Iklan

Iklan

Pertanyaan

Untuk senyawa-senyawa berikut, gambarkan susunan elektron di sekitaratom pusat dan tentukan bentuk geometri molekulnya. (Gunakan bantuan tabel periodik unsur) HCN

Untuk senyawa-senyawa berikut, gambarkan susunan elektron di sekitar atom pusat dan tentukan bentuk geometri molekulnya. (Gunakan bantuan tabel periodik unsur)

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Dalam penentuan susunan elektron di sekitar atom pusat dan penentuan bentuk geometri molekul, diperlukanstruktur lewis dari senyawa tersebut. Penentuan struktur lewis senyawa diharapkan dapat mengikuti aturan oktet yaitu terdapat 8 elektron pada atom pusat. Pada struktur lewis suatu senyawa dikenal pula sebutan pasangan elektron bebas (PEB) dan pasangan elektron ikatan (PEI). PEI adalah pasangan elektron yang digunakan untuk berikatan sedangkan PEB adalah pasangan elektron bebas yang tidak digunakan untuk berikatan. PEB dan PEI dapat menentukan geometri molekul dari suatu senyawa dengan rumus umum AXE , dengan A adalah atom pusat X jumlah PEI dan E jumlah PEB. Pada soal diketahui terdapat senyawa HCN , nomor atom unsur Hadalah 1, nomor atom unsur Cadalah 6 dan nomor atom unsur N adalah 7. Sehingga konfigurasi elektron dari H, Cdan N adalah: 1 ​ H = 1 (elektron valensi= 1) 6 ​ C = 2 4 (elektron valensi=4) 7 ​ N = 2 5 (elektron valensi= 5) Struktur lewis pada HCN adalah: Aturan oktet terlihat pada atom pusat HCN dan dapat diketahui pada struktur lewis tersebut, HCN memiliki 2 PEI (dot berwarna biru) dan tidak memilki PEB. Sehingga tipe molekulnya adalah AX 2 ​ dengan bentuk molekulnya adalah linear . Jadi, gambar susunan elektron pada atom pusat adalah: dan bentuk molekulnya adalah linear.

Dalam penentuan susunan elektron di sekitar atom pusat dan penentuan bentuk geometri molekul, diperlukan struktur lewis dari senyawa tersebut. Penentuan struktur lewis senyawa diharapkan dapat mengikuti aturan oktet yaitu terdapat 8 elektron pada atom pusat. Pada struktur lewis suatu senyawa dikenal pula sebutan pasangan elektron bebas (PEB) dan pasangan elektron ikatan (PEI). PEI adalah pasangan elektron yang digunakan untuk berikatan sedangkan PEB adalah pasangan elektron bebas yang tidak digunakan untuk berikatan. PEB dan PEI dapat menentukan geometri molekul dari suatu senyawa dengan rumus umum , dengan A adalah atom pusat X jumlah PEI dan E jumlah PEB.

Pada soal diketahui terdapat senyawa , nomor atom unsur H adalah 1, nomor atom unsur C adalah 6 dan nomor atom unsur N adalah 7. Sehingga konfigurasi elektron dari H, C dan N adalah:

  •  (elektron valensi= 1)
  •  (elektron valensi= 4)
  •  (elektron valensi= 5)

Struktur lewis pada  adalah:



Aturan oktet terlihat pada atom pusat  dan dapat diketahui pada struktur lewis tersebut,  memiliki 2 PEI (dot berwarna biru) dan tidak memilki PEB. Sehingga tipe molekulnya adalah  dengan bentuk molekulnya adalah linear.


Jadi, gambar susunan elektron pada atom pusat adalah:

dan bentuk molekulnya adalah linear.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Untuk senyawa-senyawa berikut, gambarkan susunan elektron di sekitaratom pusat dan tentukan bentuk geometri molekulnya. (Gunakan bantuan tabel periodik unsur) CCl 4 ​

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia