Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada musim kemarau selalu terjadi bencana kabut asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan, karena masyarakat membuka areal pertanian dengan cara membakar lahan. Pendekatan geografi untuk melengkapi fenomena tersebut adalah....

Pada musim kemarau selalu terjadi bencana kabut asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan, karena masyarakat membuka areal pertanian dengan cara membakar lahan.

Pendekatan geografi untuk melengkapi fenomena tersebut adalah....

  1. pendekatan keruangan

  2. pendekatan spatial

  3. pendekatan kewilayahan

  4. pendekatan kelingkungan

  5. pendekatan kompleks wilayah

Iklan

M. Bilqis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Pendekatan geografi ada 3 (tiga), yakni: Pendekatan spasial/keruangan , pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan. Pendekatan ekologi/kelingkungan , penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam. Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan , permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan. Sesuai dengan penjabaran pendekatan geografi di atas, maka jawaban yang sesuai untuk kondisi kebakaran hutan yang terjadi di Sumatra dan Kalimantan adalah pendekatan kelingkungan. Keterkaitan fenomena geosfer yakni kebakaran hutan yang disebabkan oleh membakar lahan.

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Pendekatan geografi ada 3 (tiga), yakni:

  1. Pendekatan spasial/keruangan, pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan.
  2. Pendekatan ekologi/kelingkungan, penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam.
  3. Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan, permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan.

Sesuai dengan penjabaran pendekatan geografi di atas, maka jawaban yang sesuai untuk kondisi kebakaran hutan yang terjadi di Sumatra dan Kalimantan adalah pendekatan kelingkungan. Keterkaitan fenomena geosfer yakni kebakaran hutan yang disebabkan oleh membakar lahan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

93

Putri Candrakirana

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu fungsi pendekatan ekologis dalam geografi dapat digunakan untuk kegiatan ....

10

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia