Roboguru

Kebahasaan dalam kutipan resensi tersebut mengguna...

Kebahasaan dalam kutipan resensi tersebut menggunakan pronomina atau kata ganti ....space 

  1. penghubungspace 

  2. tak tentuspace 

  3. penunjukspace 

  4. pemilikspace 

  5. orangspace 

Jawaban:

Pronomina adalah kata-kata yang digunakan untuk mengganti panggilan pada orang atau benda. Dalam bahasa Indonesia, pronomina atau kata ganti dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu :

  1. Kata Ganti Orang ( Pronomina Persona ). Seperti namanya, kata ganti orang/persona, yaitu kata ganti yang berfungsi untuk menggantikan nomina/panggilan seseorang. Kata ganti orang atau pronomina persona terbagi dalam 6 Jenis, yaitu : Kata ganti orang pertama Tunggal, seperti : saya, aku. Kata  ganti orang pertama Jamak, seperti : kita, kami. Kata ganti orang kedua Tunggal, seperti : engkau, kamu, anda. Kata ganti orang kedua Jamak, seperti : kalian. Kata ganti orang ketiga Tunggal, seperti : dia, beliau. Kata ganti orang ketiga Tunggal, seperti : dia, beliau.
  2. Kata Ganti Kepemilikan ( Pronomina Posesiva ). Adalah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan kepunyaan/milik/kepemilikan, seperti : ku, mu, nya, mereka.
  3. Kata Ganti Petunjuk ( Pronomina Demonstrativa ). Kata ganti petunjuk digunakan untuk menunjuk suatu benda, lokasi atau tempat, entah itu berjarak jauh maupun dekat, seperti : ini, itu, sana, sini, begini, begitu. 
  4. Kata Ganti Tanya ( Pronomina Interogativa ). Kata ganti tanya adalah satu dari sekian banyak jenis kata ganti yang berfungsi sebagai kata tanya/ penanya/peminta informasi tertentu biasanya berupa peristiwa atau kejadian, seperti : apa, bagaimana, kapan, mengapa, siapa, dimana.
  5. Kata Ganti Penghubung ( Pronomina Relativa ). Kata ganti ini digunakan dan berfungsi menjadi penghubung antara 2 kalimat, kalimat awal dan kalimat akhir, atau disebut juga induk kalimat dengan anak kalimat, seperti: yang.
  6. Kata Ganti Tidak Tentu. Kata ganti yang digunakan untuk benda ataupun orang yang tak terbatas jumlahnya/Quantity (kemungkinan tidak diketahui). Sehingga kita dapat mengartikan kata ganti tidak tentu digunakan untuk menunjukan benda, kerumunan orang yang di dalamnya terdapat jumlah yang tidak menentu atau bisa jadi sangat banyak, seperti : seseorang, para, sesuatu, masing-masing. 

Sesuai dengan penjabaran jenis-jenis pronomina di atas, maka kebahasaan dalam kutipan resensi tersebut menggunakan pronomina atau kata ganti orang. Hal ini dibuktikan dengan kalimat Saya mengikuti kilas balik itu pelan-pelan. Penggunaan kata "saya" menunjukkan bahwa kutipan resensi tersebut menggunakan pronomina persona. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. space 

1

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved