Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tekanan osmotik darah pada 3 7 ∘ C adalah 7,65 atm. Berapa konsentrasi glukosa ( C 6 ​ H 12 ​ O 6 ​ ) yang akan digunakan untuk injeksi agarisotonik dengan darah?

Tekanan osmotik darah pada  adalah 7,65 atm. Berapa konsentrasi glukosa () yang akan digunakan untuk injeksi agar isotonik dengan darah? 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

konsentrasi glukosa adalah 0,3 M.

konsentrasi glukosa adalah 0,3 M.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Molekul-molekul zat terlarut akan menghambat gerak molekul-molekul pelarut yang akan melewati membran semipermeabel. Adanya zat terlarut akan mengakibatkan adanya tekanan untuk mengimbangi tekanan yang diakibatkan oleh gerak molekul-molekul pelarut yang masuk melewati dinding semipermeabel, yang disebut Tekanan Osmotik . Suatu larutan yang mempunyai tekanan osmotik sama disebut larutan isotonik . Sehingga larutan glukosa harus mempunyai tekanan osmotik yang sama dengan darah. Jadi, konsentrasi glukosa adalah 0,3 M.

Molekul-molekul zat terlarut akan menghambat gerak molekul-molekul pelarut yang akan melewati membran semipermeabel. Adanya zat terlarut akan mengakibatkan adanya tekanan untuk mengimbangi tekanan yang diakibatkan oleh gerak molekul-molekul pelarut yang masuk melewati dinding semipermeabel, yang disebut Tekanan Osmotik.

Suatu larutan yang mempunyai tekanan osmotik sama disebut larutan isotonik. Sehingga larutan glukosa harus mempunyai tekanan osmotik yang sama dengan darah.
table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell pi space darah end cell equals cell pi space glukosa end cell row cell 7 comma 65 space atm end cell equals MRT row cell 7 comma 65 space atm end cell equals cell M cross times 0 comma 082 space L space atm forward slash K space mol cross times left parenthesis 37 plus 273 right parenthesis space K end cell row M equals cell fraction numerator 7 comma 65 space atm over denominator 0 comma 082 space L space atm forward slash K space mol cross times 310 space K end fraction end cell row blank equals cell 0 comma 3 space molar end cell end table 


Jadi, konsentrasi glukosa adalah 0,3 M.

Latihan Bab

Pendahuluan Sifat Koligatif

Penurunan Titik Beku

Kenaikan Titik Didih

Penurunan Tekanan Uap

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tekanan osmotik larutan CaCl 2 ​ 0,2 M ( α = 0,50 dan R = 0,082) pada suhu 127 ∘ C adalah ...

586

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia