Roboguru
SD

Tujuan penulis dalam kedua teks tersebut adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20.

Teks 1

    (1) Aspirasi masyarakat terhadap hidup sehat dan pekerjaan memengaruhi peningkatan aspirasi masyarakat tentang pendidikan. (2) Masyarakat menganggap pendidikan dapat memberi jaminan bagi peningkatan taraf hidup dan taraf sosial. (3) Kenyataannya dapat dilihat dari gejala yang timbul, yakni meningkatnya pelamar pada sekolah-sekolah dan munculnya beraneka ragam pendidikan nonformal, di samping pendidikan formal yang semakin banyak. (4) Munculnya beragam pendidikan formal dan nonformal tersebut merupakan suatu fenomena yang menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kesadaran untuk mengembangkan potensi dirinya sesuai tuntutan kehidupan yang dihadapinya. (5) Masyarakat memiliki harapan bahwa melalui pendidikan yang ditempuh/mereka akan memiliki wawasan yang luas, keterampilan yang memadai, serta perilaku yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan kehidupan yang dijalaninya.


Teks 2

    (1) Dalam beberapa buku referensi, ditemukan beragam definisi tentang pendidikan. (2) Secara umum, ada pendapat yang menjelaskan bahwa pendidikan ialah suatu hasil peradaban sebuah bangsa yang dikembangkan atas dasar Suatu pandangan hidup bangsa itu sendiri. (3) Dalam hal, ini pendidikan sebagai suatu pengalaman memberikan pengertian, pandangan, dan penyesuaian bagi seseorang yang menyebabkan mereka berkembang. (4) Secara lebih khusus, pendidikan didefinisikan sebagai suatu proses cpertumbuhan yang di dalamnya seorang individu dibantu mengembangkan daya kemampuan, bakat, kecakapan, dan minatnya. (5) Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah suatu usaha sadar dalam rangka menanamkan daya-daya kemampuan, baik yang berhubungan dengan pengalaman kognitif, afektif, maupun psikomotorik yang dimiliki oleh seorang individu.space space space 

Tujuan penulis dalam kedua teks tersebut adalah ...space space space 

  1. Mengajak pembaca untuk sadar menempuh pendidikan.space space space 

  2. Mengarahkan pembaca agar bersikap positif dalam pendidikan.space space space 

  3. Menginformasikan eksistensi pendidikan kepada pembaca.space space space 

  4. Menjelaskan proses pelaksanaan pendidikan.space space space 

  5. Memaparkan persepsi masyarakat terhadap pendidikan.space space space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space space space 

Pembahasan

Teks editorial merupakan artikel yang ditulis oleh redaktur suatu surat kabar. Hal ini untuk mengetahui pandangan reaksi terhadao suatu peristiwa atau berita faktual yang menjadi sorotan, fenomenal, dan kontroversial yang menimbulkan pendapat. Penulisan teks editorial adalah menginformasikan, menyimpulkan, dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang dibbicarakan.

Secara umum, kedua teks tersebut membahas tentang pendidikan, meskipun secara isi teks 1 lebih cenderung membahas penulis, sedangkan teks 2 membahas definisi pendidikan. Secara tujuan, keduanya mengajak pembaca agar sadar untuk menempuh pendidikan. Hal ini terlihat dari ajakan secara tersirat untuk mengikuti pendidikan melalui kalimat  keuntungan menempuh pendidikan pada Masyarakat memiliki harapan bahwa melalui pendidikan yang ditempuh/mereka akan memiliki wawasan yang luas, keterampilan yang memadai, serta perilaku yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan kehidupan yang dijalaninya dalam teks 1.

Pada teks 2, terdapat kesimpulan dari teori-teori yang disampaikan, pendidikan adalah suatu usaha sadar dalam rangka menanamkan daya-daya kemampuan, baik yang berhubungan dengan pengalaman kognitif, afektif, maupun psikomotorik yang dimiliki oleh seorang individu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space space space 

2rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tujuan penulisan tajuk tersebut adalah ...

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia