Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan reaksi kesetimbangan berikut! Fe 3 ​ O 4 ​ ( s ) + 4 CO ( g ) ⇌ 3 Fe ( s ) + 4 CO 2 ​ ( g ) △ H = − x kJ Kesetimbangan akan bergeser ke kanan jika ....

Perhatikan reaksi kesetimbangan berikut!
 

  


Kesetimbangan akan bergeser ke kanan jika ....space 

  1. ditambah COspace 

  2. suhu dinaikkanspace 

  3. ditambah begin mathsize 14px style Fe subscript 3 O subscript 4 end style space 

  4. volume diperkecilspace 

  5. tekanan diperbesarspace 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan: Volume, jika volume tambahkan, maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang memiliki koefisien lebih besar. Sebaliknya,jika volumedikurangi maka pergeseran kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang memiliki jumlah koefisien lebih kecil. Tekanan, jika tekanan diperbesar maka kesetimbangan bergeser ke koefisien kecil. Sebaliknya, jika tekanan diperkecil maka kesetimbangan bergeser ke koefisien reaksi besar. Suhu,jika suhu dinaikkan maka kesetimbangan akan bergeser ke arah pembentukkan senyawa-senyawa yang menyerap endoterm. Sebaliknya,jika suhu diturunkan maka kesetimbangan akan bergeser ke arah pembentukkan senyawa-senyawa yang melepas panas eksoterm. Konsentrasi, jika konsentrasi ditambahkan pada salah satu ruas maka kesetimbangan akan bergeser ke arah yang berlawanan. Sebaliknya, jika konsentrasi dikurangi pada salah satu ruas maka kesetimbangan akan bergeser ke arah dirinya sendiri. Jika dilihat pada reaksi dapat diketahui kesetimbangan akan bergeser ke kanan jika: penambahan konsentrasi CO menurunkan suhu volume ditambahkan tekanan diperkecil Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalahditambah CO. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan:

  1. Volume, jika volume tambahkan, maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang memiliki koefisien lebih besar. Sebaliknya, jika volume dikurangi maka pergeseran kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang memiliki jumlah koefisien lebih kecil.
  2. Tekanan, jika tekanan diperbesar maka kesetimbangan bergeser ke koefisien kecil. Sebaliknya, jika tekanan diperkecil maka kesetimbangan bergeser ke koefisien reaksi besar.
  3. Suhu, jika suhu dinaikkan maka kesetimbangan akan bergeser ke arah pembentukkan senyawa-senyawa yang menyerap endoterm. Sebaliknya, jika suhu diturunkan maka kesetimbangan akan bergeser ke arah pembentukkan senyawa-senyawa yang melepas panas eksoterm.
  4. Konsentrasi, jika konsentrasi ditambahkan pada salah satu ruas maka kesetimbangan akan bergeser ke arah yang berlawanan. Sebaliknya, jika konsentrasi dikurangi pada salah satu ruas maka kesetimbangan akan bergeser ke arah dirinya sendiri.

Jika dilihat pada reaksi dapat diketahui kesetimbangan akan bergeser ke kanan jika:

begin mathsize 14px style Fe subscript 3 O subscript 4 open parentheses italic s close parentheses and 4 C O open parentheses italic g close parentheses equilibrium 3 Fe open parentheses italic s close parentheses and 4 C O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses space space space space increment H equals minus sign italic x kJ end style 

  • penambahan konsentrasi CO
  • menurunkan suhu
  • volume ditambahkan
  • tekanan diperkecil

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah ditambah CO.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Latihan Bab

Pendahuluan Kesetimbangan Kimia

Konsep Kesetimbangan Kimia

Konstanta Kesetimbangan (K)

Konstanta Kesetimbangan Konsentrasi (Kc)

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada reaksi kesetimbangan: 2 SO 3 ​ ( g ) ⇌ 2 SO 2 ​ ( g ) + O 2 ​ ( g ) △ H = − x kJ Untuk memperoleh gas SO 3 ​ sebanyak banyaknya, maka ....

2rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia