Roboguru

Upacara labuhan merupakan adat istiadat dan turun temurun di Keraton Yogyakarta, yakni sejak masa pemerintahan ....

Pertanyaan

Upacara labuhan merupakan adat istiadat dan turun temurun di Keraton Yogyakarta, yakni sejak masa pemerintahan ....

  1. Sultan Agung Hanyokrokusumo

  2. Panembahan Senopati

  3. Amangkurat I

  4. Amangkurat II

  5. Hamengkubuwono I

Pembahasan Soal:

Upacara Labuhan berasal dari kata labuh yang artinya membuang, meletakkan, atau menghanyutkan. Maksud dari labuhan ini adalah sebagai doa dan pengharapan untuk membuang segala macam sifat buruk. Pada pelaksanaannya, Keraton Yogyakarta melabuh benda-benda tertentu yang disebut sebagai uba rampe labuhan. Uborampe labuhan yang akan dilabuh di tempat-tempat tertentu atau yang disebut petilasan, beberapa diantaranya merupakan benda-benda milik Sultan yang bertakhta. Upacara atau tradisi tersebut telah ada sejak masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah....

Pembahasan Soal:

Kesultanan Demak atau Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama dan terbesar di pantai utara Jawa ("Pasisir"). Menurut tradisi Jawa, Demak sebelumnya merupakan kadipaten dari kerajaan Majapahit, kemudian muncul sebagai kekuatan baru mewarisi legitimasi dari kebesaran Majapahit.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Sebutkan faktor-faktor pendorong kemajuan Kerajaan Demak!

Pembahasan Soal:

Kerajaan Demak berkembang dengan pesat karena memiliki daerah pertanian yang luas sebagai penghasil bahan makanan, terutama beras. Selain itu, Demak juga tumbuh menjadi sebuah kerajaan maritim karena letaknya di jalur perdagangan antara Malaka dan Maluku. Kerajaan Demak disebut juga sebagai sebuah kerajaan yang agraris-maritim. Dengan demikian faktor kemajuan kerajaan Demak adalah wilayahnya yang memiliki potensi sumber daya alam juga berada dijalur perdagangan internasional.

0

Roboguru

Perubahan nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta dilakukan oleh....

Pembahasan Soal:

Sunda Kelapa merupakan salah satu pelabuhan tertua di nusantara yang sudah ada sejak abad ke-5 dan merupakan pelabuhan yang berada dibawah kepemilikan Kerajaan Tarumanegara. Namun pada abad ke-12 berpindah tangan menjadi milik Kerajaan Sunda. Sejak Kerajaan Sunda berhasil menguasai pelabuhan ini, Pelabuhan Sunda Kelapa berhasil berkembang menjadi salah satu pelabuhan penting yang ada di pulau Jawa, mengingat lokasinya yang cukup strategis. Dalam perkembangan selanjutnya, tepatnya pada 22 Juni 1527,pasukan gabungan Kesultanan Demak-Cirebon dibawah pimpinan Fatahillah menyerang dan berhasil menguasai Sunda Kelapa dan merubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini. Memiliki daerah pertanian luas dan subur. Memiliki komoditi ekspor beras, madu dan lilin. Memperoleh keuntungan besar sebagai bandar transito perdagangan Pern...

Pembahasan Soal:

Letak Demak sangat strategis di jalur perdagangan nusantara memungkinkan Demak berkembang sebagai kerajaan maritim. Dalam kegiatan perdagangan, Demak berperan sebagai penghubung antara daerah penghasil rempah di Indonesia bagian Timur dan penghasil rempah-rempah Indonesia bagian barat. Dengan demikian perdagangan Demak semakin berkembang berkat pelabuhan-pelabuhan di daerah pesisir. Sebagai kerajaan Islam yang memiliki wilayah di pedalaman, maka Demak juga memperhatikan masalah pertanian, sehingga beras merupakan salah satu hasil pertanian yang menjadi komoditi dagang. Pertanian di Demak tumbuh dengan baik karena aliran sungai Demak lewat pelabuhan Bergota dan Jepara. 

Oleh karena itu, jawaban yang sesuai adalah A.

0

Roboguru

Pada masa pemerintahan Raden Fatah, Kesultanan Demak pernah melakukan serangan ke Malaka yang sudah dikuasai Portugis. Serangan tersebut didasari oleh alasan...

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi dan sosial Kesultanan Demak yang baik membuat Demak menjadi kesultanan Islam terbesar di Pulau Jawa. Sebagai kesultanan besar, Demak terus menyebarkan pengaruhnya ke kerajaan-kerajaan lain di sekitar Jawa, termasuk saat Portugis menguasai Malaka. Faktor ekonomi mendorong Demak menyerang Portugis di Malaka. Penguasaan Malaka oleh Portugis menjadikan perahu dagang yang ingin mengirimkan komoditas dagangannya ke Demak tidak berani melewati Malaka. Selain itu, penyerangan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian antar kesultanan Islam. Demak memerintahkan Adipati Unus untuk memerangi Portugis di Malaka berharap agar Portugis dapat segera meninggalkan Malaka.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved