Teks berikut digunakan untuk menjawab soal di bawah ini.     (1) Pengobatan tradisional, yakni pengobatan menggunakan berbagai bahan dari alam, telah dikenal sejak zaman dahulu. (2) Sejak masa prasejarah, bahan-bahan alam, seperti tanaman, hewan, dan mikroorganisme, telah digunakan manusia untuk menyembuhkan berbagai penyakit. (3) Berdasarkan rekaman fosil, berbagai jenis tanaman mungkin telah digunakan sebagai obat sejak 60.000 tahun yang lalu.     (4) Saat ini, meski pengobatan modern telah mendominasi, pengobatan tradisional tetap menarik perhatian masyarakat dunia. (5) Berdasarkan survei WHO (World Health Organization), pengobatan tradisional makin banyak dimanfaatkan di berbagai negara. (6) [...], untuk membantu memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan, sebanyak 80% masyarakat di Afrika memanfaatkan pengobatan tradisional.     (7) Di Indonesia, [...] masyarakat akan obat-obatan tradisional sudah muncul sejak ratusan tahun lalu. (8) Antusiasme itu tecermin dari penggunaan obat-obatan dengan beragam bahan alam. (9) Hal tersebut tentu tidak terlepas dari fakta bahwa tingkat keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia amat besar.     (10) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hutan tropis Indonesia menyimpan sekitar 30.000 spesies tanaman. (11) Namun, tidak sebarang spesies dapat langsung dimanfaatkan sebagai tanaman obat. (12) Dari 9.600 spesies yang diketahui memiliki khasiat obat, baru 200 spesies yang telah dimanfaatkan. Kata sambung yang paling tepat untuk melengkapi rumpang pada kalimat (6) adalah ....

Pertanyaan

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal di bawah ini.


    (1) Pengobatan tradisional, yakni pengobatan menggunakan berbagai bahan dari alam, telah dikenal sejak zaman dahulu. (2) Sejak masa prasejarah, bahan-bahan alam, seperti tanaman, hewan, dan mikroorganisme, telah digunakan manusia untuk menyembuhkan berbagai penyakit. (3) Berdasarkan rekaman fosil, berbagai jenis tanaman mungkin telah digunakan sebagai obat sejak 60.000 tahun yang lalu.

    (4) Saat ini, meski pengobatan modern telah mendominasi, pengobatan tradisional tetap menarik perhatian masyarakat dunia. (5) Berdasarkan survei WHO (World Health Organization), pengobatan tradisional makin banyak dimanfaatkan di berbagai negara. (6) [...], untuk membantu memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan, sebanyak 80% masyarakat di Afrika memanfaatkan pengobatan tradisional.

    (7) Di Indonesia, [...] masyarakat akan obat-obatan tradisional sudah muncul sejak ratusan tahun lalu. (8) Antusiasme itu tecermin dari penggunaan obat-obatan dengan beragam bahan alam. (9) Hal tersebut tentu tidak terlepas dari fakta bahwa tingkat keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia amat besar.

    (10) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hutan tropis Indonesia menyimpan sekitar 30.000 spesies tanaman. (11) Namun, tidak sebarang spesies dapat langsung dimanfaatkan sebagai tanaman obat. (12) Dari 9.600 spesies yang diketahui memiliki khasiat obat, baru 200 spesies yang telah dimanfaatkan.


Kata sambung yang paling tepat untuk melengkapi rumpang pada kalimat (6) adalah .... 

  1. dengan demikian 

  2. oleh karena itu 

  3. sementara itu 

  4. bahkan 

  5. jadi 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D. 

Pembahasan

Kata sambung disebut juga dengan konjungsi atau kata penghubung, yakni kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Untuk mengetahui kata sambung yang tepat, perlu dilihat adanya hubungan isi antarkalimat.

Kalimat (5) menyebutkan salah satu hasil survei WHO, yakni pengobatan tradisional makin banyak dimanfaatkan di berbagai negara. Kalimat (6) menyebutkan bahwa 80% masyarakat di Afrika memanfaatkan pengobatan tradisional. Informasi yang disebutkan pada kalimat (6) memperkuat fakta pada kalimat (5). Salah satu kata sambung yang dapat digunakan untuk menyatakan penguatan adalah bahkan.
 

  • Pilihan A, B, dan E tidak tepat. Kata sambung oleh karena itu, dengan demikian, dan jadi digunakan untuk menunjukkan hubungan sebab akibat. Sementara itu, kalimat (5) bukan sebab ataupun akibat dari kalimat (6).
  • Pilihan C tidak tepat. Kata sambung sementara itu berarti ‘dalam pada itu; waktu (itu); sedang’. Kata tersebut digunakan untuk menyatakan dua hal yang berlainan. Kalimat (5) dan kalimat (6) sama-sama menyatakan hasil survei mengenai tingginya pemanfaatan obat tradisional.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

11

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut!       (1) Daun kelor merupakan jenis tanaman yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. (2) Biasanya masyarakat Indonesia menanam daun kelor di pekarangan rumah. (3) Selain un...

180

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia