Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ternyata hotel itu tidak ambruk. Tidak ada orang terluka. Tidak juga ada laporan kerusakan berarti, pengalaman itu saya ceritakan kepada … yang bersama artis mengunjungi saya esoknya di hotel Mulia tersebut. Mereka curiga, jangan-jangan ada bagian bangunan yang … di balik karpet yang indah di hotel Mulia karena tampak beberapa petugas yang … di sekitar kami. Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

            Ternyata hotel itu tidak ambruk. Tidak ada orang terluka. Tidak juga ada laporan kerusakan berarti, pengalaman itu saya ceritakan kepada … yang bersama artis mengunjungi saya esoknya di hotel Mulia tersebut. Mereka curiga, jangan-jangan ada bagian bangunan yang … di balik karpet yang indah di hotel Mulia karena tampak beberapa petugas yang … di sekitar kami.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

  1. teman-teman, pecah-pecah, simpang-siur

  2. teman-teman, hancur-hancuran, hilir-mudik

  3. teman-teman, retak-retak, mondar-mandir

  4. teman-teman, hancur-hancur, mondar-mandir

  5. teman-teman, berhambur-hamburan, hilir-mudik

Iklan

N. Faizah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Kata ulang adalah kata yang terjadi karena proses reduplikasi atau pengulangan kata. Kata ulang yang tepat dalam kotenks kalimat tersebut adalah teman-teman, retak-retak, dan mondar-mandir. Kata teman-teman merupakan jenis kata ulang utuh (dwilingga), yakni yang mengalami proses reduplikasi pada kata dasarnya secara utuh. Demikian pula halnya dengan kata retak-retak, yang mengalami proses pengulangan utuh pada kata dasarnya. Kata mondar-mandir merpakan jenis kata ulang dwilingga salin suara. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Kata ulang adalah kata yang terjadi karena proses reduplikasi atau pengulangan kata.  Kata ulang yang tepat dalam kotenks kalimat tersebut adalah teman-teman, retak-retak, dan mondar-mandir. Kata teman-teman merupakan jenis kata ulang utuh (dwilingga), yakni yang mengalami proses reduplikasi pada kata dasarnya secara utuh. Demikian pula halnya dengan kata retak-retak, yang mengalami proses pengulangan utuh pada kata dasarnya. Kata mondar-mandir merpakan jenis kata ulang dwilingga salin suara. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

24

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seperti namanya, Melati tumbuh menjadi gadis yang menawan. Kulitnya yang putih bersih serta wajahnya yang manis selalu menarik perhatian orang yang berada di sekitarnya. Sikap yang ramah membuat ia se...

18

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia