Roboguru
SD

Perilaku menyimpang atau penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatutan, baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu maupun pem-benarannya sebagai bagian dari makhluk sosial. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, perilaku menyimpang diartikan sebagai tingkah laku, perbuatan, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang ada di dalam masyarakat. Dalam kehidupan masyarakat, semua tindakan manusia dibatasi oleh norma untuk berbuat dan berperilaku yang dianggap balk oleh masyarakat. Namun demikian, di tengah kehidupan masyarakat kadang-kadang masih dijumpai tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku pada masyarakat, misalnya seorang siswa menyontek pada saat ulangan, berbohong, mencuri, dan mengganggu siswa lain. Penyimpangan terhadap norma-norma atau nilai-nilai masyarakat disebut deviasi (deviation), sedangkan pelaku atau individu yang melakukan penyimpangan disebut devian (deviant). Kebalikan dari perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak menyimpang atau konformitas. Konformitas adalah bentuk interaksi sosial yang di dalamnya terdapat seseorang berperilaku sesuai dengan harapan kelompok. Disadur dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_menyimpang, diunduh 19 November 2016 Pernyataan sesuai dengan isi teks adalah ... .

Pertanyaan

Perilaku menyimpang atau penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatutan, baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu maupun pem-benarannya sebagai bagian dari makhluk sosial. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, perilaku menyimpang diartikan sebagai tingkah laku, perbuatan, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang ada di dalam masyarakat.

Dalam kehidupan masyarakat, semua tindakan manusia dibatasi oleh norma untuk berbuat dan berperilaku yang dianggap balk oleh masyarakat. Namun demikian, di tengah kehidupan masyarakat kadang-kadang masih dijumpai tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku pada masyarakat, misalnya seorang siswa menyontek pada saat ulangan, berbohong, mencuri, dan mengganggu siswa lain.

Penyimpangan terhadap norma-norma atau nilai-nilai masyarakat disebut deviasi (deviation), sedangkan pelaku atau individu yang melakukan penyimpangan disebut devian (deviant). Kebalikan dari perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak menyimpang atau konformitas. Konformitas adalah bentuk interaksi sosial yang di dalamnya terdapat seseorang berperilaku sesuai dengan harapan kelompok.

Disadur dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_menyimpang, diunduh 19 November 2016

Pernyataan sesuai dengan isi teks adalah ... .

  1. Perilaku menyimpang adalah perilaku mematuhi setiap norma yang berlaku di masyarakat.

  2. Perilaku menyimpang adalah perilaku seseorang yang dianggap sesuai dengan aturan yang berlaku di masyarakat.

  3. Perilaku menyimpang dapat ditemukan di sekolah dan tempat umum, seperti di terminal, stasiun, dan pasar.

  4. Perilaku menyimpang pada seseorang terhadap norma-norma atau nilai-nilai di masyarakat disebut devian.

  5. Mencuri merupakan salah satu tindakan yang termasuk dalam perilaku menyimpang pada seseorang.

P. Tessalonika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah e.

Pembahasan

Pernyataan yang sesuai ialah pilihan jawaban e, yakni terdapat pada paragraf kedua. pilihan jawaban a sampai d tidak terdapat dalam teks. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah e.

931

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berikut ini adalah tanggapan yang tepat dan sesuai dengan teks di atas …

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia