mau menembak si Kancil... ternyata, MELESET! Si Kancil pun kaget, ketika Pak Tani mengeluarkan 'senjata' pamungkas. Ya, granat! Kancil pun terus berlari, dan berlari di saat Pak Tani membombardirnya. Pak Tani pun terus mengejar dan mengejar kancil itu hingga jauh ke dalam hutan. Si Kancil pun bingung mau kemana dia sekarang. Hanya ada dua pilihan, masuk ke dalam gua yang sempit bin gelap, atau menyerahkan diri ke tangan Pak Tani.

    Dengan cepat, Si Kancil langsung menjatuhkan diri ke dalam gua tersebut. Bruuuggh... terdengar suara tubuh si Kancil. Beberapa saat kemudian, si Kancil bangkit berdiri dan beralan menyusuri gua hingga dalam. Tak beberapa lama, ada seekor mahkluk mirip dirinya. Tapi setelah dilihat-lihat oleh si Kancil jantan yang barusan jatuh ke gua, ternyata dia adalah kancil legendaris yang dikenal suka mencuri ketimun Pak Tani. Dan selebih nya, Kancil legendaris itu adalah kancil betina. Dan setelah mereka saling bicara lama. Mereka berencana tinggal di gua itu dan bahagia untuk selamanya.

    Sementara itu, hutan-hutan di sekeliling gua itu telah habis terbakar, banyak warga tak terima dengan ulah Pak Tani serta para pengikutnya. Pak Tani serta para pengikutnya langsung tak berkutik ketika para warga sekitar bersama satuan polisi dan TNI menghadangnya. Langsung saja para warga desa beserta satuan pengaman mengarak mereka ke kantor polisi.

    Dan sepasang Kancil pun bahagia selamanya.

(Sumber: Cerpen Karangan: Dimas Prayoga Waluyo http://cerpenmu.com/cerpen-fantasi-fiksi/musuh-bebuyutan-si-kancil.html)space 

Siapa sajakah tokoh-tokoh dalam cerita fantasi tersebut? Sebutkan dan jelaskan hubungan antartokoh!space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

    Cerita fantasi merupakan sebuah karya yang diciptakan dalam alur yang normal, tetapi bersifat imajinatif. Dalam hal ini, cerita fantasi berisi imajinasi yang biasanya tidak mungkin terjadi di dunia nyata. Selain itu, latar, penokohan, maupun konflik yang terdapat dalam cerita fantasi biasanya tidak realistis bahkan terkesan dilebih-lebihkan.

    Tokoh dalam cerita fantasi biasanya memiliki kekuatan khusus atau istimewa. Tokoh cerita fantasi biasanya mempunyai watak dan ciri unik yang tidak ada dalam kehidupan sehari-hari. Karakter pada cerita fantasi biasanya mengalami peristiwa dalam berbagai latar waktu dan tempat yang berbeda zaman, bisa masa lampau atau futuristik (masa yang akan datang).

    Dengan demikian, tokoh dalam cerita fantasi tersebut ialah si Kancil, Pak Tani, para pengikut Pak Tani, si Kancil Legendaris, Warga desa, satuan polisi, dan TNI.

    Hubungan antartokoh dalam cerita fantasi di atas sangat erat antara Pak Tani dan si Kancil yang diceritakan seperti musuh bubuyutan. Ide cerita tersebut akhirnya menciptakan hubungan lebih lanjut antara Pak Tani, si Kancil, dan tokoh lainnya. Hal tersebut dapat dilihat ketika akhirnya si Kancil jatuh ke gua dan bertemu si Kancil Legendaris sehingga mereka berdua dapat hidup bahagia. Di lain tempat, warga desa tidak terima atas tindakan Pak Tani yang menyebabkan hutan-hutan habis terbakar sehingga Pak Tani dan para pengikutnya dihadang oleh para warga, satuan polisi, dan TNI untuk diamankan.space 

42

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Sebutkan karakter tokoh utama cerita tersebut!

7

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia