Roboguru

Suatu sampel memberi hasil positif dengan uji ninhidrin dan uji Biuret, tetapi negatif dengan uji Xantoproteat. Simpulan apa yang dapat diambil?

Pertanyaan

Suatu sampel memberi hasil positif dengan uji ninhidrin dan uji Biuret, tetapi negatif dengan uji Xantoproteat. Simpulan apa yang dapat diambil?undefined 

  1. undefined 

  2. undefined 

Pembahasan Soal:

Hasil uji sampel sebagai berikut:

  • Uji ninhidrin adalah uji umum untuk protein dan asam amino. Ninhidrin dapat mengubah asam amino (asam amino terminal) menjadi suatu aldehida. Adanya protein atau asam amino ditunjukkan oleh terbentuknya warna ungu.
  • Uji Biuret adalah uji umum untuk protein (ikatan peptida), tetapi tidak dapat menunjukkan asam amino bebas. Adanya protein atau asam amino ditunjukkan oleh terbentuknya warna ungu.
  • Uji Xantoproteat adalah uji terhadap protein yang mengandung gugus fenil (cincin benzena). Apabila protein yang mengandung cincin benzena dipanaskan dengan asam nitrat pekat, akan terbentuk warna kuning yang kemudian menjadi jingga jika dibuat alkalis (basa) dengan larutan NaOH.

Berdasarkan soal tersebut menghasilkan hasil positif terhadap uji ninhidrin (uji umum) dan uji biuret (ikatan peptida), serta hasil negatif pada uji xantoproteat (cincin benzena). Sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel yang di uji mengandung ikatan peptida dan tidak mengandung cincin benzena. Asam amino yang tidak mungkin ada dalam sampel tersebut yaitu: fenilalanin, tirosin, dan triptofan, karena ketiganya memiliki cincin benzena. 

Jadi, jawaban yang tepat seperti penjelasan di atas.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Utari

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana cara untuk menunjukkan Belerang di dalam protein?

Pembahasan Soal:

Adanya belerang dalam suatu protein dapat diidentifikasi menggunakan uji timbal(II) asetat atau Pb(CH3COO)2. Reaksi positif ditunjukkan dengan perubahan warna menjadi warna hitam (endapan hitam dari PbS).

Jadi, cara menunjukan belerang dalam protein menggunakan uji timbal(II) asetat atau Pb(CH3COO)2.

0

Roboguru

Pasangan makanan yang mengandung protein dengan gugus fenil adalah ….

Pembahasan Soal:

Uji protein yang dilakukan:

  • Uji Biuret: untuk mengidentifikasi ada tidaknya protein (ikatan peptida). Uji ini tidak dapat digunakan untuk identifikasi asam amino bebas. Hasil positif pengujian ini menunjukkan warna ungu.
  • Uji Xantoproteat: untuk mengidentifikasi protein yang memiliki gugus fenil (cincin benzena). Hasil positif pengujian ini menunjukkan warna kuning yang kemudian menjadi jingga.

Berdasarkan penjelasan tersebut:

  • Bahan makanan 1, 3, dan 4 tidak mengandung protein.
  • Bahan makanan 2 mengandung protein yang memiliki gugus fenil.
  • Bahan makanan 5 mengandung protein tanpa gugus fenil.


Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Hasil uji beberapa bahan makanan adalah sebagai berikut.   Bahan makanan berprotein yang mangandung cincin benzena dan mengandung belerang adalah ....

Pembahasan Soal:

Beberapa uji terhadap protein adalah sebagai berikut.

  • Uji biuret, jika positif ditandai dengan warna ungu menandakan bahwa sampel yang diuji mengandung protein.
  • Uji xantoproteat, jika positif ditandai dengan terbentuknya cincin kuning, hal ini menandakan bahwa sampel yang diuji mengandung inti benzena.
  • Uji timbal(II) asetat, jika positif menghasilkan endapan hitam, ini menandakan bahwa protein yang diuji mengandung belerang.

Sampel bahan makanan yang mengandung protein, cincin benzena dan belerang adalah sampel yang menunjukkan reaksi positif pada ketiga uji tersebut. Sampel yang menunjukkan hasil positif pada ketiga uji tersebut adalah sampel nomor 1.

Jadi, bahan makanan berprotein yang mangandung cincin benzena dan mengandung belerang adalah bahan makanan nomor 1.space

0

Roboguru

Seorang siswa menguji bahan makanan berprotein dengan pereaksi timbal(II)asetat. Ternyata, terbentuk endapan hitam. Berdasarkan hasil uji, asam amino yang terkandung dalam bahan makanan tersebut berup...

Pembahasan Soal:

Uji timbal(II) asetat dilakukan untuk membuktikan adanya unsur belerang pada protein. Bila protein mengandung belerang di dalamnya maka akan terbentuk endapan hitam. Asam amino yang mengandung atom belerang adalah sistein dan metionin.


Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Uji apa yang harus dilakukan untuk memastikan adanya protein dalam suatu sampel? Jelaskan.

Pembahasan Soal:

Uji yang harus dilakukan untuk memastikan adanya protein dalam suatu sampel yaitu:

  • Uji ninhidrin, yaitu uji umum untuk protein dan asam amino. Ninhidrin dapat mengubah asam amino (asam amino terminal) menjadi suatu aldehida. Adanya protein atau asam amino ditunjukkan oleh terbentuknya warna ungu.
  • Uji biuret, yaitu uji umum untuk protein (ikatan peptida), tetapi tidak dapat menunjukkan asam amino bebas. Adanya protein atau asam amino ditunjukkan oleh terbentuknya warna ungu.
  • Uji xantoproteat, yaitu uji terhadap protein yang mengandung gugus fenil (cincin benzena). Apabila protein yang mengandung cincin benzena dipanaskan dengan asam nitrat pekat, akan terbentuk warna kuning yang kemudian menjadi jingga jika dibuat alkalis (basa) dengan larutan NaOH.
  • Uji belerang. Adanya unsur belerang dalam protein dapat ditunjukkan sebagai berikut. Mula-mula larutan protein dengan larutan NaOH pekat (±6 M) di panaskan, kemudian diberi beberapa tetes larutan timbal(ll) asetat. Jika terbentuk endapan hitam (dari PbS), menunjukkan adanya belerang

Jadi, jawaban yang tepat seperti penjelasan di atas.undefined 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved