Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pak Dudung seorang buruh harian dengan upah Rp 30.000,00 per hari. Dia dikaruniai 3 orang anak yang masih sekolah. Istrinya sakit – sakitan. Anaknya tidak mengerti keadaan orang tuanya. Mereka meminta HP yang canggih. Pak Dudung terpaksa meminjam uang ke rentenir. Uang gajinya tidak cukup untuk menghidupi keluarganya. Terpaksa ia gali lubang tutup lubang. Peribahasa yang sesuai isi teks tersebut adalah ….

        Pak Dudung seorang buruh harian dengan upah Rp 30.000,00 per hari. Dia dikaruniai 3 orang anak yang masih sekolah. Istrinya sakit – sakitan. Anaknya tidak mengerti keadaan orang tuanya. Mereka meminta HP yang canggih. Pak Dudung terpaksa meminjam uang ke rentenir. Uang gajinya tidak cukup untuk menghidupi keluarganya. Terpaksa ia gali lubang tutup lubang.

Peribahasa yang sesuai isi teks tersebut adalah ….

  1. Pucuk dicinta ulam tiba.

  2. Karna nila setitik rusak susu sebelangga.

  3. Air susu dibalas dengan air tuba.

  4. Besar pasak daripada tiang.

     

  5. Tak putus dirundung malang.

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Peribahasa merupakan ungkapan yang menggambarkan sikap dan perilaku manusia yang digambarkan melalui situasi yang berkaitan dengan alam sekitar, baik benda, hewan, maupun tumbuhan. Tujuannya adalah untuk memberikan pengajaran atau teguran secara halus dan sopan. Peribahasa yang sesuai untuk teks tersebut adalah Besar pasak daripada tiang , yang bermakna ‘lebih besar pengeluaran daripada pemasukan’.Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Peribahasa merupakan ungkapan yang menggambarkan sikap dan perilaku manusia yang digambarkan melalui situasi yang berkaitan dengan alam sekitar, baik benda, hewan, maupun tumbuhan. Tujuannya adalah untuk memberikan pengajaran atau teguran secara halus dan sopan. Peribahasa yang sesuai untuk teks tersebut adalah Besar pasak daripada tiang, yang bermakna ‘lebih besar pengeluaran daripada pemasukan’. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

350

Mizumi shoko

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seperti namanya, Melati tumbuh menjadi gadis yang menawan. Kulitnya yang putih bersih serta wajahnya yang manis selalu menarik perhatian orang yang berada di sekitarnya. Sikap yang ramah membuat ia se...

43

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia