Iklan

Iklan

Pertanyaan

    Dengan kekuatannya yang hebat, Raja Sena tidak merasa takut bahkan terkesan sombong memasuki gua. Setelah masuk beberapa meter dari gua tak disangka ada puluhan buaya buas menerkam Raja Sena Raja Sena pun akhirnya dimakan para buaya buas itu. Para rakyat pun merasa lega ia berterima kasih kepada kancil. Ternyata kepergian kancil keluar kerajaan bukan untuk mencari makanan, tetapi untuk mencari sarang binatang buas yang bisa mengalahkan Raja Sena.space 

Teks di atas merupakan bagian fabelyang disebut ....

Teks di atas merupakan bagian fabel yang disebut ....space 

  1. kodaspace 

  2. resolusispace 

  3. komplikasispace 

  4. orientasispace 

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Iklan

Pembahasan

Fabel adalah bentuk narasi, biasanya menampilkan hewan yang berperilaku dan berbicara sebagai manusia, menyampaikan pelajaran moral dan seringkali dirumuskan secara eksplisit di bagian akhir. Struktur teks fabel Orientasi adalah bagian awal dari suatu cerita. Orientasi terdiri dari pengenalan tokoh, latar tempat, latar waktu, dan deskripsi awal mula konflik. Komplikasi adalah konflik atau permasalahan antara satu tokoh dengan tokoh lainnya. Komplikasi biasanya dimulai dari munculnya masalah sehingga masalah tersebut mencapai komplikasi atau klimaks. Dalam teks fabel, biasanya konflik muncul dari kepribadian tokoh. Resolusi adalah penyelesaian dari konflik atau permasalahan yang sebelumnya terjadi di bagian komplikasi. Koda adalah nilai moral yang diungkapkan pengarang dalam cerita, atau perubahan sikap yang diharapkan pada akhir cerita. Teks di atas merupakan bagian r esolusi pada teks fabel. Hal tersebut ditunjukan dari kutipan kalimat "Para rakyat pun merasa lega ia berterima kasih kepada kancil". Kalimat tersebut menunjukan bahwa konflik sudah berakhir, sehingga rakyat merasa lega. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Fabel adalah bentuk narasi, biasanya menampilkan hewan yang berperilaku dan berbicara sebagai manusia, menyampaikan pelajaran moral dan seringkali dirumuskan secara eksplisit di bagian akhir.

Struktur teks fabel

  1. Orientasi adalah bagian awal dari suatu cerita. Orientasi terdiri dari pengenalan tokoh, latar tempat, latar waktu, dan deskripsi awal mula konflik.
  2. Komplikasi adalah konflik atau permasalahan antara satu tokoh dengan tokoh lainnya. Komplikasi biasanya dimulai dari munculnya masalah sehingga masalah tersebut mencapai komplikasi atau klimaks. Dalam teks fabel, biasanya konflik muncul dari kepribadian tokoh.
  3. Resolusi adalah penyelesaian dari konflik atau permasalahan yang sebelumnya terjadi di bagian komplikasi.
  4. Koda adalah nilai moral yang diungkapkan pengarang dalam cerita, atau perubahan sikap yang diharapkan pada akhir cerita.

Teks di atas merupakan bagian resolusi  pada teks fabel. Hal tersebut ditunjukan dari kutipan kalimat "Para rakyat pun merasa lega ia berterima kasih kepada kancil". Kalimat tersebut menunjukan bahwa konflik sudah berakhir, sehingga rakyat merasa lega.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

32

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan struktur yang membangun teks tersebut!

20

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia