Pertanyaan

Tahun 2014 terjadi banjir besar di Jakarta. Hal ini terjadi karena semakin banyak permukiman penduduk dan kurangnya daerah resapan air serta adanya permasalahan pendangkalan sungai yang tidak kunjung selesai. Pendekatan geografi untuk mengkaji permasalahan tersebut adalah pendekatan ....

Tahun 2014 terjadi banjir besar di Jakarta. Hal ini terjadi karena semakin banyak permukiman penduduk dan kurangnya daerah resapan air serta adanya permasalahan pendangkalan sungai yang tidak kunjung selesai. Pendekatan geografi untuk mengkaji permasalahan tersebut adalah pendekatan ....space

  1. interaksi

  2. keruangan

  3. kelingkungan

  4. interpersonal

  5. kompleks wilayah

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Pendekatan geografi adalah metode yang digunakan untuk mempermudah dalam menganalisa berbagai fenomena atau gejala geosfer. Geografi memiliki tiga pendekatan yaitu pendekatan keruangan, kelingkungan dan kompleks wilayah. berdasarkan soal diatas pendekatan yang digunakan untuk menganalisis fenomena banjir yang terjadi di Jakarta adalah pendekatan kelingkungan. Pendekatan kelingkungan adalah pendekatan yang menekankan hubungan interaksi sebab akibatantar mahluk hidup dan komponen lingkungan hidup lainnya. Banjir yang terjadi di Jakarta disebabkan oleh bertambahnya populasi manusia sehingga menyebabkan banyaknya lahan yang dibangun sebagai tempat tinggal. Bertambahnya lahan yang terbangun ini menyebabkan berkurangnya daerah resapan. Selain itu aktivitas manusia yang membuang sampah sembarangan juga dapat mengakibatkan pendangkalan sungai. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pendekatan geografi adalah metode yang digunakan untuk mempermudah dalam menganalisa berbagai fenomena atau gejala geosfer. Geografi memiliki tiga pendekatan yaitu pendekatan keruangan, kelingkungan dan kompleks wilayah. berdasarkan soal diatas pendekatan yang digunakan untuk menganalisis fenomena banjir yang terjadi di Jakarta adalah pendekatan kelingkungan. Pendekatan kelingkungan adalah pendekatan yang menekankan hubungan interaksi sebab akibat antar mahluk hidup dan komponen lingkungan hidup lainnya. Banjir yang terjadi di Jakarta disebabkan oleh bertambahnya populasi manusia sehingga menyebabkan banyaknya lahan yang dibangun sebagai tempat tinggal. Bertambahnya lahan yang terbangun ini menyebabkan berkurangnya daerah resapan. Selain itu aktivitas manusia yang membuang sampah sembarangan juga dapat mengakibatkan pendangkalan sungai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

1rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pendekatan analisis studi geografi yang mengkaji interaksi antarruang berupa hubungan timbal balik antarruang yang satu dengan ruang yang lain adalah….

584

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia