Roboguru

Peristiwa yang terjadi di rumah itu jalin-menjalin dan terekam dalam memoriku. Lelaki tua itu memimpin doa, lalu memberikan kado kepada istrinya, dan mereka pun makan bersama. Nasi yang kukunyah t

    Peristiwa yang terjadi di rumah itu jalin-menjalin dan terekam dalam memoriku. Lelaki tua itu memimpin doa, lalu memberikan kado kepada istrinya, dan mereka pun makan bersama. Nasi yang kukunyah terasa lama sekali aku telan. Nasi dan lauk kerupuk bukan penyebab semangatku hilang, tetapi aku tengah terhanyut melihat suasana keluarga yang berada di depan mataku.

    Aku terkesan pada kasih sayang lelaki tua ini terhadap istrinya. Kado yang diberikannya entah apa, yang pasti tidak mahal dan barangkali barang bekas yang dipungutinya dari tempatsampah. Biarpun hidup mereka jauh dari berkecukupan, mereka menghadapi semua itu ·dengan senyum. Tanpa tangis, tanpa keluhan. Ingin rasanya aku memberikan kado yang membahagiakan istriku yang membuatnya berbinar seperti tatapan ibu tua saat menerima kado suaminya. Tapi aku masih tidak tahu kado apa yang harus aku berikan untuknya.

Dikutip dari: Eko Ari Prabowo, "KadoTerindah" dalam Cerita Para Perambah, Jakarta, Kompas, 2017


Sudut pandang yang digunakan penulis dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .undefined 

  1. orang pertama pelaku utamaundefined 

  2. orang pertama pelaku sampinganundefined 

  3. orang ketiga serbatahuundefined 

  4. orang ketiga pelaku utamaundefined 

  5. orang ketiga pelaku sampinganundefined 

Jawaban:

Sudut pandang adalah cara atau pandangan yang digunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tindakan, latar, dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita dalam sebuah karya fiksi kepada pembaca. Sudut pandang cerita fiksi secara garis besar dapat dibedakan menjadi sudut pandang orang pertama, sudut pandang orang ketiga, dan sudut pandang campuran.

  1. Sudut pandang orang pertama, dalam pengisahan cerita yang mempergunakan sudut pandang orang pertama, narator adalah seseorang yang ikut terlibat dalam cerita. Ia adalah si "aku", tokoh yang berkisah, dan mengisahkan kesadaran diri sendiri.
  2. Sudut pandang orang ketiga, pengisahan cerita pada umumnya mempergunakan sudut pandang orang ketiga. Narator adalah seseorang yang berada di luar cerita yang menampilkan tokoh-tokoh cerita dengan menyebut nama diri atau kata ganti orang ketiga. Kata ganti tersebut, misalnya Seno, Miguel, ia, dia, dan mereka.
  3. Sudut pandang campuran, dalam pengisahan cerita, pengarang rnenggabungkan penggunaan sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang orang ketiga membutuhkan kreativitas penulis.

Sudut pandang yang digunakan penulis dalam kutipan cerpen tersebut mengarah pada sudut pandang orang pertama, tokoh yang bercerita adalah si "aku", sebagai pelaku utama dalam cerita.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved