Roboguru

Perilaku menyimpang atau penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatutan, baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu maupun pem-benarannya sebagai bagian dari makhluk sosial. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, perilaku menyimpang diartikan sebagai tingkah laku, perbuatan, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang ada di dalam masyarakat. Dalam kehidupan masyarakat, semua tindakan manusia dibatasi oleh norma untuk berbuat dan berperilaku yang dianggap balk oleh masyarakat. Namun demikian, di tengah kehidupan masyarakat kadang-kadang masih dijumpai tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku pada masyarakat, misalnya seorang siswa menyontek pada saat ulangan, berbohong, mencuri, dan mengganggu siswa lain. Penyimpangan terhadap norma-norma atau nilai-nilai masyarakat disebut deviasi (deviation), sedangkan pelaku atau individu yang melakukan penyimpangan disebut devian (deviant). Kebalikan dari perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak menyimpang atau konformitas. Konformitas adalah bentuk interaksi sosial yang di dalamnya terdapat seseorang berperilaku sesuai dengan harapan kelompok. Disadur dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_menyimpang, diunduh 19 November 2016   Abstraksi dari teks tersebut adalah ... .

Pertanyaan

Perilaku menyimpang atau penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatutan, baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu maupun pem-benarannya sebagai bagian dari makhluk sosial. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, perilaku menyimpang diartikan sebagai tingkah laku, perbuatan, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang ada di dalam masyarakat.

Dalam kehidupan masyarakat, semua tindakan manusia dibatasi oleh norma untuk berbuat dan berperilaku yang dianggap balk oleh masyarakat. Namun demikian, di tengah kehidupan masyarakat kadang-kadang masih dijumpai tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku pada masyarakat, misalnya seorang siswa menyontek pada saat ulangan, berbohong, mencuri, dan mengganggu siswa lain.

Penyimpangan terhadap norma-norma atau nilai-nilai masyarakat disebut deviasi (deviation), sedangkan pelaku atau individu yang melakukan penyimpangan disebut devian (deviant). Kebalikan dari perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak menyimpang atau konformitas. Konformitas adalah bentuk interaksi sosial yang di dalamnya terdapat seseorang berperilaku sesuai dengan harapan kelompok.

Disadur dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_menyimpang, diunduh 19 November 2016
 

Abstraksi dari teks tersebut adalah ... .

  1. Manusia hidup dibatasi norma untuk berbuat dan berperilaku balk. Akan tetapi, manusia mempunyai perilaku menyimpang yang bertentangan dengan hukum di masyarakat. Penyimpangan pada manusia wajar, tetapi harus mematuhi batasan-batasan norma yang ada.

  2. Perilaku menyimpang adalah perbuatan, tingkah laku, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma di dalam masyarakat. Dalam kehidupan masyarakat. kadang masih dijumpai perilaku menyimpang, seperti mencuri, berbohong, dan menyontek. Penyimpangan terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat disebut deviasi. Pelaku penyimpangan disebut devian.

  3. Penyimpangan terhadap norma-norma atau nilai-nilai masyarakat disebut deviasi. Konformitas adalah bentuk interaksi sosial yang di dalamnya terdapat seseorang berperilaku sesuai dengan harapan kelompok.

  4. Manusia dibatasi norma untuk berbuat dan berperilaku yang dianggap balk oleh masyarakat. Namun, masyarakat kadang-kadang masih melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan norma. Tindakan menyimpang yang masih sering dijumpai adalah berbohong, mencuri, dan menyontek.

  5. Menyontek adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang. Penyimpangan terhadap norma-norma di masyarakat disebut deviasi, sedangkan orang yang melakukan penyimpangan disebut devian. Kebalikan dari perilaku menyimpang adalah perilaku tidak menyimpang atau konformitas.

Pembahasan:

Abstraksi dari teks merupakan ikhtisar/ringkasan/inti dari sebuah karangan, laporan, dan sebagainya. Abstraksi yang mencakup keseluruhan isi teks adalah pilihan jawaban d. Pilihan jawaban a tidak tepat karena tidak sesuai isi teks, pilihan jawaban b dan c tidak mencakup keseluruhan karena tidak memuat tentang norma yang terdapat di awal paragraf. pilihan jawaban e tidak tepat karena pada teks tidak membahas tentang mencontek. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

P. Tessalonika

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Ide pokok pada teks eksplanasi di atas adalah ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved