Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tentukan apakah reaksi di bawah ini termasuk reaksi redoks atau bukan redoks? Jika termasuk reaksi redoks tentukan pula zat yang bertindak sebagai oksidator, zat yang bertindak sebagai reduktor, zat yang merupakan hasil reduksi, dan zat yang merupakan hasil oksidasi! PbO + H 2 ​ SO 4 ​ → PbSO 2 ​ + H 2 ​ O

Tentukan apakah reaksi di bawah ini termasuk reaksi redoks atau bukan redoks? Jika termasuk reaksi redoks tentukan pula zat yang bertindak sebagai oksidator, zat yang bertindak sebagai reduktor, zat yang merupakan hasil reduksi, dan zat yang merupakan hasil oksidasi!

 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

reaksi tersebut adalah non redoks.

reaksi tersebut adalah non redoks.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Reaksi oksidasi terjadi kenaikan biloks dan disebut sebagai reduktor. Reaksi reduksi terjadi penurunan biloks dan disebut sebagai oksidator. Bilangan oksidasi atau biloks adalah jumlah ion positif atau negatif dari suatu atom. Aturan bilangan oksidasi elektron valensi 1 artinya melepaskan 1 e sehingga nilai bilangan oksidasinya+1. (jika bereaksi dengan non logam, contohnya HF) tetapi juga bisa membentuk biloks-1 jika bereaksi dengan logam. contohnya NaH elektron valensi 6 artinya menerima 2 e sehingga nilai bilangan oksidasinya -2. (jika bereaksi dengan non peroksida, contohnya MgO) tetapi juga bisa membentuk biloks-1 jika bereaksi dengan peroksida. contohnya . elektron valensi 6 artinya menerima 2 e sehingga nilai bilangan oksidasinya -2 atau bisa membentuk bilangan oksidasinya +6. Sekarang, buktikan reaksi redoks atau non redoks Tidak terjadi perubahan bilangan oksidasi Dengan demikian, reaksi tersebut adalah non redoks.

Reaksi oksidasi terjadi kenaikan biloks dan disebut sebagai reduktor. Reaksi reduksi terjadi penurunan biloks dan disebut sebagai oksidator. 

Bilangan oksidasi atau biloks adalah jumlah ion positif atau negatif dari suatu atom.

Aturan bilangan oksidasi 

 H presubscript 1 space equals space 1 

elektron valensi 1 artinya melepaskan 1 e sehingga nilai bilangan oksidasinya +1. (jika bereaksi dengan non logam, contohnya HF) tetapi juga bisa membentuk biloks -1 jika bereaksi dengan logam. contohnya NaH 

O presubscript 8 space equals space 2 comma 6 

elektron valensi 6 artinya menerima 2 e sehingga nilai bilangan oksidasinya -2. (jika bereaksi dengan non peroksida, contohnya MgO) tetapi juga bisa membentuk biloks -1 jika bereaksi dengan peroksida. contohnya H subscript 2 O subscript 2

S presubscript 16 space equals space 2 comma 8 comma 6

elektron valensi 6 artinya menerima 2 e sehingga nilai bilangan oksidasinya -2 atau bisa membentuk bilangan oksidasinya +6.

Sekarang, buktikan reaksi redoks atau non redoks

Tidak terjadi perubahan bilangan oksidasi

Dengan demikian, reaksi tersebut adalah non redoks.

159

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan reaksi oksidasi dan reaksi reduksi, hasil oksidasi dan reduksinya, serta oksidator dan reduktornya dari reaksi berikut! 3 NO 2 ​ ( g ) + H 2 ​ O ( g ) → 2 HNO 3 ​ ( a q ) + NO ( g )

35

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia