RoboguruRoboguru
SD

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Momentum sudut yang dihasilkan dari gerakan putaran yang dilakukan seorang penari balet dengan merentangkan kedua tangannya lebih besar daripada momentum sudut yang dihasilkan penari balet tersebut tanpa merentangkan kedua tangan (melipat kedua lengannya). SEBAB Saat penari balet berputar dengan merentangkan kedua lengannya dan tanpa merentangkan kedua lengannya akan menghasilkan kecepatan sudut yang berbeda. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Momentum sudut yang dihasilkan dari gerakan putaran yang dilakukan seorang penari balet dengan merentangkan kedua tangannya lebih besar daripada momentum sudut yang dihasilkan penari balet tersebut tanpa merentangkan kedua tangan (melipat kedua lengannya).

SEBAB

Saat penari balet berputar dengan merentangkan kedua lengannya dan tanpa merentangkan kedua lengannya akan menghasilkan kecepatan sudut yang berbeda.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...space

  1. Pernyaan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space

  5. Pernyataan dan alasan salah.space

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.space

Pembahasan

Hukum kekekalan momentum linear menyatakan bahwa jika pada suatu sistem tidak bekerja resultan gaya luar open parentheses capital sigma F equals 0 close parentheses,  momentum linear sistem adalah kekal (tetap besarnya). Pada gerak rotasi pun anda akan menjumpai hukum kekekalan momentum sudut. Jika momen gaya luar sama dengan nol, berlaku Hukum Kekekalan Momentum Sudut, yaitu momentum sudut awal akan sama besar dengan momentum sudut akhir. Secara matematis, pernyataan tersebut ditulis sebagai berikut.

L subscript a w a l end subscript equals L subscript a k h i r end subscript I subscript 1 space omega subscript 1 equals I subscript 2 space omega subscript 2

Hukum kekekalan momentum penari balet saat merentangkan kedua tangannya ataupun saat tidak merentangkan tangannya adalah sama. Yang berbeda adalah besar momen inersia awal (tangan terentang) dan momen inersia akhir (tangan tidak terentang). Besar kecepatan sudut awal (tangan terentang) juga berbeda dengan besar kecepatan sudut akhir (tangan tidak terentang).

Jadi, berdasarkan hukum kekekalan momentum sudut, nilai momentum sudut awal dan akhir selalu sama. Sehingga pernyataan salah.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space

285

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jika suatu benda bergerak rotasi dan tidak ada torsi luar yang bekerja padanya maka berlaku ….

154

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia