Roboguru

Tujuan penulisan tajuk tersebut adalah ...

Pertanyaan

Tujuan penulisan tajuk tersebut adalah ...space 

  1. memengaruhi responden agar mengomentari situasi Semenanjung Korea.space 

  2. menginformasikan hasil survei yang melegakan.space 

  3. menjelaskan dinamika politik Asia.space 

  4. menceritakan negara Korut yang selalu berulah.space 

  5. mengajak warga dunia untuk mencegah Perang Korea II.space 

Pembahasan Soal:

Teks editorial atau tajuk adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Penulisan tajuk memiki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Memberikan informasi mengenai suatu isu yang sedang terjadi dan berkembang di masyarakat luas.
  2. Memberikan pendapat dan pandangan penulis terhadap suatu isu yang sedang terjadi.
  3. Mengajak pembaca untuk memberikan sikap terhadap suatu isu yang sedang terjadi.

Dalam tajuk tersebut penulis memberikan informasi berupa data hasil survei Gallup Korea yang menarik sekaligus menegangkan. Hal tersebut dibuktikan oleh kalimat, Survei terakhir mengungkapkan, 58 persen responden melihat tidak mungkin Korea Utara (Korut) memicu perang, dan hanya 37 persen responden yang berpikir bahwa perang akan dipicu oleh Pyongyang. Survei tersebut memberikan hasil yang lebih baik daripada survei yang dilakukan sebelumnya. Maka, tujuan penulisan tajuk tersebut adalah menginformasikan hasil survei yang melegakan.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tujuan penulis dalam kedua teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial merupakan artikel yang ditulis oleh redaktur suatu surat kabar. Hal ini untuk mengetahui pandangan reaksi terhadao suatu peristiwa atau berita faktual yang menjadi sorotan, fenomenal, dan kontroversial yang menimbulkan pendapat. Penulisan teks editorial adalah menginformasikan, menyimpulkan, dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang dibbicarakan.

Secara umum, kedua teks tersebut membahas tentang pendidikan, meskipun secara isi teks 1 lebih cenderung membahas penulis, sedangkan teks 2 membahas definisi pendidikan. Secara tujuan, keduanya mengajak pembaca agar sadar untuk menempuh pendidikan. Hal ini terlihat dari ajakan secara tersirat untuk mengikuti pendidikan melalui kalimat  keuntungan menempuh pendidikan pada Masyarakat memiliki harapan bahwa melalui pendidikan yang ditempuh/mereka akan memiliki wawasan yang luas, keterampilan yang memadai, serta perilaku yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan kehidupan yang dijalaninya dalam teks 1.

Pada teks 2, terdapat kesimpulan dari teori-teori yang disampaikan, pendidikan adalah suatu usaha sadar dalam rangka menanamkan daya-daya kemampuan, baik yang berhubungan dengan pengalaman kognitif, afektif, maupun psikomotorik yang dimiliki oleh seorang individu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space space space 

Roboguru

Maksud penulis dalam kutipan teks editorial tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial itu adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual. Setelah membaca kutipan teks editorial tersebut dengan saksama, dapat diketahui bahwa penulis beranggapan penetrasi produk impor yang membanjiri marketplace nasional menjadi persoalan serius karena maraknya penjualan produk impor itu dinilai telah menggerus pasar UMKM domestik. Oleh karena itu, maksud penulis dalam kutipan teks editorial tersebut adalah penulis menyoroti penetrasi produk impor yang menyusahkan pelaku UMKM.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Tujuan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Tujuan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah mengharapkan bantuan yang diberikan kepada korban bencana tsunami di Selat Sunda hingga masa pemulihan ini tepat sasaran. undefined


Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Tujuan penulis pada kutipan tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Jenis teks tersebut adalah teks argumentasi (yang berisi argumen mengenai kondisi suatu masyarakat). Dalam teks tersebut, penulis biasanya memaparkan kondisi suatu hal disertai bukti-bukti pendukungnya.

Tujuan penulis membuat teks tersebut tidak lain adalah untuk memberitahukan pemerintah bahwa kebijakan pembatasan BBM belum menyentuh akar masalah. Hal ini diketahui dari argumen yang disampaikan penulis pada kalimat (4) “Jelas kebijakan itu berdampak tidak signifikan pada konsumsi premium mengingat instrumen pembatasan yang diterapkan lingkupnya terbatas". Kalimat tersebut menjelaskan bahwa kebijakan yang diambil pemerintah belum begitu berdampak karena terbatasnya lingkungan kebijakan yang diterapkan.

Selain itu, pada kalimat (5) "Jika berjalan pun, volume BBM bersubsidi yang bisa dihemat hanya sekitar 1 juta kiloliter.” Kalimat tersebut merupakan dasar bagi penulis untuk menyatakan bahwa kebijakan pembatasan BBM belum menyentuh akar masalah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

Roboguru

Pihak yang dituju oleh penulis adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial atau tajuk adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Untuk dapat mengetahui pihak yang dituju oleh penulis terlebih dahulu menganalisis posisi dari penulis. Posisi penulis adalah kedudukan penulis terhadap isu yang sedang dibahas. Apakah penulis menjadi pihak oposisi dengan menentang dan mengkritik isu atau menjadi pihak pro yang mendukung isu. Posisi penulis ini dapat diketahui dengan melihat pada solusi yang disampaikan.

Posisi penulis dalam teks di atas adalah sebagai pihak oposisi. Hal tersebut dibuktikan oleh solusi yang diberikan penulis dalam kalimat, Presiden bisa kembali ke dokumen Nawacita yang mengantarkannya menjadi presiden: "Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermatabat, dan terpercaya". Pada kalimat tersebut penulis memberikan alternatif solusi kepada pihak presiden mengenai isu yang sedang dibahas. Maka, pihak yang dituju oleh penulis adalah presiden.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved