RoboguruRoboguru
SD

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal di bawah ini!     (1) Tarian sintren menggambarkan kesucian sang putri atau sang penari. (2) Masyarakat Cirebon meyakini bahwa tarian ini tak boleh ditampilkan atau dilakukan secara main-main. (3) Seorang penari hanya boleh membawakan tarian sintren dalam keadaan suci dan bersih. (4) Sehingga, sebelum melakukan pementasan, sang penari harus melakukan puasa terlebih dahulu dan menjaga agar tidak berbuat dosa.       (5) Hal itu ditujukan agar roh tidak akan mengalami kesulitan untuk masuk dalam tubuh penari. (6) Kesenian tari sintren pada mulanya dipentaskan pada waktu yang sunyi, yakni saat malam bulan purnama karena kesenian tari ini berhubungan dengan roh halus yang masuk ke dalam sang penari.     (7) Tari sintren dibawakan oleh seorang wanita yang mengenakan kostum khusus dan berkacamata hitam. (8) Sebelum melakukan tarian, biasanya sang penari akan masuk ke dalam sebuah kurungan dalam keadaan terikat tali tambang. (9) Kurungan kemudian ditutup dengan kain.     (10) Saat penari keluar dari kurungan, saat itulah penonton dibuat takjub. (11) Penari berhasil lolos dari ikatannya dan sudah berganti pakaian. (12) Musik langsung menyambutnya dan penari pun langsung berjoget. (13) Uniknya, setiap ada penonton yang menyawer penari, penari langsung terjatuh dan berhenti menari.     (14) Meski terlihat aneh dan menghibur, jatuhnya penari karena sawer ini sebenarnya merupakan pesan penting yang disampaikan lewat tari sintren. (15) Jatuhnya penari menggambarkan bahwa manusia kerap lupa diri ketika sudah bergelimang harta.  Pesona Indonesia. 2019. "Sintren, Tarian Mistis dari Cirebon". kompas.com. Diakses dan diadaptasi pada 23 Agustus 2021. https://pesonaindonesia.kompas.com/read/2019/07/02/152900427/sintren-tarian-mistis-dari-cirebon Penggunaan konjungsi yang salah pada teks di atas terdapat pada kalimat nomor ....

Pertanyaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal di bawah ini!


    (1) Tarian sintren menggambarkan kesucian sang putri atau sang penari. (2) Masyarakat Cirebon meyakini bahwa tarian ini tak boleh ditampilkan atau dilakukan secara main-main. (3) Seorang penari hanya boleh membawakan tarian sintren dalam keadaan suci dan bersih. (4) Sehingga, sebelum melakukan pementasan, sang penari harus melakukan puasa terlebih dahulu dan menjaga agar tidak berbuat dosa.  

    (5) Hal itu ditujukan agar roh tidak akan mengalami kesulitan untuk masuk dalam tubuh penari. (6) Kesenian tari sintren pada mulanya dipentaskan pada waktu yang sunyi, yakni saat malam bulan purnama karena kesenian tari ini berhubungan dengan roh halus yang masuk ke dalam sang penari.

    (7) Tari sintren dibawakan oleh seorang wanita yang mengenakan kostum khusus dan berkacamata hitam. (8) Sebelum melakukan tarian, biasanya sang penari akan masuk ke dalam sebuah kurungan dalam keadaan terikat tali tambang. (9) Kurungan kemudian ditutup dengan kain.

    (10) Saat penari keluar dari kurungan, saat itulah penonton dibuat takjub. (11) Penari berhasil lolos dari ikatannya dan sudah berganti pakaian. (12) Musik langsung menyambutnya dan penari pun langsung berjoget. (13) Uniknya, setiap ada penonton yang menyawer penari, penari langsung terjatuh dan berhenti menari.

    (14) Meski terlihat aneh dan menghibur, jatuhnya penari karena sawer ini sebenarnya merupakan pesan penting yang disampaikan lewat tari sintren. (15) Jatuhnya penari menggambarkan bahwa manusia kerap lupa diri ketika sudah bergelimang harta.undefined 

Pesona Indonesia. 2019. "Sintren, Tarian Mistis dari Cirebon". kompas.com. Diakses dan diadaptasi pada 23 Agustus 2021. https://pesonaindonesia.kompas.com/read/2019/07/02/152900427/sintren-tarian-mistis-dari-cirebon


Penggunaan konjungsi yang salah pada teks di atas terdapat pada kalimat nomor ....space space 

  1. (1)space space 

  2. (4)space space 

  3. (6)space space 

  4. (9)space space 

  5. (14)space space 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Pembahasan

Penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada kalimat nomor 4, yaitu sehinggaKonjungsi sehingga merupakan konjungsi intrakalimat yang menyatakan hubungan akibat. Konjungsi ini seharusnya terletak di dalam kalimat atau tengah kalimat, sedangkan dalam kalimat tersebut kata sehingga difungsikan sebagai konjungsi antarkalimat. 

Dengan demikian konjungsi tersebut dapat diperbaiki dengan konjungsi antarkalimat yang memiliki kemiripan makna, yakni oleh karena itu yang membentuk makna sebab-akibat atau kesimpulan. Sementara itu, penggunaan konjungsi pada kalimat (1), (6), (9), dan (14) sudah tepat.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

84

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal di bawah ini.     (1) Pengobatan tradisional, yakni pengobatan menggunakan berbagai bahan dari alam, telah dikenal sejak zaman dahulu. (2) Sejak masa prase...

11

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia