Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati teks berikut!


    terlepas dari beberapa kekurangan kekurangan yang ada buku karya herlina sanjaya ini layak digunakan untuk mengajari semua anak anak tentang konsep ilmu bahasa secara sangat menyenangkan sekalispace

Tulislah kembali teks tersebut sehingga menjadi kalimat yang efektif dengan memperhatikan penulisan huruf dan tanda baca!

Tulislah kembali teks tersebut sehingga menjadi kalimat yang efektif dengan memperhatikan penulisan huruf dan tanda baca!space

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penulisan kalimat efektif sesuai dengan huruf dan tanda baca yang tepat untuk kutipan teks di atas adalah "Terlepas dari beberapa kekurangan yang ada, buku karya Herlina Sanjaya ini layak digunakan untuk mengajari anak-anak tentang konsep ilmu bahasa secara menyenangkan."

penulisan kalimat efektif sesuai dengan huruf dan tanda baca yang tepat untuk kutipan teks di atas adalah "Terlepas dari beberapa kekurangan yang ada, buku karya Herlina Sanjaya ini layak digunakan untuk mengajari anak-anak tentang konsep ilmu bahasa secara menyenangkan."space

Iklan

Pembahasan

Kalimat efektif adalah kalimat yang tersusun secara baik, benar, jelas, dan tidak menimbulkan makna ganda. Kalimat efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Memiliki struktur kalimat yang lengkap. Tidak mengandung subjek ganda. Kehematan, yakni tidak menggunakan kata yang dianggap tidak diperlukan. Tanda baca adalah simbol yang tidak ada hubungannya dengan suara, kata, atau frasa dalam suatu bahasa. Tanda baca itu sendiri berperan menunjukkan sebuah struktur tulisan, intonasi, dan jeda pada saat pembacaan. Ada beberapa jenis fungsi penggunaan tanda baca, diantaranya: Penggunaan tanda baca titik (.) yang berfungsi sebagai penanda pada akhir kalimat. Penggunaan huruf kapital yang dipakai sebagai huruf pertama pada awal kalimat serta pada nama orang atau julukan. Penggunaan tanda baca koma (,) yang berfungsi untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimatnya, memisahkan kalimat yang setara yang didahului kata yang menunjukkan perbandingan (tetapi, namun, melainkan) . Penggunaan tanda baca hubung (-) yang berfungsi untuk menyambung unsur kata yang berulang. Berikut ini adalah analisis penggunaan kalimat pada kutipan teks di atas agar menjadi kalimat efekftif sesuai dengan huruf dan tanda baca yang tepat, yaitu: Kata "terlepas" diganti menjadi "Terlepas" karena di awal kalimat sehingga harus menggunakan huruf kapital. Penghilangan salah satu kata berulang "kekurangan kekurangan" menjadi "kekurangan" karena merupakan pemborosan kata. Setelah kata "ada" seharusnya diberi tanda baca koma menjadi "ada," karena untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimatnya. Kata "herlina sanjaya" diganti menjadi "Herlina Sanjaya" karena merupakan nama orang sehingga harus menggunakan huruf kapital di awal katanya. Kata "anak anak" diganti menjadi "anak-anak" karena merupakan unsur kata yang berulang sehingga harus menggunakan tanda baca hubung (-) Penghilangan kata "semua", " sangat". "sekali" karena merupakan pemborosan kata. Penggunaan tanda baca titik (.) setelah kata "menyenangkan" menjadi "menyenangkan." sebagai penanda akhir sebuah kalimat. Dengan demikian, penulisan kalimat efektif sesuai dengan huruf dan tanda baca yang tepat untuk kutipan teks di atas adalah "Terlepas dari beberapa kekurangan yang ada, buku karya Herlina Sanjaya ini layak digunakan untuk mengajari anak-anak tentang konsep ilmu bahasa secara menyenangkan."

Kalimat efektif adalah kalimat yang tersusun secara baik, benar, jelas, dan tidak menimbulkan makna ganda. Kalimat efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki struktur kalimat yang lengkap.
  • Tidak mengandung subjek ganda.
  • Kehematan, yakni tidak menggunakan kata yang dianggap tidak diperlukan.

Tanda baca adalah simbol yang tidak ada hubungannya dengan suara, kata, atau frasa dalam suatu bahasa. Tanda baca itu sendiri berperan menunjukkan sebuah struktur tulisan, intonasi, dan jeda pada saat pembacaan. Ada beberapa jenis fungsi penggunaan tanda baca, diantaranya:

  1. Penggunaan tanda baca titik (.) yang berfungsi sebagai penanda pada akhir kalimat.
  2. Penggunaan huruf kapital yang dipakai sebagai huruf pertama pada awal kalimat serta pada nama orang atau julukan.
  3. Penggunaan tanda baca koma (,) yang berfungsi untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimatnya, memisahkan kalimat yang setara yang didahului kata yang menunjukkan perbandingan (tetapi, namun, melainkan).
  4. Penggunaan tanda baca hubung (-) yang berfungsi untuk menyambung unsur kata yang berulang.

Berikut ini adalah analisis penggunaan kalimat pada kutipan teks di atas agar menjadi kalimat efekftif sesuai dengan huruf dan tanda baca yang tepat, yaitu:

  • Kata "terlepas" diganti menjadi "Terlepas" karena di awal kalimat sehingga harus menggunakan huruf kapital.
  • Penghilangan salah satu kata berulang "kekurangan kekurangan" menjadi "kekurangan" karena merupakan pemborosan kata.
  • Setelah kata "ada" seharusnya diberi tanda baca koma menjadi "ada," karena untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimatnya.
  • Kata "herlina sanjaya" diganti menjadi "Herlina Sanjaya" karena merupakan nama orang sehingga harus menggunakan huruf kapital di awal katanya.
  • Kata "anak anak" diganti menjadi "anak-anak" karena merupakan unsur kata yang berulang sehingga harus menggunakan tanda baca hubung (-)
  • Penghilangan kata "semua", "sangat". "sekali" karena merupakan pemborosan kata.
  • Penggunaan tanda baca titik (.) setelah kata "menyenangkan" menjadi "menyenangkan." sebagai penanda akhir sebuah kalimat.


Dengan demikian, penulisan kalimat efektif sesuai dengan huruf dan tanda baca yang tepat untuk kutipan teks di atas adalah "Terlepas dari beberapa kekurangan yang ada, buku karya Herlina Sanjaya ini layak digunakan untuk mengajari anak-anak tentang konsep ilmu bahasa secara menyenangkan."space

Latihan Bab

Mengenal Resensi

Kebahasaan Resensi

Menganalisis Resensi

Membuat Resensi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Aurelya Azahra

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kebahasaan dalam kutipan resensi tersebut menggunakan pronomina atau kata ganti ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia