Teks berikut untuk menjawab soal berikut ini. Pertimbangkan kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E)        Bandung masuk dalam daftar kota dengan 1Makanan Tradisional Terbaik (Best Cities for Traditional Food) pada 2Tasteatlas Awards 2020. Tasteatlas adalah situs Kroasia yang mengulas makanan tradisional, resep lokal, dan restoran 3otentik di seluruh dunia. Dalam kategori kota dengan Makanan Tradisional Terbaik Tastealtas Awards 2020, penilaian dilakukan oleh kritikus restoran profesional dan 63.402 suara pembaca Tasteatlas. Dalam daftar tersebut, Bandung berada di posisi ketujuh dari total 56 kota di dunia. 4Ada beberapa makanan khas Bandung yang direkomendasikan oleh Tasteatlas bagi para pembacanya, makanan tersebut adalah cireng, siomai, batagor, serabi, bakwan, dan perkedel. 5Bahkan, ada nasi kuning, cilok, mie kocok, karedok, bakso goreng, dan kupat tahu. Sementara itu, minuman dari Bandung yang direkomendasikan adalah bandrek dan bajigur. Selain Bandung, ada pula kota di Asia yang mendapat predikat kota dengan Makanan Tradisional Terbaik dari Tasteatlas Awards 2020, yakni Bangkok, Seoul, Osaka, Chennai, Hong Kong, Mumbai, Bangalore, New Delhi, dan Kyoto. Lyliana, Lea. 2021. "Bandung dapat Predikat Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik di Dunia 2020". Kompas.com. Diakses dan diadaptasi pada 3 Maret 2021. https://www.kompas.com/food/read/2021/02/19/102632175/bandung-dapat-predikat-kota-dengan-makanan-tradisional-terbaik-di-dunia   Apakah kata nomor (5) perlu diperbaiki? Jika perlu kata apa yang paling tepat untuk menggantikan kata tersebut?

Pertanyaan

Teks berikut untuk menjawab soal berikut ini. Pertimbangkan kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E)
 

     Bandung masuk dalam daftar kota dengan 1Makanan Tradisional Terbaik (Best Cities for Traditional Food) pada 2Tasteatlas Awards 2020. Tasteatlas adalah situs Kroasia yang mengulas makanan tradisional, resep lokal, dan restoran 3otentik di seluruh dunia. Dalam kategori kota dengan Makanan Tradisional Terbaik Tastealtas Awards 2020, penilaian dilakukan oleh kritikus restoran profesional dan 63.402 suara pembaca Tasteatlas. Dalam daftar tersebut, Bandung berada di posisi ketujuh dari total 56 kota di dunia. 4Ada beberapa makanan khas Bandung yang direkomendasikan oleh Tasteatlas bagi para pembacanya, makanan tersebut adalah cireng, siomai, batagor, serabi, bakwan, dan perkedel. 5Bahkan, ada nasi kuning, cilok, mie kocok, karedok, bakso goreng, dan kupat tahu. Sementara itu, minuman dari Bandung yang direkomendasikan adalah bandrek dan bajigur. Selain Bandung, ada pula kota di Asia yang mendapat predikat kota dengan Makanan Tradisional Terbaik dari Tasteatlas Awards 2020, yakni Bangkok, Seoul, Osaka, Chennai, Hong Kong, Mumbai, Bangalore, New Delhi, dan Kyoto.

Lyliana, Lea. 2021. "Bandung dapat Predikat Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik di Dunia 2020". Kompas.com. Diakses dan diadaptasi pada 3 Maret 2021. https://www.kompas.com/food/read/2021/02/19/102632175/bandung-dapat-predikat-kota-dengan-makanan-tradisional-terbaik-di-dunia

 

Apakah kata nomor (5) perlu diperbaiki? Jika perlu kata apa yang paling tepat untuk menggantikan kata tersebut? space

  1. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

  2. Jadi

  3. Namun

  4. Akan tetapi

  5. Selain itu

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan

Kata bernomor (5) pada teks di atas adalah bahkan. Kata bahkan dalam kalimat tersebut merupakan konjungsi antarkalimat yang membentuk makna penegasan. Penggunaan konjungsi tersebut tidak tepat karena kalimat (5) bukan merupakan penegasan, melainkan informasi tambahan dari kalimat sebelumnya. Dengan demikian, kata bahkan perlu diperbaiki dengan kata selain itu.
 

  • Pilihan A tidak tepat karena kata bahkan perlu diperbaiki.
  • Pilihan B tidak tepat karena kata jadi tidak sesuai dengan konteks kalimat. Kata jadi merupakan konjungsi untuk menyatakan simpulan, sedangkan kalimat keenam pada teks di atas bukan merupakan sebuah simpulan.
  • Pilihan C tidak tepat karena kata namun tidak sesuai dengan konteks kalimat. Kata namun memiliki makna ‘kata penghubung antarkalimat untuk menandai perlawanan; akan tetapi’, sedangkan kalimat keenam pada teks bukan kalimat yang menyatakan perlawanan.
  • Pilihan D tidak tepat karena kata akan tetapi tidak sesuai dengan konteks kalimat. Kata akan tetapi memiliki makna ‘kata penghubung antarkalimat untuk menandai perlawanan; akan tetapi’, sedangkan kalimat keenam pada teks bukan kalimat yang menyatakan perlawanan.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

73

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal di bawah ini.     (1) Pengobatan tradisional, yakni pengobatan menggunakan berbagai bahan dari alam, telah dikenal sejak zaman dahulu. (2) Sejak masa prase...

11

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia