Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan fabel berikut kemudian kerjakan!


Singa dan Seekor Tikus 

  1. Seekor singa sedang tidur dengan lelap di dalam hutan, dengan kepalanya yang besar bersandar pada telapak kakinya. Seekor tikus kecil secara tidak sengaja berjalan di dekatnya, dan setelah tikus itu sadar bahwa dia berjalan di depan seekor singa yang tertidur, sang Tikus menjadi ketakutan dan berlari dengan cepat, tetapi karena ketakutan, sang Tikus malah berlari di atas hidung sang Singa yang sedang tidur.
  2. Sang Singa menjadi terbangun dan dengan sangat marah menangkap makhluk kecil itu dengan cakarnya yang sangat besar. "Ampuni saya!" kata sang Tikus. "Tolong lepaskan saya dan suatu saat nanti saya akan membalas kebaikanmu." 
  3. Singa menjadi tertawa dan merasa lucu saat berpikir bahwa seekor tikus kecil akan dapat membantunya. Tetapi dengan baik hati, akhirnya singa tersebut melepaskan tikus kecil itu.
  4. Suatu hari, ketika sang Singa mengintai mangsanya di dalam hutan, sang Singa tertangkap oleh jala yang ditebarkan oleh pemburu. Karena tidak dapat membebaskan dirinya sendiri, sang Singa mengaum dengan marah ke seluruh hutan. Saat itu sang Tikus yang pernah dilepaskannya mendengarkan auman itu dan dengan cepat menuju ke arah di mana sang Singa terjerat pada jala. Sang Tikus kemudian menemukan sang Singa yang meronta-ronta berusaha membebaskan diri dari jala yang menjeratnya. 
  5. Sang Tikus kemudian berlari ke tali besar yang menahan jala tersebut, dia lalu menggigit tali tersebut sampai putus hingga akhirnya sang Singa dapat dibebaskan. "Kamu tertawa ketika saya berkata akan membalas perbuatan baikmu," kata sang Tikus. "Sekarang kamu lihat bahwa walaupun kecil, seekor tikus dapat juga menolong seekor singa."space 

 

http://www.ceritakecil.com 

Tahapan pengenalan pada kutipan fabel tersebut ditandai nomor ....

Tahapan pengenalan pada kutipan fabel tersebut ditandai nomor ....space 

  1. (1)space 

  2. (2)space 

  3. (3)space 

  4. (4)space 

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space  

Iklan

Pembahasan

Fabel merupakan cerita fiksi dengan tokoh utamanya hewan yang berperilaku seperti manusia. Struktur fabel: Orientasi: Bagian awal sebuah cerita fabel. Orientasi berisi pengenalan dari cerita fabel. Komplikasi: Klimaks cerita berisi puncak permasalahan yang dialami tokoh. Resolusi: Pemecahan masalah. Koda: Bagian akhir cerita. Biasanya berisi pesan dan amanat yang ada pada cerita fabel tersebut. Tahapan pengenalan pada kutipan fabel tersebut terdapat pada nomor (1). Pada paragraf nomor (1), pembaca dapat mengetahui para tokoh yang ada pada fabel dan awal pertemuan mereka. Tokoh yang ada pada fabel adalah sang Tikus dan sang Singa. Mereka bertemu saat sang singa sedang tidur dengan lelap di dalam hutan, dengan kepalanya yang besar bersandar pada telapak kakinya dan sang tikus kecil secara tidak sengaja berjalan di dekatnya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Fabel merupakan cerita fiksi dengan tokoh utamanya hewan yang berperilaku seperti manusia.

Struktur fabel:

  1. Orientasi: Bagian awal sebuah cerita fabel. Orientasi berisi pengenalan dari cerita fabel.
  2. Komplikasi: Klimaks cerita berisi puncak permasalahan yang dialami tokoh.
  3. Resolusi: Pemecahan masalah.
  4. Koda: Bagian akhir cerita. Biasanya berisi pesan dan amanat yang ada pada cerita fabel tersebut.

Tahapan pengenalan pada kutipan fabel tersebut terdapat pada nomor (1). Pada paragraf nomor (1), pembaca dapat mengetahui para tokoh yang ada pada fabel dan awal pertemuan mereka. Tokoh yang ada pada fabel adalah sang Tikus dan sang Singa. Mereka bertemu saat sang singa sedang tidur dengan lelap di dalam hutan, dengan kepalanya yang besar bersandar pada telapak kakinya dan sang tikus kecil secara tidak sengaja berjalan di dekatnya.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teks tersebut termasuk ke dalam struktur ....

7

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia