Roboguru

Pertanyaan

Susunlah fosforus, belerang, klorin, dan argon berdasarkan titik lelehnya, dimulai dari yang paling rendah.

Jelaskan urutan tersebut.

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

urutan titik leleh keempat unsur tersebut adalah Ar less than Cl subscript 2 less than P subscript 4 less than S subscript 8. Titik leleh dipengaruhi oleh gaya van der Waals yang dipengaruhi oleh ukuran molekul.space space space

Pembahasan

Fosfor, belerang, klorin dan argon merupakan unsur nonlogam. Fosfor, belerang, dan klorin ditemukan dalam bentuk molekul sederhana dengan gaya van der Waals antar molekulnya. Sedangkan argon merupakan unsur monoatomik yang juga terdapat gaya van der Waals antar atomnya.

Titik leleh dan titik didih unsur-unsur tersebut sangat kecil karena gaya van der Waals merupakan gaya yang sangat lemah, sehingga hanya perlu sedikit energi untuk mengatasi gaya tersebut atau memutus ikatan antar molekulnya.

Fosfor terdapat dalam bentuk molekul P subscript 4, belerang dalam bentuk molekul S subscript 8, klorin dalam bentuk molekul Cl subscript 2, dan argon dalam bentuk atom tunggal. Kekuatan gaya van der Waals menurun dengan berkurangnya ukuran molekul atau massa molekul relatifnya, sehingga dapat disimpulkan titik leleh dan titik didih keempat unsur tersebut bertambah dengan urutan:

Ar less than Cl subscript 2 less than P subscript 4 less than S subscript 8 


Jadi, urutan titik leleh keempat unsur tersebut adalah Ar less than Cl subscript 2 less than P subscript 4 less than S subscript 8. Titik leleh dipengaruhi oleh gaya van der Waals yang dipengaruhi oleh ukuran molekul.space space space

445

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Dengan menggunakan data tentang ikatan klorida unsur periode ketiga, jelaskan bagaimana perbandingan titik didih dan titik leleh MgCl2​ terhadap AlCl3​ dan SiCl4​.

61

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia