Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati kutipan cerpen berikut!


Seperti oase, karena hanya desa itulah yang rimbun dengan berbagai tanaman tahunan, terutama buah-buahan seperti mangga, jambu, nangka, belimbing, dan paling banyak tumbuh pohon melinjo yang menjadi bahan baku kerajinan emping melinjo di daerah itu.space

Majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut adalah ....

Majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut adalah ....space

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut adalah majas simile.

majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut adalah majas simile.space

Iklan

Pembahasan

Majas merupakan salah satu unsur instrinsik pembangun cerpen. Majas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain. Majas itu sendiri terdiri dari bebereapa jenis, diantaranya yaitu: Majas simile, yaitu majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap mengandung segi yang serupa, dinyatakan secara eksplisit dengan kata " seperti ", "bagai", dan "laksana". Majas metafora, yaitu majas yang memakai analogi atau perumpamaan terhadap dua hal yang berbeda. Majas personifikasi, yaitu majas yang menyatakan benda mati sebagai sesuatu yang seolah-olah hidup layaknya manusia. Majas hiperbola. Masing-masing majas tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing. Majas hiperbola, misalnya, dikenal karena menyampaikan sesuatu dengan berlebihan. Berikut ini adalah analisis majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut, yaitu Pada awal kalimat kutipan cerpen di atas yang berbunyi "Seperti oase, karena hanya desa itulah yang rimbun dengan berbagai tanaman tahunan, terutama buah-buahan seperti mangga, jambu, nangka, belimbing, dan paling banyak tumbuh pohon melinjo yang menjadi bahan baku kerajinan emping melinjo di daerah itu." menggunakan kata "seperti" yang bermakna membandingkan sesuatu hal. Kata "seperti" pada hasil analisis pertama jika dikaitkan dengan jenis-jenis majas di atas merupakan salah satu contoh kata yang digunakan oleh majas simile. Dengan demikian, majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut adalah majas simile.

Majas merupakan salah satu unsur instrinsik pembangun cerpen. Majas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain. Majas itu sendiri terdiri dari bebereapa jenis, diantaranya yaitu:

  • Majas simile, yaitu majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap mengandung segi yang serupa, dinyatakan secara eksplisit dengan kata "seperti", "bagai", dan "laksana".
  • Majas metafora, yaitu majas yang memakai analogi atau perumpamaan terhadap dua hal yang berbeda.
  • Majas personifikasi, yaitu majas yang menyatakan benda mati sebagai sesuatu yang seolah-olah hidup layaknya manusia.
  • Majas hiperbola. Masing-masing majas tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing. Majas hiperbola, misalnya, dikenal karena menyampaikan sesuatu dengan berlebihan.

Berikut ini adalah analisis majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut, yaitu

  1. Pada awal kalimat kutipan cerpen di atas yang berbunyi "Seperti oase, karena hanya desa itulah yang rimbun dengan berbagai tanaman tahunan, terutama buah-buahan seperti mangga, jambu, nangka, belimbing, dan paling banyak tumbuh pohon melinjo yang menjadi bahan baku kerajinan emping melinjo di daerah itu." menggunakan kata "seperti" yang bermakna membandingkan sesuatu hal.
  2. Kata "seperti" pada hasil analisis pertama jika dikaitkan dengan jenis-jenis majas di atas merupakan salah satu contoh kata yang digunakan oleh majas simile.


Dengan demikian, majas yang terdapat pada awal kalimat kutipan cerpen tersebut adalah majas simile.space

Latihan Bab

Mengenal Cerpen

Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Kebahasaan Cerpen

221

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada kutipan cerpen tersebut terdapat frasa duri di dalam daging yang bermakna sama dengan peribahasa bagai duri di dalam daging . Maknanya adalah ....

243

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia