Pertanyaan

Temukan isi dari ketiga UU yang dikeluarkan pemerintah kolonial Belanda untuk memperbaharui penanganan tanah jajahan!

Temukan isi dari ketiga UU yang dikeluarkan pemerintah kolonial Belanda untuk memperbaharui penanganan tanah jajahan!

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Berlakunya sistem politik ekonomi liberal menjadikan pihak swasta bisa ikut berpartisipasi. Dalam pengembangkan perekonomian di tanah Hindia Belanda. Untuk mengendalikan sistem perekonomian itu, Belanda mengeluarkan beberapa ketentuan dan peraturan perundang-undangan. Berikut ini adalah beberapa ketentuannya: Tahun 1864 dikeluarkan sebuah undang-undang tentang Perbendaharaan Negara atau Comptabiliet Wet . Menurut undang-undang ini setiap anggaran belanja Hindia Belanda harus diketahui dan disahkan oleh Parlemen Belanda. Undang-undang Gula atau Suiker Wet . Undang-undang ini mengatur tentang sistem monopoli tanaman tebu dari pemerintah yang dilakukan secara bertahap dan diberikan kepada pihak swasta. Undang-undang Agraria atau Agrarische Wet yang dikeluarkan di tahun 1870. Undang-Undang ini mengatur tentang prinsip-prinsip politik yang ada di tanah jajahan. Dengan demikan,isi dari ketiga UU yang dikeluarkan pemerintah kolonial Belanda untuk memperbaharui penanganan tanah jajahan adalah Undang-undang Agraria, Undang-undang Gula dan Undang-undangtentang Perbendaharaan Negara atau Comptabiliet Wet .

Berlakunya sistem politik ekonomi liberal menjadikan pihak swasta bisa ikut berpartisipasi. Dalam pengembangkan perekonomian di tanah Hindia Belanda. Untuk mengendalikan sistem perekonomian itu, Belanda mengeluarkan beberapa ketentuan dan peraturan perundang-undangan. Berikut ini adalah beberapa ketentuannya:

  1. Tahun 1864 dikeluarkan sebuah undang-undang tentang Perbendaharaan Negara atau Comptabiliet Wet. Menurut undang-undang ini setiap anggaran belanja Hindia Belanda harus diketahui dan disahkan oleh Parlemen Belanda.
  2. Undang-undang Gula atau Suiker Wet. Undang-undang ini mengatur tentang sistem monopoli tanaman tebu dari pemerintah yang dilakukan secara bertahap dan diberikan kepada pihak swasta.
  3. Undang-undang Agraria atau Agrarische Wet yang dikeluarkan di tahun 1870. Undang-Undang ini mengatur tentang prinsip-prinsip politik yang ada di tanah jajahan. undefined

Dengan demikan, isi dari ketiga UU yang dikeluarkan pemerintah kolonial Belanda untuk memperbaharui penanganan tanah jajahan adalah Undang-undang Agraria, Undang-undang Gula dan Undang-undang tentang Perbendaharaan Negara atau Comptabiliet Wet. undefined

334

Arsy Nurrahmi

Makasih ❤️

Iklan

Pertanyaan serupa

Penghapusan tanam paksa di Hindia-Belanda pada 1860-an hingga 1870 ditandai dengan...

2rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia