Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen ini dengan saksama!


Dia tahu, bahwa seharusnya tadi dia mengambil jalan lain, yang jauh lebih panjang, namun terhindar dari cuaca jahanam. Dia tahu, bahwa dia tahu, dan dia juga tahu, kalau sampai melanggar perintah bos lagi untuk melewati jarak yang sesingkat-singkatnya, dia pasti akan kena pecat. Sepuluh pilot temannya sudah dipecat dengan tidak hormat, dengan kedudukan yang disahkan oleh Departemen Perhubungan, bunyinya, "tidak layak lagi untuk menjadi pilot selama hayat masih dikandung badan", dengan alasan "membahayakan jiwa penumpang".

Kisah Pilot Bejo Budi Darmaspace 

Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam cerpen tersebut adalah ....

Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam cerpen tersebut adalah ....space 

  1. sudut pandang orang pertama pelaku utamaspace 

  2. sudut pandang orang pertama pelaku sampinganspace 

  3. sudut pandang orang ketiga serba tahuspace 

  4. sudut pandang orang ketiga pengamatspace 

  5. sudut pandang orang keduaspace 

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Iklan

Pembahasan

Sudut pandang atau point of view adalah sebuah teknik bercerita yang akan membuat ‘rasa’ yang berbeda pada alur dan cara penyampaian cerita. Macam-macam sudut pandang Sudut pandang orang pertama (tokoh utama),si penulis seolah-olah ‘masuk’ dalam cerita tersebut sebagai tokoh utama/tokoh sentral dalam cerita (first person central). Segala hal yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, tingkah laku, atau kejadian yang tokoh “aku” lakukan akan digambarkan pada cerita tersebut. Sudut pandang orang pertama (tokoh sampingan), pada teknik ini, tokoh “aku” hadir tidak dalam peran utama, melainkan peran pendukung atau tokoh tambahan (first personal peripheral). Sudut pandang orang ketiga (serba tahu), pada sudut pandang orang ketiga serba tahu, si penulis akan menceritakan apa saja terkait tokoh utama. Ia seakan tahu benar tentang watak, pikiran, perasaan, kejadian, bahkan latar belakang yang mendalangi sebuah kejadian. Sudut pandang orang ketiga (pengamat), teknik ini hampir sama dengan teknik sudut pandang orang ketiga serba tahu, hanya saja, tidak semahatahu teknik itu.Pada sudut pandang orang ketiga penulis menceritakan sebatas pengetahuannya saja. Kutipan cerpen di atas menggunakan kata ganti 'dia', hal ini berarti, penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga. Pada cerita tersebut penulis seolah-olah mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasaka oleh tokoh utama. Oleh karena itu, pada kutipan cerpen di atas, penulis menggunakan sudut pandangorang ketiga (serba tahu). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Sudut pandang atau point of view adalah sebuah teknik bercerita yang akan membuat ‘rasa’ yang berbeda pada alur dan cara penyampaian cerita.

Macam-macam sudut pandang

  1. Sudut pandang orang pertama (tokoh utama), si penulis seolah-olah ‘masuk’ dalam cerita tersebut sebagai tokoh utama/tokoh sentral dalam cerita (first person central). Segala hal yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, tingkah laku, atau kejadian yang tokoh “aku” lakukan akan digambarkan pada cerita tersebut.
  2. Sudut pandang orang pertama (tokoh sampingan), pada teknik ini, tokoh “aku” hadir tidak dalam peran utama, melainkan peran pendukung atau tokoh tambahan (first personal peripheral).
  3. Sudut pandang orang ketiga (serba tahu), pada sudut pandang orang ketiga serba tahu, si penulis akan menceritakan apa saja terkait tokoh utama. Ia seakan tahu benar tentang watak, pikiran, perasaan, kejadian, bahkan latar belakang yang mendalangi sebuah kejadian.
  4. Sudut pandang orang ketiga (pengamat), teknik ini hampir sama dengan teknik sudut pandang orang ketiga serba tahu, hanya saja, tidak semahatahu teknik itu.Pada sudut pandang orang ketiga penulis menceritakan sebatas pengetahuannya saja.

Kutipan cerpen di atas menggunakan kata ganti 'dia', hal ini berarti, penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga. Pada cerita tersebut penulis seolah-olah mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasaka oleh tokoh utama. Oleh karena itu, pada kutipan cerpen di atas, penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga (serba tahu).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

268

Ratih Dian

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sudut pandang apakah yang digunakan dalam kutipan di atas? Beri penjelasan seperlunya!

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia