Roboguru

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks editorial berikut untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!


(1) Fakta ini menunjukkan bahwa Presiden tentu tak cukup hanya merasa heran dan prihatin. (2) Bila memang korupsi tidak cukup dilawan dengan penindakan, sekeras apa pun itu, tentu saja sisi pencegahan harus makin diperkuat. (3) Dalam kondisi seperti ini kita sepakat butuh reformasi besar pencegahan korupsi demi membunuh habitat korupsi. (4) Oleh karena itu, tampaknya kita perlu mengingatkan lagi kepada Presiden yang pada Oktober lalu menjanjikan bakal merilis peraturan presiden (perpres) tentang pencegahan korupsi. (5) Perpres itu sangat dibutuhkan saat ini karena, seperti janji Presiden saat itu, regulasi baru tersebut akan membangun sebuah sistem kerja dan iklim birokrasi yang transparan.space 

Teks editorial tersebut ditujukan pada ....space 

  1. KPKspace 

  2. polisispace 

  3. presidenspace 

  4. pejabat pemerintahspace 

  5. masyarakat Indonesiaspace 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

Pembahasan

Teks editorial atau tajuk rencana merupakan kolom khusus yang berisi pendapat pribadi seseorang, dalam hal ini redaktur surat kabar, terhadap suatu isu atau permasalahan yang aktual. Teks editorial termasuk ke dalam opini atau pendapat seseorang atau redaktur. 

Dalam ragam teks yang termasuk dalam jenis eksposisi, teks editorial dibangun dengan pernyataan umum, argumentasi, dan penegasan ulang. Ketika mengidentifikasi bagian argumentasi dalam teks editorial, terdapat fakta-fakta yang mendukung argumentasi disertai dengan opini redaktur surat kabar untuk menguatkan permasalahan yang dikemukakan.

Teks editorial merupakan teks yang ditulis berdasarkan isu atau peristiwa yang terjadi di masyarakat. lsu atau permasalahan yang diangkat biasanya berdasarkan sisi aktualitasnya atau sedang menjadi pembicaraan orang banyak, sisi fenomenal atau keluarbiasaan terjadinya peristiwa; dan sisi kontroversial atau timbulnya perdebatan dalam peristiwa tersebut. Cara menemukan isu aktual di media ialah dengan melihat objek yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat dan media massa.

Kutipan di atas membahas isu peraturan presiden tentang pencegahan korupsi sebagai upaya pemerkuat pencegahan korupsi. Hal ini terlihat pada kalimat kalimat (2), (3), (4), dan (5) yang membahas mengenai pencegahan korupsi.

Adapun teks editorial tersebut ditujukan kepada Presiden. Hal ini tampak pada kalimat (1) yang secara langsung menyatakan bahwa fakta tentang korupsi di Indonesia tentunya tak cukup membuat Presiden merasa heran dan prihatin. Selain itu, pada kalimat (4) juga disinggung mengenai janji Presiden untuk merilis Peraturan Presiden tentang pencegahan korupsi.

Oleh karena itu, teks editorial tersebut ditujukan pada Presiden.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

775

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tujuan penulis dalam kedua teks tersebut adalah ...

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia