RoboguruRoboguru
SD

Tujuan penulis berdasarkan teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks editorial berikut! 


    Sistem pembelajaran jarak jauh saat pandemi Covid-19 dikeluhkan banyak guru, siswa, dan orang tua. Keterbatasan gawai dan tidak meratanya akses internet membuat alternatif pembelajaran ini tidak maksimal. Akibatnya, siswa tidak mendapatkan
kompetensi sesuai tingkatan.

    Pemerintah menjadikan sektor pendidikan sebagai prioritas vaksinasi untuk memulihkan sistem pendidikan. Pemerintah telah memulai proses vaksinasi terhadap para tenaga pendidik. Presiden Joko Widodo menargetkan lima juta guru dan tenaga pengajar harus tuntas divaksin pada Juni 2021. Dengan demikian, proses pembelajaran tatap muka bisa dimulai Juli.

    Pro dan kontra mengiringi·wacana pembukaan kembali sekolah. Argumentasi para pendukung, vaksinasi memberikan imunitas para guru untuk meminimalisasi penularan Covid-19 kepada siswa. Dengan demikian, dengan protokol kesehatan, proses belajar mengajar bisa berlangsung aman. Protokol kesehatan yang harus diterapkan termasuk skema pembatasan jumlah siswa dalam kelas.

    Sebaliknya, sejumlah pihak lainnya meminta Pemerintah tidak terburu-buru. Pasalnya, vaksinasi tidak cukup hanya bagi tenaga pendidik. Menurut mereka, seharusnya Pemerintah lebih dahulu mengupayakan vaksin bagi anak usia sekolah. Kendalanya, vaksin CoronaVac buatan Sinovac belum direkomendasikan bagi anak di bawah 18 tahun.

    Pada akhirnya tergantung Pemerintah. Target vaksinasi harus disertai rancang sistem pembelajaran yang mantap. Rancang sistem pembelajaran tatap muka perlu mengadaptasi protokol kesehatan. Kalau perlu, atur jam sekolah dalam sistem sif sehingga tidak terjadi kerumunan. Bahkan, bila perlu, untuk tahap awal sekolah tidak menerapkan jam pelajaran secara penuh. Selain itu, target agenda pembelajaran tatap muka ini juga mesti mendapat dukungan para orang tua dan seluruh pemerintah daerah. Dengan demikian, kegiatan belajar tatap muka dapat dilakukan dengan lancar.

Sumber: https://web.archive. org/ web/2021 02260 13808/https://mediaindonesia.com/editorials/detail_editorials/2260-vaksinasidemi-mutu-pendidikan, diakses 1 Maret 2021space 

Tujuan penulis berdasarkan teks tersebut adalah ....space 

  1. Mendukung upaya Pemerintah dalam mempercepat pembelajaran tatap muka pada pertengahan tahun 2021.space 

  2. Mengampanyekan vaksinasi Sinovac untuk mempercepat pembelajaran langsung selama pandemi Covid-19.space 

  3. Mengajak pembaca untuk mengupayakan pembelajaran tatap muka dalam sistem pembelajaran saat pandemi Covid-19.space 

  4. Memberi tahu pembaca pro kontra vaksinasi terhadap para pengajar sebagai upaya penerapan pembelajaran langsung.space 

  5. Menerangkan kebijakan Pemerintah tentang vaksinasi Sinovac yang dilakukan secara bertahap kepada tenaga pengajar.space 

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Pembahasan

Secara umum, tujuan teks editorial adalah untuk mengajak pembaca agar turut berpikir terkait isu aktual yang tengah hangat diperbincangkan atau di kehidupan sekitar.

Pada kasus di atas, tujuan penulis berdasarkan teks editorial tersebut adalah Memberi tahu pembaca pro kontra vaksinasi terhadap para pengajar sebagai upaya penerapan pembelajaran langsung sehingga pembaca dapat turut berpikir mengenai isu tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

1rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Apakah tujuan ditulisnya teks tersebut? Apakah sekadar ingin menjelaskan pandangannya mengenai persoalan yang diangkatnya, memengaruhi pembaca agar menyetujui pendapatnya, atau hanya ingin menghibur p...

4rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia