Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tembaga (II) sulfat pentahidrat ( CuSO 4 ​ .5 H 2 ​ O ) dipanaskan pada cawan penguap menurut persamaan reaksi berikut. CuSO 4 ​ .5 H 2 ​ O ( s ) ⇌ CuSO 4 ​ ( s ) + 5 H 2 ​ O ( g ) △ H = + 1.508 kJ mol − 1 Bagaimanakah pengaruh terhadap sistem kesetimbangan apabila ke dalam campuran ditambahkan air? Bandingkan perubahan warna yang terjadi dengan sebelum tembaga (II) sulfat dipanaskan!

Tembaga (II) sulfat pentahidrat  dipanaskan pada cawan penguap menurut persamaan reaksi berikut.
 

 
 

Bagaimanakah pengaruh terhadap sistem kesetimbangan apabila ke dalam campuran ditambahkan air? Bandingkan perubahan warna yang terjadi dengan sebelum tembaga (II) sulfat dipanaskan! 

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pada kesetimbangan heterogen perubahan konsentrasi hanya berlaku untuk zat yang berwujudlarutan( aq ) dan gas ( g ) . Zat yang berwujud padat ( s ) dan cair ( l ) tidak terpengaruh oleh perubahan konsentrasi.Jika konsentrasi suatu zat ditambah maka kesetimbangan akan bergeser dari arah zat tersebut. Sebaliknya, jika konsentrasi suatu zat dikurangi maka kesetimbangan akan bergeser ke arah zat tersebut. Tembaga (II) sulfat pentahidrat ( CuSO 4 ​ .5 H 2 ​ O ) berwarna biru, sedangkan apabilaTembaga (II) sulfat ( CuSO 4 ​ ) anidrat (tanpa mengikat air) yaitu berwarna putih. Pada reaksi: CuSO 4 ​ .5 H 2 ​ O ( s ) ⇌ CuSO 4 ​ ( s ) + 5 H 2 ​ O ( g ) △ H = 1.508 kJ mol − 1 Apabila ke dalam campuranditambah air,maka kesetimbangan akan bergeser ke arah kiri, maka jumlah konsentrasi CuSO 4 ​ .5 H 2 ​ O akan bertambah, sehingga warna biru akan semakin pekat, karena banyak air yang terikat pada CuSO 4 ​ .

Pada kesetimbangan heterogen perubahan konsentrasi hanya berlaku untuk zat yang berwujud larutan (aq) dan gas (g) . Zat yang berwujud padat (s) dan cair (l) tidak terpengaruh oleh perubahan konsentrasi. Jika konsentrasi suatu zat ditambah maka kesetimbangan akan bergeser dari arah zat tersebut. Sebaliknya, jika konsentrasi suatu zat dikurangi maka kesetimbangan akan bergeser ke arah zat tersebut.

Tembaga (II) sulfat pentahidrat  berwarna biru, sedangkan apabila Tembaga (II) sulfat  anidrat (tanpa mengikat air) yaitu berwarna putih.

Pada reaksi:

 

Apabila ke dalam campuran ditambah air, maka kesetimbangan akan bergeser ke arah kiri, maka jumlah konsentrasi  akan bertambah, sehingga warna biru akan semakin pekat, karena banyak air yang terikat pada .

865

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada reaksi kesetimbangan: 2 SO 3 ​ ( g ) ⇌ 2 SO 2 ​ ( g ) + O 2 ​ ( g ) △ H = − x kJ Untuk memperoleh gas SO 3 ​ sebanyak banyaknya, maka ....

2rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia