Roboguru

Gas nitrogen dioksida merupakan gas yang beracun dan berwarna kecokelatan, dapat mengalami reaksi kesetimbangan menghasilkan gas dinitrogen tetraoksida yang tak berwarna sesuai reaksi berikut. 2NO2​(g)⇌N2​O4​(g)△H=−59,22kJ  Pernyataan berikut yang benar untuk perubahan warna gas adalah ....

Pertanyaan

Gas nitrogen dioksida merupakan gas yang beracun dan berwarna kecokelatan, dapat mengalami reaksi kesetimbangan menghasilkan gas dinitrogen tetraoksida yang tak berwarna sesuai reaksi berikut.


begin mathsize 14px style 2 N O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses equilibrium N subscript 2 O subscript 4 open parentheses italic g close parentheses space space increment H equals minus sign 59 comma 22 space kJ end style 


Pernyataan berikut yang benar untuk perubahan warna gas adalah ....

  1. bertambah cokelat jika suhu dinaikkanspace

  2. memudar menjadi tak berwarna jika konsentrasi gas begin mathsize 14px style N O subscript 2 end style diperkecil

  3. bertambah cokelat jika konsentrasi begin mathsize 14px style N subscript 2 O subscript 4 end style diperkecil

  4. memudar menjadi tak berwarna jika tekanan diperkecil

  5. bertambah cokelat jika volume diperkecilspace

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada reaksi kesetimbangan gas nitrogen dioksida menghasilkan gas dinitrogen tetraoksida, reaksi bersifat eksoterm, artinya reaksi kesetimbangan tersebut menghasilkan energi (panas). Maka, jika suhu dinaikkan kesetimbangan akan bergeser ke arah kiri (ke arah reaksi endoterm), sehingga semakin banyak konsentrasi nitrogen dioksida yang dihasilkan dan warna larutan menjadi semakin bertambah cokelat.

Jadi, jawaban yang benar adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Rochmawatie

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan reaksi pembuatan amonia pada proses Haber-Bosch berikut!   N2​(g)+3H2​(g)⇌2NH3​(g)△H=−92kJ  Tindakan yang perlu dilakukan untuk memperoleh gas amonia secara maksimal adalah ....

Pembahasan Soal:

Beberapa tindakan yang dapat meningkatkan perolehan amonia secara maksimal, yaitu:

  1. Menurunkan suhu
  2. Memperbesar tekanan
  3. Memperkecil volume
  4. Memperbesar konsentrasi reaktan
  5. Memisahkan dengan segera gas amonia yang terbentuk.

Berdasarkan opsi, nomor 5 merupakan tindakan yang paling tepat dilakukan, yaitu memisahkan dengan segera gas begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style yang terbentuk.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Pada pembuatan asam sulfat dengan menggunakan proses kontak terdapat reaksi:   2SO2​(g)+O2​(g)⇌2SO3​(g)    Bagaimanakah kondisi ideal yang tepat agar didapatkan hasil sebanyak-banyaknya?

Pembahasan Soal:

Jika diinginkan hasil sebanyak-banyaknya, maka reaksi kesetimbangan harus bergeser ke arah produk. Faktor yang memengaruhi reaksi kesetimbangan yaitu:

  1. Konsentrasi, jika konsentrasi reaktan ditambah reaksi bergeser ke arah produk. Sedangkan jika konsentrasi reaktan dikurangi reaksi bergeser ke arah pereaksi.
  2. Suhu, jika suhu dinaikkan reaksi bergeser ke arah endoterm. Sedangkan jika suhu diturunkan reaksi akan bergeser ke atah eksoterm.
  3. Volume, jika volume diperbesar reaksi bergeser ke arah reaksi yang memiliki koefisien lebih besar. Sedangkan jika volume diperkecil reaksi bergeser ke arah reaksi yang memiliki koefisien lebih kecil.
  4. Tekanan, jika tekanan diperbesar reaksi bergeser ke arah reaksi yang memiliki koefisien lebih kecil. Sedangkan jika tekanan diperkecil reaksi bergeser ke arah reaksi yang memiliki koefisien lebih besar.

Pada reaksi kesetimbangan:

2 S O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses equilibrium 2 S O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses 

  • Koefisien reaktan = 3
  • Koefisien produk =2

Sehingga kondisi ideal agar didapatkan hasil sebanyak-banyaknya:

  1. Konsentrasi reaktan (S O subscript 2 dan atau O subscript 2) ditambahkan.
  2. Volume diperkecil, karena akan bergeser ke produk (koefisien lebih kecil).
  3. Tekanan diperbesar, karena akan bergeser ke produk (koefisien lebih kecil).

Suhu tidak dapat ditentukan karena tidak ada keterangan reaksi eksoterm/endoterm.

Oleh karena itu, kondisi idealnya adalah konsentrasi reaktan ditambahkan, volume diperkecil, dan tekanan diperbesar.

Jadi, jawaban yang benar kondisi ideal untuk mendapatkan hasil banyak yaitu konsentrasi reaktan ditambahkan, volume diperkecil, dan tekanan diperbesar.space 

0

Roboguru

Pembuatan asam sulfat menurut proses kontak, agar diperoleh hasil yang optimal dapat dilakukan dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Reaksi pembuatan asam sulfat menggunakan proses kontak dapat dilihat sebagai berikut.

2 S O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses equilibrium 2 S O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses space space increment H equals minus sign 188 comma 2 space kJ

Reaksi di atas adalah reaksi eksoterm karena memiliki nilai entalpi negatif. Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, maka kesetimbangan harus bergeser ke kanan sehingga membentuk produk.

Salah satu cara untuk meningkatkan produk adalah dengan menurunkan suhu. Jika suhu diturunakan, maka reaksi akan bergeser ke arah eksoterm yaitu ke arah pembentukan produk. Selain itu dapat pula dengan menaikkan tekanan sehingga akan menggeser reaksi ke koefisien yang lebih kecil (ke arah produk).

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Diketahui reaksi pembakaran gas amonia sebagai berikut.   4NH3​(g)+5O2​(g)⇌4NO(g)+6H2​O(l)△H=−907kJ  Keadaan partikel saat terjadi kesetimbangan awal sebagai berikut.   Keadaan partikel setelah...

Pembahasan Soal:

Faktor - faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan yaitu antara lain:

  • Konsentrasi
    Jika konsentrasi bertambah, kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi lawannya. Sedangkan jika konsentrasi diperkecil, kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi itu sendiri.
  • Volume
    Jika volume diperbesar, kesetimbangan bergeser akan ke arah reaksi yang memiliki koefisien lebih besar. Sedangkan jika volume diperkecil, kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang memiliki kosefisien yang lebih kecil (hanya untuk wujud gas).
  • Tekanan
    Jika tekanan diperbesar, kesetimbangan bergeser akan ke arah reaksi yang memiliki koefisien lebih kecil. Sedangkan jika tekanan diperkecil, kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang memiliki koefisien yang lebih besar (hanya untuk wujud gas).
  • Suhu
    Jika suhu dinaikkan, kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi endoterm. Sedangkan jika suhu diturunkan, kesetimbangan akan bergeser ke arah eksoterm.

 Pada reaksi

4NH3(g)+5O2(g)4NO(g)+6H2O(l)H=907kJ 

berdasarkan gambar, menunjukkan bahwa keadaan awal jumlah konsentrasi NH3danO2 sebanyak masing-masing 3 molekul berkurang menjadi masing-masing 2 molekul. Hal ini menunjukkan bahwa reaksi bergeser ke arah kanan, maka perlakuan yang dapat dilakukan adalah:

  • konsentrasi NH3danO2 ditambah maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi lawannya (kanan) atau konsentrasi NO dikurangi maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi itu sendiri (kanan).
  • volume diperkecil maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang memiliki kosefisien yang lebih kecil (hanya untuk wujud gas), artinya reaksi bergeser ke kanan.
  • tekanan diperbesar maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang memiliki kosefisien yang lebih kecil (hanya untuk wujud gas), artinya reaksi bergeser ke kanan.
  • suhu diturunkan kesetimbangan akan bergeser ke arah eksoterm (kanan).

Jadi perlakuan yang telah diberikan dalam sistem kesetimbangan tersebut adalah konsentrasi NH3danO2 ditambah, konsentrasi NO dikurangi, volume diperkecil, tekanan diperbesar dan suhu diturunkan.

0

Roboguru

Pada reaksi kesetimbangan: 2SO3​(g)⇌2SO2​(g)+O2​(g)△H=−xkJ  Untuk memperoleh gas SO3​ sebanyak banyaknya, maka ....

Pembahasan Soal:

Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan, yaitu :

  1. Perubahan konsentrasi
  2. Perubahan suhu
  3. Perubahan tekanan/volume

Gas SO3 adalah reaktan, maka untuk mendapatkan reaktan kesetimbangan harus bergeser ke kiri. Untuk memperoleh gas SO3 sebanyak-banyaknya, maka yang harus dilakukan adalah :

  • Konsentrasi begin mathsize 14px style S O subscript 2 end style dan begin mathsize 14px style O subscript 2 end style ditambah agar kesetimbangan bergeser kearah begin mathsize 14px style S O subscript 3 end style
  • Tekanan diperbesar dan volume diperkecil agar reaksi bergeser ke jumlah koefisien kecil yaitu kearah begin mathsize 14px style S O subscript 3 end style
  • ∆H bernilai negatif, sehingga reaksi penguraian (ruas kanan) bersifat eksoterm. Apabila suhu dinaikkan maka reaksi akan bergeser ke arah endoterm (ruas kiri).

Jadi, dari penjelasan diatas, opsi B dan D benar.

Jadi, jawaban yang benar adalah B dan D.
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved