Bagaimana perubahan sifat unsur-unsur utama pada periode ketiga dari kiri ke kanan mengenai titik didih dan titik lelehnya!

Pertanyaan

Bagaimana perubahan sifat unsur-unsur utama pada periode ketiga dari kiri ke kanan mengenai titik didih dan titik lelehnya!

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Titik didih dan titik leleh unsur-unsur periode ketiga dari kiri ke kanan meningkat secara bertahap dan mencapai puncaknya pada unsur Si, kemudian turun secara drastis pada unsur P. Jadi, titik didih/ titik leleh tertinggi dimiliki silikon, sedangkan titik didih/ titik leleh terendah dimiliki argon. Hal ini berkaitan dengan ikatan yang kimia terbentuk. Unsur NaMg dan Almempunyai ikatan logam. Unsur Si mempunyai struktur kovalen raksasa, yang menyebabkan titik didih/ titik leleh yang sangat tinggi. Sedangkan unsur P, S, Cl, dan Ar merupakan molekul non polar, sehingga hanya dikukuhkan oleh gaya van der Walls yang relatif rendah. Oleh karena itu, titik didih/ titik lelehnya relatif rendah.

Maka, perubahan sifat titik didih/ titik leleh unsur periode ketiga dari kiri ke kanan meningkat secara bertahap dan mencapai puncaknya pada unsur silikon, kemudian turun secara drastis pada unsur fosfor sampai unsur argon

786

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan hubungan antara perubahan struktur zat dengan perubahan titik didih dan titik leleh unsur periode ketiga dari Na ke Ar.​

938

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia