Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-3.


Siang itu kami bermain-main di antara bunga-bunga. Kakek bercerita banyak tentang bunga. Satu per satu menguraikan dari mana bibit bunga, memelihara, mengawinkan. Kami asyik sekali. Pengetahuannya tentang bunga sungguh mengagumkan. Bunga-bunga tanaman kakek memenuhi halaman muka, samping belakang, dan di dalam rumah. Rumah itu adalah taman bunga.

"Rumah ini,"katanya, "sebagian kecil dari sorga."

Sore itu aku pulang dengan bunga-bunga di tangan. Aku kembali lewat pagar tembok. Kakek mengantarku ke tangga, memegangku erat. "Hati-hati, Cucu," dan ia menepukku pelan. Di atas pagar aku berdiri, mencium bunga di tangan. Melambai pada kakek lalu menuruni pohon kates. Aku berlari kecil menyembunyikan bunga.

Sampai di pintu, ayahku sudah berdiri di sana. Aku tersadar, hari telah sore dan lupa mengaji.

"Engkau harus mengaji, tahu. Dari mana?" Ayah menegur dengan suara berat dan dingin.

Aku berdiri saja. lngin aku menyembunyikan setelitinya bunga-bunga di tanganku. Ayah terlanjur melihat. Aku diam. Ayah tidak suka dibantah.space 

Cerpen "Dilarang Mencintai Bunga-Bunga" karya Kuntowijoyo

Sudut pandang yang digunakan dalam cerpen tersebut adalah ....

Sudut pandang yang digunakan dalam cerpen tersebut adalah .... space 

  1. orang pertama sebagai pelaku utamaspace 

  2. orang pertama sebagai pelaku sampinganspace 

  3. orang kedua sebagai pelaku utamaspace 

  4. orang ketiga sebagai pelaku sampinganspace 

  5. orang ketiga serba tahuspace 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Cerpen adalah salah satu jenis karya sastra berbentuk prosa yang habis dibaca sekali duduk berisi peristiwa yang dialami tokohnya. Salah satu unsur intrinsik cerpen adalah sudut pandang, yaitu cara penulis dalam memandang cerita yang dibuatnya. Secara umum, terdapat empat jenis sudut pandang, yaitu: J e nis-jenis sudut pandang: Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama . Sudut pandang ini umumnya menggunakan kata ganti seperti "aku" atau"saya" pada tokoh utama cerita, "kami" sebagai bentuk jamak. Dalam sudut pandang ini penulis atau pembuat cerita seolah-olah terlibat dalam ceritanya dan dia sendiri sebagai tokoh utama dalam cerita. Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan . Sudut pandang ini seolah-olah si tokoh utama yang bercerita, akan tetapi posisinya dalam cerita bukanlah sebagai tokoh utama. Sudut pandang orang ketiga serba tahu . Pada sudut pandang ini umumnya menggunakan kata ganti seperti ia, dia atau nama dari pelaku yang ada dalam cerita yang dibuat oleh penulis. Sudut pandang orang ketiga pengamat . Dalam sudut pandang ini maksudnya kata “dia” sangat terbatas. Penulis cerita menggambarkan apa yang dilihat, didengar, yang dialami dan yang dirasakan oleh tokoh utama dalam cerita, akan tetapi hal tersebut sangat terbatas hanya pada seorang tokoh saja. Berdasarkan penjelasan di atas, sudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerpen di atas adalah orang pertama sebagai pelaku utama. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan kata ganti "aku" dalam cerita, seperti pada kutipan kalimat Sore itu aku pulang dengan bunga-bunga di tangan. Aku kembali lewat pagar tembok. Dalam kutipan kalimat tersebut terlihat tokoh "aku" merupakan tokoh sentral dalamcerita. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Cerpen adalah salah satu jenis karya sastra berbentuk prosa yang habis dibaca sekali duduk berisi peristiwa yang dialami tokohnya. Salah satu unsur intrinsik cerpen adalah sudut pandang, yaitu cara penulis dalam memandang cerita yang dibuatnya. Secara umum, terdapat empat jenis sudut pandang, yaitu:

Jenis-jenis sudut pandang:

  • Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama. Sudut pandang ini umumnya menggunakan kata ganti seperti "aku" atau "saya" pada tokoh utama cerita, "kami" sebagai bentuk jamak. Dalam sudut pandang ini penulis atau pembuat cerita seolah-olah terlibat dalam ceritanya dan dia sendiri sebagai tokoh utama dalam cerita.
  • Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan. Sudut pandang ini seolah-olah si tokoh utama yang bercerita, akan tetapi posisinya dalam cerita bukanlah sebagai tokoh utama.
  • Sudut pandang orang ketiga serba tahu. Pada sudut pandang ini umumnya menggunakan kata ganti seperti ia, dia atau nama dari pelaku yang ada dalam cerita yang dibuat oleh penulis.
  • Sudut pandang orang ketiga pengamat. Dalam sudut pandang ini maksudnya kata “dia” sangat terbatas. Penulis cerita menggambarkan apa yang dilihat, didengar, yang dialami dan yang dirasakan oleh tokoh utama dalam cerita, akan tetapi hal tersebut sangat terbatas hanya pada seorang tokoh saja.

Berdasarkan penjelasan di atas, sudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerpen di atas adalah orang pertama sebagai pelaku utama. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan kata ganti "aku" dalam cerita, seperti pada kutipan kalimat Sore itu aku pulang dengan bunga-bunga di tangan. Aku kembali lewat pagar tembok. Dalam kutipan kalimat tersebut terlihat tokoh "aku" merupakan tokoh sentral dalam cerita. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

48

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sudut pandang apakah yang digunakan dalam kutipan di atas? Beri penjelasan seperlunya!

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia