Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tujuan pelaksanaan Politik Etis yang sebenarnya adalah untuk kepentingan ....

Tujuan pelaksanaan Politik Etis yang sebenarnya adalah untuk kepentingan ....

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

politik etis yang awalnya untuk membalas jasa bangsa Indonesia pada akhirnya berujung pada keinginan pihak Belanda untuk menguasai alam Nusantara dan mendapatkan tenaga kerja terdidik yang bisa dibayar murah.

politik etis yang awalnya untuk membalas jasa bangsa Indonesia pada akhirnya berujung pada keinginan pihak Belanda untuk menguasai alam Nusantara dan mendapatkan tenaga kerja terdidik yang bisa dibayar murah.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Politik etis atau politik balas budi adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial Belanda memegang hutang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan rakyat Nusantara.Politik Etis adalah kebijakan yang dibuat berdasarkan masukan dari golongan liberal di Belanda. Akhirnya Belanda membuat tiga kebijakan atau dikenal sebagai trias van deventer, yakni Edukasi, Irigasi dan Imigrasi. Edukasi nantinya Belanda membangun sekolah untuk pribumi, di bidang Irigasi nantinya Belanda membuat sistem pengairan sawah dan di bidang Imigrasi nantinya Belanda mendorong transmigrasi untuk pemerataan penduduk. Kebijakan Belanda tersebut ternyata hanyalah untuk kepentingan Belanda semata, yang pada waktu itu membutuhkan tenaga kerja terdidik yang bisa dibayar murah, dan juga untuk mengeruk sumber daya alam Indonesia lebih maksimal lagi. Jadi, politik etis yang awalnya untuk membalas jasa bangsa Indonesia pada akhirnya berujung pada keinginan pihak Belanda untuk menguasai alam Nusantara dan mendapatkan tenaga kerja terdidik yang bisa dibayar murah.

Politik etis atau politik balas budi adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial Belanda memegang hutang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan rakyat Nusantara. Politik Etis adalah kebijakan yang dibuat berdasarkan masukan dari golongan liberal di Belanda. Akhirnya Belanda membuat tiga kebijakan atau dikenal sebagai trias van deventer, yakni Edukasi, Irigasi dan Imigrasi. Edukasi nantinya Belanda membangun sekolah untuk pribumi, di bidang Irigasi nantinya Belanda membuat sistem pengairan sawah dan di bidang Imigrasi nantinya Belanda mendorong transmigrasi untuk pemerataan penduduk. Kebijakan Belanda tersebut ternyata hanyalah untuk kepentingan Belanda semata, yang pada waktu itu membutuhkan tenaga kerja terdidik yang bisa dibayar murah, dan juga untuk mengeruk sumber daya alam Indonesia lebih maksimal lagi.

Jadi, politik etis yang awalnya untuk membalas jasa bangsa Indonesia pada akhirnya berujung pada keinginan pihak Belanda untuk menguasai alam Nusantara dan mendapatkan tenaga kerja terdidik yang bisa dibayar murah.

Konsep Kilat

Perebutan Hegemoni Bangsa Barat

Perkembangan Kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pendidikan pada masa kolonial Belanda semuia bertujuan memperoleh pegawai pemerintah kolonial dari kalangan masyarakat bumiputra. Tujuan tersebut diimplementasikan pemerintah kolonial Belanda dengan m...

1rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia