Iklan

Iklan

Pertanyaan

Agar pada reaksi kesetimbangan: N 2 ​ ( g ) + 3 H 2 ​ ( g ) ⇌ 2 NH 3 ​ ( g ) △ H = − 92 kJ jumlah gas NH 3 ​ yang dihasilkan maksimal, maka tindakan yang diperlukan adalah ....

Agar pada reaksi kesetimbangan:

 

jumlah gas  yang dihasilkan maksimal, maka tindakan yang diperlukan adalah ....

  1. memperbesar volume space space

  2. menurunkan tekanan space

  3. menambah konsentrasi N H subscript 3   space

  4. mengurangi konsentrasi H subscript 2  space

  5. menurunkan suhu space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah E.

jawaban yang benar adalah E. 

Iklan

Pembahasan

Suatu sistem dalam keadaan setimbang cenderung mempertahankan kesetimbangannya, sehingga jika ada 'gangguan' dari luar, maka sistem tersebut akan berubah sedemikian rupa agar segera diperoleh keadaan setimbang kembali.Ada 4 faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi: Konsentrasi, penambahan konsentrasi pereaksi akan menyebabkan kesetimbangan bergeser ke arah produk, sedangkan pengurangan konsentrasi pereaksi menyebabkan kesetimbangan bergeser ke arah pereaksi itu sendiri. Perubahan volume, penambahan volume akan menyebabkan kesetimbangan bergeser ke sisi yang memiliki total koefisien reaksi yang lebih banyak. Perubahan tekanan, penambahan tekanan akan menyebabkan kesetimbangan bergeser ke sisi yang memiliki total koefisien reaksi yang lebih kecil. Perubahan suhu, penambahan suhu akan menyebabkan kesetimbangan bergeser ke arah reaksi endoterm ( ) Karena total koefisien pereaksi adalah 4 sementara koefisien produk ( ) 2, dan reaksi pembentukan merupakan reaksi eksoterm ( ), maka agarjumlah gas yang dihasilkan maksimal, maka kesetimbangan harus bergeser ke arah (produk): Menambah konsentrasi dan atau mengurangi konsentrasi , Memperkecil volume (bergeser ke arah sisi dengan total koefisien reaksi lebih kecil). Menambah tekanan(bergeser ke arah sisi dengantotal koefisien reaksi lebih kecil). Menurunkan suhu(yang merupakan reaksi eksoterm, ). Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Suatu sistem dalam keadaan setimbang cenderung mempertahankan kesetimbangannya, sehingga jika ada 'gangguan' dari luar, maka sistem tersebut akan berubah sedemikian rupa agar segera diperoleh keadaan setimbang kembali. Ada 4 faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi:

  1. Konsentrasi, penambahan konsentrasi pereaksi akan menyebabkan kesetimbangan bergeser ke arah produk, sedangkan pengurangan konsentrasi pereaksi menyebabkan kesetimbangan bergeser ke arah pereaksi itu sendiri.
  2. Perubahan volume, penambahan volume akan menyebabkan kesetimbangan bergeser ke sisi yang memiliki total koefisien reaksi yang lebih banyak.
  3. Perubahan tekanan, penambahan tekanan akan menyebabkan kesetimbangan bergeser ke sisi yang memiliki total koefisien reaksi yang lebih kecil.
  4. Perubahan suhu, penambahan suhu akan menyebabkan kesetimbangan bergeser ke arah reaksi endoterm (increment H italic space plus)

Karena total koefisien pereaksi adalah 4 sementara koefisien produk (N H subscript 3) 2, dan reaksi pembentukan N H subscript 3 merupakan reaksi eksoterm (increment H italic space minus sign), maka agar jumlah gas N H subscript 3 yang dihasilkan maksimal, maka kesetimbangan harus bergeser ke arah N H subscript 3 (produk):

  1. Menambah konsentrasi N subscript 2 dan H subscript 2  atau mengurangi konsentrasi N H subscript 3
  2. Memperkecil volume (bergeser ke arah sisi dengan total koefisien reaksi lebih kecil).
  3. Menambah tekanan (bergeser ke arah sisi dengan total koefisien reaksi lebih kecil).
  4. Menurunkan suhu (yang merupakan reaksi eksoterm, increment H italic space minus sign).

Jadi, jawaban yang benar adalah E. 

Latihan Bab

Pendahuluan Kesetimbangan Kimia

Konsep Kesetimbangan Kimia

Konstanta Kesetimbangan (K)

Konstanta Kesetimbangan Konsentrasi (Kc)

6rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada reaksi kesetimbangan: 2 SO 3 ​ ( g ) ⇌ 2 SO 2 ​ ( g ) + O 2 ​ ( g ) △ H = − x kJ Untuk memperoleh gas SO 3 ​ sebanyak banyaknya, maka ....

2rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia