Iklan

Iklan

Pertanyaan

Suatu bahan pangan di ujicoba dengan beberapa tes sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji tersebut, bahan pangan tersebut mengandung ...

Suatu bahan pangan di ujicoba dengan beberapa tes sebagai berikut:



Berdasarkan hasil uji tersebut, bahan pangan tersebut mengandung...

  1. ...undefined

  2. ...undefined

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Uji Molisch adalah uji yang digunakan untuk mengidentifikasi adanya karbohidrat dalam bahan pangan. Uji positif adanya karbohidrat ditandai dengan terbentuknya cincin berwarna merah-ungu pada batas antara kedua lapisan. Uji Fehling adalah uji gula pereduksi bertujuan untuk membuktikan adanya gula pereduksi, misal glukosa, fruktosa, galaktosa,maltosa, dan laktosa. Uji positif dengan pereaksi Fehling menghasilkan endapan merah bata ( ). Senyawa sukrosa, amilum dan selulosa tidak bereaksi dengan pereaksi Fehling. Uji Biuret adalah uji yang dilakukan untuk mengetahuiadanya ikatan peptida. Uji positif jika terbentuk warna merah muda-ungu. Uji iodium adalah uji yang dilakukan untuk membuktikan adanya polisakarida (amilum, glikogen, dan dekstrin). Reaksi iodin dengan amilum atau pati menghasilkan warna biru, dengan dekstrin menghasilkan warna merah, serta dengan glikogen dan sebagian pati menghasilkan warna coklat. Berdasarkan tabel uji coba bahan pangan, teridentifikasi bahwa positif uji Molisch artinya mengandung karbohidrat, negatif uji Fehling artinya tidak mengandung gula pereduksi, positifuji Biuret artinya mengandung ikatan peptida (protein), dan positif uji iodium artinya mengandung polisakarida. Dengan demikan, dapat disimpulkan bahwa bahan pangan tersebut mengandung karbohidrat polisakarida tanpa gula pereduksi (amilum) dan mengandung protein.

Uji Molisch adalah uji yang digunakan untuk mengidentifikasi adanya karbohidrat dalam bahan pangan. Uji positif adanya karbohidrat ditandai dengan terbentuknya cincin berwarna merah-ungu pada batas antara kedua lapisan.

Uji Fehling adalah uji gula pereduksi bertujuan untuk membuktikan adanya gula pereduksi, misal glukosa, fruktosa, galaktosa,maltosa, dan laktosa. Uji positif dengan pereaksi Fehling menghasilkan endapan merah bata (begin mathsize 14px style Cu subscript 2 O end style). Senyawa sukrosa, amilum dan selulosa tidak bereaksi dengan pereaksi Fehling.

Uji Biuret adalah uji yang dilakukan untuk mengetahui adanya ikatan peptida. Uji positif jika terbentuk warna merah muda-ungu.

Uji iodium adalah uji yang dilakukan untuk membuktikan adanya polisakarida (amilum, glikogen, dan dekstrin). Reaksi iodin dengan amilum atau pati menghasilkan warna biru, dengan dekstrin menghasilkan warna merah, serta dengan glikogen dan sebagian pati menghasilkan warna coklat.

Berdasarkan tabel uji coba bahan pangan, teridentifikasi bahwa positif uji Molisch artinya mengandung karbohidrat, negatif uji Fehling artinya tidak mengandung gula pereduksi, positif uji Biuret artinya mengandung ikatan peptida (protein), dan positif uji iodium artinya mengandung polisakarida.

Dengan demikan, dapat disimpulkan bahwa bahan pangan tersebut mengandung karbohidrat polisakarida tanpa gula pereduksi (amilum) dan mengandung protein. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Mohammad Tsalits Fahmi Yohansyah

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Ini yang aku cari! Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hasil uji suatu bahan pangan disajikan dalam tabel berikut. Berdasarkan hasil uji, bahan pangan tersebut mengandung ...

16

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia