Roboguru

Sebutkan perbedaan kedua penggalan cerpen tersebut dari sisi penggunaan sudut pandang, gaya bahasa, dan jenis kalimat! Jawaban ditulis berupa tabel!

Sebutkan perbedaan kedua penggalan cerpen tersebut dari sisi penggunaan sudut pandang, gaya bahasa, dan jenis kalimat! Jawaban ditulis berupa tabel!space  

Jawaban:

Berikut ini unsur-unsur yang ada di dalam cerpen, diantaranya:

a. Sudut pandang adalah cara pengarang menempatkan dirinya dan hadir sebagai pelaku atau tokoh dalam cerita. Sudut pandang dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Sudut pandang orang pertama tunggal menggunakan kata ganti "aku", dan sudut pandang orang pertama jamak menggunakan kata ganti "kami".
  • Sudut pandang orang kedua menggunakan kata ganti "kamu” atau “kau” atau “anda”.
  • Sudut pandang orang ketiga tunggal menggunakan kata ganti "dia", dan sudut pandang orang ketiga jamak menggunakan kata ganti "mereka".
  • Sudut pandang orang campuran menggunakan kata ganti “aku”, “kamu”, “kami”, “mereka”, dan atau “dia”.

b. Gaya bahasa adalah cara yang digunakan oleh pengarang dalam mengungkapkan pemikiran atau idenya melalui bahasa yang bergaya khas di dalam suatu karya tulis. Ada beberapa gaya bahasa yang yang sering digunakan di dalam cerpen, diantaranya:

  • Gaya bahasa personifikasi, yaitu gaya bahasa yang mengumpamakan benda mati sebagai benda yang hidup.
  • Gaya bahasa hiperbola, yaitu gaya bahasa yang mengandung suatu pernyataan yang berlebihan, dengan membesar-besarkan sesuatu hal yang diungkapkan secara berlebihan.

c. Jenis-jenis kalimat yang sering digunakan di dalam cerpen diantaranya:

  • Kalimat narasi adalah karangan ataupun cerita yang menyajikan suatu peristiwa atau kejadian serta bagaimana peristiwa itu berlangsung berdasarkan urutan waktu.
  • Kalimat dialog adalah kalimat yang berisikan tentang percakapan antara dua orang atau lebih baik secara lisan ataupun tertulis.


Dengan demikian, berdasarkan penjelasan di atas maka perbedaan kedua penggalan cerpen tersebut dari sisi penggunaan sudut pandang, gaya bahasa, dan jenis kalimat adalah sebagai berikut:undefined

1

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved