Roboguru
SD

Teks 1     Kehadiran Komet Ikeya-Seki yang dapat dilihat secara mata terlanjang dan penampakannya berlangsung berhari-hari membuat beredar isu kala itu bahwa akan terjadi mala petaka besar. Isu itu kian membuat ngeri ketika orang-orang dapat menyaksikan secara jelas ekor Komet Ikeya-Seki yang tampak begitu besar dan seolah-olah akan membelah angkasa. Teks 2     Gerhana bulan akan muncul ketika bulan sedang beroposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan  terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, maka tidak setiap oposisi bulan dengan Matahari akan mengakibatkan terjadinya  gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut node, yaitu titik di mana bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Maka  seharusnya, jika terjadi gerhana bulan, akan diikuti dengan gerhana Matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara Matahari dengan bumi. Persamaan kedua teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

Teks 1
    Kehadiran Komet Ikeya-Seki yang dapat dilihat secara mata terlanjang dan penampakannya berlangsung berhari-hari membuat beredar isu kala itu bahwa akan terjadi mala petaka besar. Isu itu kian membuat ngeri ketika orang-orang dapat menyaksikan secara jelas ekor Komet Ikeya-Seki yang tampak begitu besar dan seolah-olah akan membelah angkasa.

Teks 2
    Gerhana bulan akan muncul ketika bulan sedang beroposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan  terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, maka tidak setiap oposisi bulan dengan Matahari akan mengakibatkan terjadinya  gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut node, yaitu titik di mana bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Maka  seharusnya, jika terjadi gerhana bulan, akan diikuti dengan gerhana Matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara Matahari dengan bumi.


Persamaan kedua teks tersebut adalah ....

  1. membahas peristiwa malapetaka di bumi akibat komet

  2. menjelaskan gejala alam yang muncul di malam hari

  3. menguraikan perpindahan bintang atau planet di alam

  4. memperkirakan timbulnya bencana akibat perubahan alam

  5. membicarakan gejala alam yang terjadi di ruang angkasa

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kedua teks tersebut sama-sama membicarakan gejala alam yang terjadi di luar angkasa. Hal ini sesuai pilihan jawaban (E).

Pembahasan

Kedua teks tersebut sama-sama membahas gejala alam yang terjadi di ruang angkasa. Dalam teks pertama, dibahas tentang kemunculan Komet Ikeya-Seki yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Penampakannya sehari-hari itu memunculkan isu bahwa akan terjadi malapetaka besar. Sedangkan dalam teks kedua dijelaskan mengenai proses terjadinya gerhana bulan; yang muncul apabila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Gerhana bulan terjadi apabila bulan sedang berposisi pada dua titik potong (bidang orbit bulan dengan ekliptika). Dengan demikian, kedua teks tersebut sama-sama membicarakan gejala alam yang terjadi di luar angkasa. Hal ini sesuai pilihan jawaban (E).

4rb+

5.0 (3 rating)

Pertanyaan serupa

Menuliskan ide-ide pokok atau garis besar teks eksplanasi ke dalam beberapa kalimat yang lebih singkat disebut...

135

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia