Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!

     Suatu hari di sebuah kebun anggur tinggalah sebuah keluarga semut rang-rang dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak, semut rang-rang ini membuat sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Di sarang itu tinggalah seekor ratu semut yang tubuhnya paling besar diantara para semut sang ratu sangat rajin mengeluarkan telur-telur dan telur itu menetas menjadi semut-semut yang baru. Para semut melihat bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang ketika musim dingin makanan akan sangat sulit untuk didapatkan maka para semut itu segera mencari berbagai macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persedian ketika musim dingin telah tiba.undefined 

Struktur cerita di atas merupakan bagian ...

Struktur cerita di atas merupakan bagian ... 

  1. orientasiundefined 

  2. resolusiundefined 

  3. komplikasiundefined 

  4. reorientasiundefined 

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.

jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

Iklan

Pembahasan

Struktur teks yang dimiliki teks cerita fabel di antaranya adalah orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. (1) Orientasi , adalah bagian awal dari sebuah cerita fabel. Orientasi berisi pengenalan dari cerita fabel, seperti pengenalan background, pengenalan tokoh, maupun latar tempat, dan waktu; (2) Komplikasi, merupakan klimaks dari cerita, berisi puncak permasalahan yang dialami tokoh; (3) Resolusi, berisi pemecahan masalah yang dialami tokoh; dan (4) Koda , merupakan bagian akhir dari cerita. Biasanya berisi pesan dan amanat yang ada pada cerita fabel tersebut. Berdasarkan penjelasan tersebut, teks cerita di atas termasuk struktur orientasi yang berisi pengenalan latar tempat berlangsungnya kisah keluarga Semut. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.

Struktur teks yang dimiliki teks cerita fabel di antaranya adalah orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. (1) Orientasi, adalah bagian awal dari sebuah cerita fabel. Orientasi berisi pengenalan dari cerita fabel, seperti pengenalan background, pengenalan tokoh, maupun latar tempat, dan waktu; (2) Komplikasi, merupakan klimaks dari cerita, berisi puncak permasalahan yang dialami tokoh; (3) Resolusi, berisi pemecahan masalah yang dialami tokoh; dan (4) Koda, merupakan bagian akhir dari cerita. Biasanya berisi pesan dan amanat yang ada pada cerita fabel tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, teks cerita di atas termasuk struktur orientasi yang berisi pengenalan latar tempat berlangsungnya kisah keluarga Semut.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Makna tersurat dalam kutipan fabel tersebut adalah ...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia