Roboguru

Majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut adalah ....

Pertanyaan

Majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut adalah ....space

Pembahasan Soal:

Majas merupakan salah satu unsur instrinsik pembangun cerpen. Majas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain. Majas itu sendiri terdiri dari bebereapa jenis, diantaranya yaitu:

  • Majas simile, yaitu majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap mengandung segi yang serupa, dinyatakan secara eksplisit dengan kata "seperti", "bagai", dan "laksana".
  • Majas metafora, yaitu majas yang memakai analogi atau perumpamaan terhadap dua hal yang berbeda.
  • Majas personifikasi, yaitu majas yang menyatakan benda mati sebagai sesuatu yang seolah-olah hidup layaknya manusia.
  • Majas hiperbola. Masing-masing majas tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing. Majas hiperbola, misalnya, dikenal karena menyampaikan sesuatu dengan berlebihan.

Berikut ini adalah analisis majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut, yaitu

  1. Pada awal kalimat kutipan cerpen di atas yang berbunyi "Seperti oase, karena hanya desa itulah yang rimbun dengan berbagai tanaman tahunan, terutama buah-buahan seperti mangga, jambu, nangka, belimbing, dan paling banyak tumbuh pohon melinjo yang menjadi bahan baku kerajinan emping melinjo di daerah itu." menggunakan kata "seperti" yang bermakna membandingkan sesuatu hal.
  2. Kata "seperti" pada hasil analisis pertama jika dikaitkan dengan jenis-jenis majas di atas merupakan salah satu contoh kata yang digunakan oleh majas simile.


Dengan demikian, majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut adalah majas simile.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Alya seorang yang ... Ia sering membantu ibunya berdagang kelontong di ... tak jauh dari rumahnya. Ia membantu berjualan sambil belajar atau mengerjakan tugas-tugas sekolah. Pagi sebelum berangkat ke ...

Pembahasan Soal:

Ungkapan merupakan gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya. Idiom atau disebut juga dengan ungkapan adalah gabungan kata yang membentuk arti baru yang tidak berhubungan dengan kata pembentuk dasarnya.

Ungkapan yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang tersebut adalah (A) ringan tangan, kaki lima, muka masam. Berikut penjelasannya secara lebih terperinci.

  • - Alya seorang yang ringan tangan (ringan tangan bermakna ‘senang membantu).
  • - Ia sering membantu ibunya berdagang kelontong di kaki lima (kaki lima bermakna ‘pedagang yang ada di jalan’).
  • - Ia tak pernah menampakkan muka masam (muka masam artinya ‘cemberut’). 

0

Roboguru

Ternyata hotel itu tidak ambruk. Tidak ada orang terluka. Tidak juga ada laporan kerusakan berarti, pengalaman itu saya ceritakan kepada … yang bersama artis mengunjungi saya esoknya di hotel Mulia te...

Pembahasan Soal:

Kata ulang adalah kata yang terjadi karena proses reduplikasi atau pengulangan kata.  Kata ulang yang tepat dalam kotenks kalimat tersebut adalah teman-teman, retak-retak, dan mondar-mandir. Kata teman-teman merupakan jenis kata ulang utuh (dwilingga), yakni yang mengalami proses reduplikasi pada kata dasarnya secara utuh. Demikian pula halnya dengan kata retak-retak, yang mengalami proses pengulangan utuh pada kata dasarnya. Kata mondar-mandir merpakan jenis kata ulang dwilingga salin suara. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Kata yang tidak digunakan dalam majas simile ditandai nomor ....

Pembahasan Soal:

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang terdapat dalam cerita dan memengaruhi isi cerita. Salah satu unsur intrinsik cerpen adalah majas atau gaya bahasa, yaitu bahasa berkias yang dapat menghidupkan atau meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu.

Salah satu jenis majas perbandingan adalah majas simile, yaitu pengungkapan dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata seperti, layaknya, bagaikan, umpama, ibarat, bak, dan bagai.

Kata yang tidak digunakan dalam majas simile ditandai nomor (3).


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space  

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan pengertian peribahasa adalah ....

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah karya sastra fiksi yang menceritakan suatu peristiwa cenderung singkat dan padat serta memiliki kesan tertentu dan memungkinkan pembaca untuk menyelesaikan bacaannya dalam sekali duduk.

Salah satu unsur kebahasaan cerita pendek adalah peribahasa, yaitu kalimat atau kelompok kata yang tetap susunannya dan maknanya mengungkapkan maksud tertentu.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space  

0

Roboguru

Usahanya siang malam belajar dan membuat percobaan mengenai alat sederhana untuk dapat mengelola limbah, akhirnya berhasil. .... Usamah tidak sia-sia. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf te...

Pembahasan Soal:

Kerja keras dapat tercermin melalui usaha Usamah yang siang malam belajar dan membuat percobaan mengenai alat sederhana untuk dapat mengelola limbah. Jadi, jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved