Pertanyaan

Baca cerita fantasi berikut ini dengan saksama!


Hidup Kedua

    Pada suatu hari, ada seorang anak yang sedang bermain di pohon beringin. Sedang asyik bermain, tiba-tiba ada seorang nenek-nenek memanggil dirinya dari belakang.

    "Nada, Nada ... tolong bantu saya!" spontan saja dia langsung menoleh ke arah belakang.

    "Nenek, Nenek meminta tolong?" tanya Nada.

    "Iyah, boleh Nenek meminta bantuanmu?" kata nenek misterius itu.

    "Boleh, bantuan apa Nek?"

    "Tolong bantu Nenek untuk mencari cucu Nenek yang hilang!"

    "Ya sudah, saya bantu mencari cucu Nenek, memangnya cucu Nenek ke mana?"

    "Jangan banyak bertanya, ayo bantu Nenek," kata nenek itu.

    Sedang berada di hutan, Nada terus mengikuti nenek untuk mencari cucunya, tiba-tiba timbul rasa ingin tahu.

    "Nenek, dari mana Nenek tahu nama saya?" tanya Nada. Nenek itu tidak menjawab pertanyaan Nada, ia terus berjalan sampai di sisi jurang. "Nenek, kenapa tidak menjawab pertanyaan saya? Dan kenapa Nenek terus saja berjalan?" sambung Nada. Nenek itu tetap tidak menjawab pertanyaan Nada. Akhirnya, lama kelamaan nenek itu menghilang secara misterius. Nada langsung sadar kalau dia sudah berjalan jauh dari rumah Nada. Nada sangat ketakutan, karena hari sudah menjelang malam. Nada ingin pulang, tetapi dia tidak tahu jalan untuk pulang ke rumahnya. Akhirnya ia bermalam di hutan itu.

    Hari menjelang pagi, Nada terbangun dari tidurnya. Baru membuka mata tanpa disadari dia berada di halaman luas dan sangat indah. "Aku berada di mana ?" tanya Nada. Tiba-tiba nenek misterius itu menjawab pertanyaannya dari arah belakang. "Kamu ada di surga Nada!" jawab nenek itu.

    "Nenek! mengapa aku berada di sini?" tanya Nada kepada nenek itu.

    "Karena kamu sudah mati! Kamu tidak menyadari saat berjalan di jurang, kamu terjatuh di jurang itu, dan yang dimaksudkan cucu Nenek itu adalah kamu Nada!"

    "Apa! Jadi aku sudah mati?"

    "Benar, Nada! Kamu akan selamanya di sini."

(Sumber: Cerpen karangan Selistia Naila yang diunggah di http://cerpenmu.com/cerpen-fantasi-fiksi/hidup-kedua-2.html)space 

Tokoh-tokoh siapa sajakah yang menurutmu berwatak baik? Sebutkan dan berikan buktinya!

Tokoh-tokoh siapa sajakah yang menurutmu berwatak baik? Sebutkan dan berikan buktinya!space 

R. Almira

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertamina

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Salah satu unsur intrinsik pada cerita fantasi adalah tokoh dan penokohan. Tokoh adalah orang yang bermain di dalam cerita, sedangkan penokohan adalah watak atau karakter dari setiap tokoh dalam cerita. Cara menentukan karakter tokoh sebagai berikut: Cara analitik: pengarang menyebutkan secara langsung watak tokoh dalam cerita. Cara dramatik: pengarang menyuratkan watak tokoh melalui dialog, perilaku, penampilan, lingkungan, fisik, atau jalan pikiran tokoh. Berdasarkan kutipan: "Iyah, boleh Nenek meminta bantuanmu?" kata nenek misterius itu. "Boleh, bantuan apa Nek?" "Tolong bantu Nenek untuk mencari cucu Nenek yang hilang!" "Ya sudah, saya bantu mencari cucu Nenek, memangnya cucu Nenek ke mana?" Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan, tokohyang berwatak baikadalah Nada, karena ia mau membantu Nenek mencari cucunya yang hilang. Dengan demikian, jawaban dari pertanyaan tersebut adalahtokoh Nada berwatak baik, karena mau menolong Nenek yang meminta pertolongan untuk mencari cucunya.

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Salah satu unsur intrinsik pada cerita fantasi adalah tokoh dan penokohan. Tokoh adalah orang yang bermain di dalam cerita, sedangkan penokohan adalah watak atau karakter dari setiap tokoh dalam cerita. Cara menentukan karakter tokoh sebagai berikut:

  1. Cara analitik: pengarang menyebutkan secara langsung watak tokoh dalam cerita.
  2. Cara dramatik: pengarang menyuratkan watak tokoh melalui dialog, perilaku, penampilan, lingkungan, fisik, atau jalan pikiran tokoh.


Berdasarkan kutipan:

"Iyah, boleh Nenek meminta bantuanmu?" kata nenek misterius itu.

"Boleh, bantuan apa Nek?"

"Tolong bantu Nenek untuk mencari cucu Nenek yang hilang!"

"Ya sudah, saya bantu mencari cucu Nenek, memangnya cucu Nenek ke mana?"

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan, tokoh yang berwatak baik adalah Nada, karena ia mau membantu Nenek mencari cucunya yang hilang.

Dengan demikian, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tokoh Nada berwatak baik, karena mau menolong Nenek yang meminta pertolongan untuk mencari cucunya.space  

 

22

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Watak tokoh pada kutipan cerita di atas adalah ....

477

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia